Home / News

Senin, 4 Maret 2024 - 12:16 WIB

Kemdikbud Rilis Kabar Baik Untuk Semua Guru Dan Kepsek Sertifikasi Dan Non Sertifikasi Hari Ini

Dibaca 38,753 kali

photo by kemdikbud.go.id

photo by kemdikbud.go.id

Diketahui jika dengan melalui kebijakan Merdeka Belajar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya agar bisa mendorong transformasi sistem pendidikan di Indonesia, diantaranya yaitu dengan cara menggunakan kebijakan Asesmen Nasional (AN) dan Rapor Pendidikan.

Rapor Pendidikan sendiri merupakan sebuah platform yang mengintegrasikan berbagai data pendidikan. Terlebih lagi data AN, sehingga bisa menjadi alat ukur komprehensif yang menyajikan kondisi pendidikan Indonesia guna untuk mendorong refleksi serta juga perbaikan mutu pendidikan.

AN bisa memotret kualitas hasil belajar, proses, dan lingkungan belajar sebagai refleksi kondisi mutu layanan pendidikan.

Dalam hal ini AN mengukur instrumen kunci seperti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar), serta Survei Karakter demi jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Dimana ketiga instrumen itu akan menjadi kompetensi dasar untuk mendorong pembelajar sepanjang hayat, berkontribusi pada masyarakat, dan juga mendukung tumbuh kembang para peserta didik secara utuh.

Di samping itu, Sulingjar juga bisa menjadi dasar dalam mendiagnosis tantangan di satuan pendidikan serta merencanakan pembenahan.

Anindito Aditomo selaku Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek, menjelaskan jika hasil AN ditampilkan dalam Rapor Pendidikan bersama hasil evaluasi lain dari beberapa sumber.

“Lewat Rapor Pendidikan, maka data pendidikan dalam tiap satuan pendidikan dan daerah bisa langsung diakses oleh seluruh pemangku kepentingan termasuk kepala sekolah, guru, dan pemerintah daerah untuk membuat perencanaan yang sesuai kebutuhan dan melakukan pembenahan pembelajaran yang tepat sasaran,” ucap Anindito dalam Perilisan Rapor Pendidikan Indonesia, di Kantor Kemendikbudristek.

“Hanya dengan menggunakan platform ini, maka pihak pemerintah daerah dan satuan pendidikan bisa melakukan perencanaan berbasis data sehingga pembenahan dapat dilakukan semakin tepat sasaran dan berorientasi pada kebutuhan pembelajaran murid,” lanjut Anindito.

Dirilis pada bulan Juli 2023 lalu, Rapor Pendidikan untuk pemerintah daerah menggunakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan sebagai salah satu acuan untuk mengukur kualitas pendidikan di suatu daerah dan mendukung perencanaan berbasis data.

Perencanaan berbasis data tersebut mampu untuk membantu pemerintah daerah untuk melakukan perumusan kegiatan serta juga anggaran untuk peningkatan kualitas pendidikan dengan pemenuhan SPM Pendidikan.

Sedangkan, pemutakhiran Rapor Pendidikan untuk satuan pendidikan dirilis jauh lebih awal yaitu pada bulan Mei 2023.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka dengan Aplikasi Berbasis Web” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2989/checkout Fasilitas Diklat Materi pelatihan E-sertifikat 46JP Bernama Laporan Pengembangan Diri Berbagi Praktik Baik BONUS Komplit Kurikulum Baru Mau dibantu daftar?         http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Halaman Selanjutnya

Rapor Pendidikan tersebut saat ini sudah dilengkapi dengan….

Share :

Baca Juga

News

Lengkap!  Dokumen, Persyaratan Serta Tata Cara Pendaftaran Guru PPPK Kemdikbud 2023

News

Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

News

2 Cara Mudah Cek Penerima PIP/KIP Terbaru 2024 & Solusi Data Tidak Ditemukan!

News

Perhatikan, Jadwal Pelaksanaan Asesmen Sekolah 2024 Kemdikbud dan Kemenag
PPG Prajabatan gelombang 2 tahun 2023

News

PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Segera Dibuka, Berikut Timeline Lengkapnya!

News

9 Syarat Wajib Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru 2024

News

Mengetahui Komponen Utama Pada Kurikulum Operasional

News

Ternyata Dana Pensiun PPPK Lebih Besar Dari PNS