Home / News

Sabtu, 15 Januari 2022 - 22:18 WIB

Kembangkan Growth Mindset Untuk Karier Mengajar Yang Cemerlang

Dibaca 216 kali

Sudahkan Bapak Ibu sekalian memiliki growth mindset dalam mengajar? Yuk simak artikel ini untuk lebih mengetahui lebih banyak mengenai growth mindset.

Carol Dweck menyampaikan bahwa growth mindset merupakan tendensi dimana orang percaya pada keahlian, kecerdasan dan bakat yang bisa terus dikembangkan melalui praktik dan ketekunan.

Ada juga pengertian lain mengenai growth mindset, adalah cara berpikir tentang kapasitas atau bakat seseorang sejak kecil. Seseorang yang memiliki pola pikir ini memahami bahwa kemampuan dan bakatnya dapat terus berkembang dengan kerja keras dan dedikasi.

Sesuai dengan artinya, seseorang yang memiliki growh mindset selalu ingin mempelajari hal baru untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Maka, berikut beberapa hal yang dapat mengembangkan kemampuan growth mindset dalam mengajar  yang dimiliki guru untuk kebutuhan karier mengajar yang cemerlang.

1. Fokus Pada Proses

Salah satu cara untuk mengembangkan growth mindset adalah dengan fokus pada proses yang dilalui saat mengajar. Pemiliki growth mindset akan lebih fokus pada pengembangan diri demi mencapai kesuksesan. Mereka juga beranggapan bahwa dari proses tersebut akan ada banyak pelajaran yang bisa diambil meski harus menghadapi kegagalan mereka tetap menikmatinya karena itu adalah bagian dari proses menuju puncak karier.

2.Berani Menghadapi Tantangan

Seseorang yang memiliki growth mindset akan beranggapan bahwa tantangan bukan salah satu hambatan yang akan menjauhkan dirinya dari kesuksesan. Justru mereka dapat melihat suatu kesempatan untuk bisa jauh lebih berkembang lagi.

3. Memahami Bahwa Kegagalan Bukan Akhir Segalanya

Sampai saat ini masih banyak orang yang berfikir bahwa kegagalan merupakan akhir dari segalanya. Di saat gagal, mereka menganggap tidak akan ada lagi kesempatan bagi dirinya untuk sukses. Padahal di lain sisi, kegagalan akan memberikan kesempatan untuk mencari tahu apa penyebab kesalahan yang sudah di perbuat di sebelumnya.

4. Dapat Menerima Kritikan

Mendapatkan kritikan bukanlah suatu hal yang mudah di terima, bagi semua orang. Sering kali kita merasa masih tidak bisa menerima kritikan dan merasa marah. Namun, di lain sisi kritikan harus disampaikan sengan cara yang positif. Karena, saat mendapatkan sebuah kritikan, kita dapat mengevaluasi diri agar bisa menjadi pribadi dan guru yang lebih baik.

5. Memahami Diri Sendiri

Memahami diri sendiri merupakan suatu hal yang mudah. Pasalnya, kita harus mengetahui kekurangan dan kelebihan dari diri kita sendiri. Jika kalian sudah bisa memahami diri sendiri tentunya kalian akan mengetahui dimana batasan kemampuan diri sendiri. Jika sudah begitu, tentunya juga sudah paham bagaimana cara memilih strategi untuk mencapai kesuksesan itu. Apakah Bapak dan Ibu guru sudah menerapkan salah satu dari lima point di atas dalam aktivitas mengajarnya? Bahkan, sudahkan memberikan edukasi pada kerabatnya? Yuk mari budayakan untuk sadar akan growth mindset.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayan Indonesia. 

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah banner-member-tahunan-300x300-1.jpeg

Ingin dibantu mendaftar ? Hubungi 087719662338 (Rahma)




Share :

Baca Juga

News

Kemdikbud Berikan Kabar Baik Untuk Peningkatan Kompetensi Guru

News

Kabar Baru, Tunjangan Baru Untuk Guru Honorer

News

Tips Lulus Seleksi PPPK Guru

News

Ini Skema Pensiunan PPPK Yang Ditetapkan UU ASN 2023

News

Penting! Waktu Pendaftaran PPPK Guru Pelamar Khusus dan Umum Berbeda

News

Siap – Siap Adanya Potongan dalam Pencairan Tunjangan Sertifikasi Triwulan 3 Tahun 2023

News

Cara Daftar Program Inpassing Untuk Guru GBPNS

Kesiswaan

Mengenal Model Pembelajaran STAD