Home / News

Sabtu, 7 Januari 2023 - 21:27 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Pegawai Harian Lepas

Dibaca 1,015 kali

Pegawai Harian Lepas (PHL) kerap disebut sebagai karyawan honorer merupakan pegawai yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan bertugas untuk jabatan negeri atau untuk tugas pemerintahan/negara lainnya.

Walaupun sekilas terlihat sama dengan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Pegawai Honorer dan PPPK merupakan dua status yang berbeda. PPPK sendiri berstatus sebagai ASN sah yang memiliki tugas tertentu sementara sesuai perjanjian kerja. 

Sedangkan pegawai honorer merujuk kepada pekerja dengan status non-ASN yang belum diangkat sebagai pegawai tetap. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di artikel ini meliputi seberapa besar gaji dari pegawai honorer serta kelebihan dan kekurangan pegawai lepas.

Gaji Pegawai Harian Lepas

PHL atau honorer yang bekerja di dalam ruang lingkup pemerintahan memiliki perjanjian kerja dan bekerja menyesuaikan surat keputusan yang dikeluarkan pejabat tata usaha negara.

Gaji dari pegawai honorer biasanya tidak jauh seperti gaji pada karyawan swasta. Sementara itu, gaji pegawai honorer tertuang dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Tahun 2003. Saat ini, peraturan terkait gaji karyawan harian lepas sudah termuat dalam Undang – Undang Cipta Kerja.

Instansi atau pejabat pembina yang merekrut pegawai honorer tersebut berhak dan memiliki wewenang untuk menentukan besaran gaji sesuai dengan alokasi anggaran dalam satuan kerja. Kesimpulannya, tidak ada aturan tertentu yang mengatur besaran gaji PHL secara spesifik.

Halaman Berikutnya

Kelebihan dan Kekurangan Pegawai Harian Lepas

Share :

Baca Juga

News

5 Instansi Akan Diblacklist BKN Dari Pengangkatan Honorer
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Uji Kompetensi di SIM PKB 2024 Dibuka Kembali, Berikut Cara Daftar Uji Kompetensi di SIM PKB 2024

News

2 Mekanisme Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 4 yang Harus Anda Tahu
jenis asesmen kurikulum merdeka

News

Guru Honorer Diangkat PPPK Pada Bulan November
pentingnya mengenal karakter siswa

News

Mas Mentri Anjurkan Guru Menggunakan PMM Untuk Mudahkan Mengajar

News

Kapan & Dimana Melihat Lokasi Sekolah Penempatan?? Cek Pengumuman Penempatan PPPK Guru 2023 Disini

News

Mulai 1 Maret Pensiunan PNS Terima Tunjangan Beras dan Pangan

News

Hore! Semua Guru Sertifikasi TK,SD,SMP,SMA Full Senyum Dengar Informasi Ini