Home / News

Senin, 25 Juli 2022 - 18:51 WIB

Kemenag RI – LPDP Memberikan Kesempatan Beasiswa PPG 2022 untuk 10 Ribu Guru Binaan

Dibaca 771 kali

LPDP Guru Binaan – Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan untuk menyiapkan sebanyak 10 ribu beasiswa pada penyelenggaraan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk jabatan tahun 2022.

Sekretaris Dirjen Pendidikan Agama Islam Rohmat Mulyana Sapdi mengatakan program tersebut merupakan upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan kualifikasi dan keterampilan guru yang didukung oleh Kementerian Agama.

Program beasiswa ini juga merupakan salah satu dari 10 program beasiswa, baik program gelar maupun non gelar, yang ditawarkan oleh LPDP – Kemenag.

“Kementerian Agama-LPDP akan memberikan kuota beasiswa pelatihan profesi guru kepada 10.000 guru binaan Kementerian Agama, yang didistribusikan di Ditjen Pendidikan Islam, Ditjen Bimas Kristen, Ditjen Bimas Katolik, Ditjen Bimas Hindu dan Ditjen Bimas Buddha,” kata Rohmat seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama.

Sementara itu, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain mengatakan, program hibah PPG dalam jabatan yang dicanangkan Kementerian Agama-LPDP merupakan upaya mempersiapkan SDM unggul dengan cara meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. , khususnya madrasah, dan guru binaan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Zain mengatakan diharapkan anggaran yang didanai oleh LPDP dapat mempercepat skema penyelesaian sertifikasi guru binaan Kementerian Agama. Di Direktorat GTK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam sendiri saat ini masih ada sekitar 420.000 guru yang belum disertifikasi.

Maka pihaknya akan segera melakukan screening akademik/pre-test bagi guru madrasah yang ingin mengikuti PPG dalam jabatan.

Zain mengatakan akan segera menerbitkan surat edaran tentang pelaksanaan PPG screening akademik bagi guru Madrasah. Semoga bulan Agustus akan dilakukan.

Jadwal pelaksanaan PPG tahap 3 (tiga) dengan rencana pendanaan dari dana LPDP diumumkan sejak awal kepada Panitia Nasional PPG Kementerian Agama dan kepada LPTK PTKIN untuk menyelenggarakan PPG di tempat. . Penggalian perangkat keras akan dimulai pada 18 Agustus 2022. “Oleh karena itu, kami akan segera melakukan ujian akademik pada awal Agustus untuk mempersiapkan siswa PPG kelas 3 (tiga),” kata Sekretaris Ibadah Panitia PPG Nasional Kementerian, Mustofa Fahmi.

Mustofa Fahmi menambahkan, jadwal pelaksanaan PPG dalam Jabatan Angkatan ke-3 (tiga) dengan skema pembiayaan hibah dari dana LPDP diinformasikan lebih awal kepada Panitia kepada Tim Panitia Nasional PPG Kementerian Agama dan LPTK PTKIN untuk menyelenggarakan PPG dalam jabatan.

“Digitalisasi materi akan dimulai pada 18 Agustus. Oleh karena itu, kami akan segera melakukan seleksi akademik pada awal Agustus untuk mempersiapkan siswa PPG kelas 3 (Selasa),” kata Fahmi.

Fahmi juga optimis bahwa skema pembiayaan PPG dari LPDP dapat mempercepat penyelesaian sertifikasi guru. “Dengan dukungan LPDP, guru PPG Madrasah bisa mengantri untuk menyelesaikan program sertifikasinya lebih cepat. Saya berharap seluruh pemangku kepentingan organisasi PPG, khususnya LPTK, mempersiapkan sumber daya manusia, akademisi, dan infrastruktur secara maksimal agar kerjasama antara Kementerian Agama dan LPDP ini berlangsung dengan sukses, publik,” pungkasnya.

Bergabunglah bersama dengan menjadi member e-Guru.id untuk meningkatkan skill dan pengetahuan Anda agar menjadi pendidik yang hebat dan dapatkan berbagai macam pelatihan gratis dan bonus lainnya. Daftarkan diri Anda pada pelatihan penulisan buku untuk kenaikan pangkat guru sekarang juga!

5. Penulisan Buku untuk Kenaikan Pangkat Guru #1-min

Penulis: WDS

Share :

Baca Juga

News

Seleksi Makin Ketat! Soal Tes CPNS 2023 Lebih Sulit dari Tahun Sebelumnya, Pemerintah Siapkan Ini

News

Selamat! Pensiunan PNS Golongan 4b Akan Terima Gaji Bulan Januari

News

PPPK Guru 2023 Akan Membuka Sebanyak 600 Ribu Kuota
Pendaftaran guru PPPK tahun 2023

News

Berikut Cara Fresh Graduate FKIP Dapat Ikut Seleksi PPPK

News

Catat! Ini Dia Bocoran Materi Ujian CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK 2023

Edutainment

Guru Harus Tau!, Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif

News

THR 2024 untuk PPPK Guru Ternyata Lebih Besar dari PNS

News

Cara Mengenali Tumbuh Kembang dan Kesejahteraan Peserta Didik