Home / Opini

Kamis, 28 April 2022 - 07:52 WIB

Kenali 10 Ciri Orang yang Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi

Dibaca 320 kali

Kecerdasan Emosional Tinggi – Sebuah  kesuksesan di masa depan, bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan kognitif saja namun juga diikuti faktor lain salah satunya kecerdasan emosional. Semakin cerdas emosi seseorang, maka semakin bagus performa pekerjaannya.

Kecerdasan emosional merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk mengenali,  mengelola, mengontrol, menerima dan menilai emosi diri sendiri dan orang di sekitarnya. Kecerdasan emosional bisa dilatih dan dikembangkan, hal ini berguna dalam membangun hubungan pribadi dan karier.  Kemampuan ini meningkatkan peluang cepat berkembang  untuk sukses dan mempengaruhi cara orang berpikir tentang emosi dan perilaku sesorang.

Lalu apa saja kah tanda – tanda seseorang memiliki kecerdasan emosional? Apakah Anda memiliki tanda – tanda tersebut? simak uraian dibawah ini.

  1. Empati
    Seseorang yang memiliki empati, dapat memahami berbagai jenis karakter orang dan berkomunikasi secara efektif dengan siapapun. Empati diartikan sebagai respon afektif dan kognitif yang kompleks pada distres emosional orang lain, tepat dalam memahami perasaan orang lain walaupun bukan melalui verbal  dari sudut pandangnya diri sendiri.
    Melatih munculnya empati dapat dilakukan dengan cara melihat situasi seseorang dari sudut pandangnya, respon hal tersebut dengan tepat sesuai kemampuan yang kita miliki.
    Anda bisa memberikan perhatian secara penuh kepada orang lain dan memberikan waktu untuk memahami bagaimana yang orang lain katakan dan rasakan.Dengan melakukan hal seperti itu, maka kita sedang memperlakukan orang lain sesuai dengan harapannya. Setiap orang pasti ingin diperlakukan oleh orang lain sesuai harapan diri sendiri.Memiliki rasa empati yang kuat terhadap sesama manusia berarti memiliki kecerdasan emosi (emotional intelligence) yang tinggi
  1. Dapat mengontrol emosi
    Mengontrol emosi berarti mampu memanajemen diri, tetap tenang walaupun sedang berada di bawah tekanan dan cepat pulih dan bangkit setelah terjadi kekacauan. Artinya dapat menyeimbangkan perasaan demi kebaikan diri sendiri maupun orang lain, mempertimbangkan reaksi yang dikeluarkan apakah membuat situasi lebih baik atau buruk.
  1. Berpikir Terbuka
    Berpikiran terbuka  merupakan mau menerima ide yang berbeda dari orang lain, mau menerima kritik dan saran, bisa bekerja sama dengan semua orang, dan tidak berat sebelah ke pihak manapun sebelum memahami duduk perkaranya.
  1. Optimisme dan bersikap positif
    Salah satu langkah dalam meningkatkan kecerdasan emosional yaitu berfikir, berperilaku, bersikap positif dan optimis. Anda harus melatih diri suapaya dapat mengelola atau mengurangi emosi negatif, mengelola stres, merespon emosi negatif dengan cara positif dan mencari jalan keluar untuk suatu masalah yang sedang dihadapi. Hal ini membantu dalam membangun ketahanan diri dan memperlebar peluang untuk berinovasi
  1. Adaptif
    Adaptif disini yaitu mampu menyesuaikan suatu perubahan dan sebuah ketidakpastian. Hal ini termasuk dalam manajemen diri
  1. Memiliki target
    Membuat target dan berorientasi pada target pencapaian yang dibuat
  1. Dapat bekerja sama
    Anda harus mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik dengan orang lain maupun anggota tim. Kemudian berpartisipasi aktif dan berkontribusi secara keseluruhan
  1. Inspiratif
    Jadilah pribadi yang inspiratif, mampu menginspirasi orang lain dalam mencapai tujuan. Mengusahakan mendorong kualitas tim dalam prosesnya
  1. Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri
    Artinya mengetahui apa yang Anda kuasai dan yang tidak dikuasai. Selanjutnya memaksimalkan kelebihan yang dimiliki dan menjaga kelemahan yang dimiliki
  1. Belajar dari kesalahan
    Orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi tidak akan mau jatuh ke lubang yang sama lebih dari sekali. Sangat penting menyadari kesalahan masa lalu yang pernah ada dan berhati – hati supaya tidak mengulanginya. Menjadikan sebuah kesalahan sebagai pelajaran yang sangat berarti.

Masih banyak lagi tanda – tanda seseorang memiliki kecerdasan emosional tinggi. Setelah membaca faktor – faktor diatas apakah anda memiliki beberapa tanda tersebut?

Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram: https://t.me/wartagurudotid

Penulis : Ema Dwi Pratiwi

Share :

Baca Juga

Opini

Manajemen Sekolah Pasca Pandemic

News

Soal Wawancara PPPK PPG Dalam Jabatan 2022

News

Mengenal Kurikulum Merdeka dan Tantangannya

News

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Sumber Data Penerima PIP

Kesiswaan

Tebak Yuk Alasan Guru Selalu Sewot Ketika Muridnya Pakai Jaket di Kelas

Edutainment

10 Cara Menguatkan Memori Jangka Panjang Siswa

News

Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru PGSD 2022 Lengkap dengan Jawaban

News

Kumpulan Soal Pretest PPG PAUD TK 2022 Sesuai Kisi-kisi Lengkap dengan Jawaban