Home / News

Senin, 7 Maret 2022 - 20:07 WIB

Kenali 5 Produk Platform Merdeka Mengajar, Bantu Guru Tingkatkan Kompetensi

Dibaca 1,185 kali

Platform Merdeka Mengajar disediakan untuk mendukung para guru agar dapat mengajar lebih baik, meningkatkan kompetensinya, dan berkembang secara karier. Platform ini akan terus berkembang ke depannya dengan fitur-fitur yg dapat membantu guru menjadi pendidik yang lebih baik ke depannya.

Platform ini hadir sebagai #temanpenggerak bagi para guru untuk menjadi lebih baik dalam tiga hal, yaitu mengajar, belajar, dan berkarya. Profil Pelajar Pancasila dan implementasi Kurikulum Mandiri sama-sama diwujudkan, dan Kurikulum Mandiri didukung melalui penerapan Kurikulum Mandiri.

Pada saat ini platform ini hanya bisa diakses melalui Android versi 5 – Lollipop dan web browser melalui laman https://guru.kemdikbud.go.id/., namun untuk ke depannya akan terus melakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Platform Merdeka Mengajar dirancang untuk membantu guru meningkatkan kompetensi dan melaksanakan pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka. Namun, materi yang tersedia dalam platform tetap relevan untuk digunakan oleh guru yang menggunakan kurikulum lainnya

Untuk membantu para guru lebih memahami Berikut lima produk atau fitur apa saja yang tersedia di platform ini yang dikelompokkan menjadi produk Pengembangan Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar, sebagai berikut :

Produk Pengembangan Guru meliputi:

  1. Video Inspirasi, yang berisi kumpulan video inspirlatform Merdeka Mengajaratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli, sebagai referensi tenaga pendidik/guru untuk meningkatkan kompetensi professional maupun personal.
  2. Pelatihan Mandiri, yang memuat berbagai materi pelatihan yang dibuat singkat, agar bisa melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun.
  3. Bukti Karya Saya, yang berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Serta wadah untuk berbagi praktik baik dan mendapatkan umpan balik dari rekan sejawat.

Produk Kegiatan Belajar Mengajar meliputi:

1. Asesmen Murid, merupakan bagian dari platform Merdeka Mengajar, terdiri dari kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu, untuk membantu guru mendapatkan informasi dari proses dan hasil pembelajaran murid. Kumpulan asesmen dapat membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

Baca Juga:  Pembelajaran Daring, Siapa yang Repot?

2. Perangkat Ajar, yang memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks dan bahan lainnya yang digunakan pendidik dalam upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan capaian pembelajaran.

Dalam fitur ini terdapat 2000 referensi perangkat ajar berupa bahan ajar, modul ajar, dan sebagainya yang berbasis kurikulum merdeka.
Melalui produk perangkat ajar maka guru dapat memperoleh inspirasi materi pengajaran sesuai dengan mata pelajaran dan fase tertentu yang menjadi bagiannya.

Setiap perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran agar guru dapat menavigasi proses pembelajaran sesuai kebutuhannya. konteks, dan karakteristik peserta didik.

Berikut Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar, sebagai berikut :
Untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar, guru bisa masuk dengan akun pembelajaranbelajar.id melalui aplikasi gawai Android atau melalui website.
Caranya:

1. Unduh Aplikasi Merdeka Mengajar di Google Play Store atau instal pada gawai Android melalui tautan bit.ly/platformmerdekamengajar

2. Akses langsung melalui website https://guru.kemdikbud.go.id/. Untuk panduan lengkap penggunaan dan video mengenai platform Merdeka Mengajar bisa cek tautan ini https://linktr.ee/pmerdekamengajar.

Informasi selengkapnya terkait Platform Merdeka Mengajar bisa cek di laman https://guru.kemdikbud.go.id/.

Demikian informasi mengenai 5 Produk Platform Merdeka Mengajar yang Bermanfaat bagi Guru dalam artikel ini. Semoga dapat bermanfaat ya!

 

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

News

Berikut daftar 8 Pegawai Honorer Non ASN yang akan Diangkat Menjadi PPPK 2023
guru ppk ingin pindah sekolah

News

Resmi! Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Tidak Terima Kenaikan Gaji Januari 2024

News

Inilah Daftar 75 Universitas (LPTK) Penyelenggara PPG Tahun 2022

News

Mulai 2024! Ribuan ASN Akan Dipindahkan ke IKN, Berikut Sejumlah Fasilitas Penunjangnya

News

Nasib Honorer Tendik yang Tidak Masuk Database BKN, Bisa Diangkat PPPK Full Time atau Part Time?

News

Kebutuhan Formasi PPPK Guru Tahun 2022, Simak Informasinya

Kompetensi Guru

Benarkah Guru Penggerak Akan Diangkat Jadi Kepala Sekolah? Simak Keterangan Kemendikbud

News

Informasi Penting Untuk Peserta Bebas Seleksi Administrasi PPG Daljab 2023!
Download Sertifikat Pendidikan Gratis