Home / News

Jumat, 25 Februari 2022 - 13:30 WIB

Kenali Apa Itu NPSN? Cara Mudah untuk Mengeceknya

Dibaca 1,009 kali

Sekolah yang sudah memiliki NPSN akan terdaftar dalam Data Referensi yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

NPSN merupakan pedoman pengenal yang telah ditetapkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dan telah diberikan kepada satuan pendidikan (sekolah) melalui dinas pendidikan kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

Pengertian NPSN

NPSN adalah kepanjangan dari Nomor Kepala Sekolah Nasional, NPSN merupakan kode pengenal sekolah Indonesia yang bersifat sangat unik dan digunakan sebagai tanda pengenal satuan pendidikan yang ditetapkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

Dilansir dari sdm.data.kemdikbud.go.id NPSN terdiri dari 8 digit kode acak. Kode unik inilah yang membedakan sekolah yang satu dengan yang lainnya. Setiap sekolah pada jenjang pendidikan TK,SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK memiliki kode NPSN yang berbeda.

NPSN kini menjadi nasional karena menggantikan arahan sebelumnya yang disebut NIS. NIS memiliki format yang berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya untuk menghindari kesamaan dan sebagai bentuk penyederhanaan untuk pengolahan data oleh PDSPK agar lebih mudah. Sehingga memberikan dampak bahwa penyusunan arahan identifikasi sekolah berbeda-beda antara satu provinsi dengan provinsi lainnya.

Hal ini mengakibatkan adanya beberapa data sekolah yang berdampak kuat pada sistem penggajian, penilaian, dan pendaftaran lainnya. Oleh karena itu, NPSN merupakan cara yang tepat untuk menyederhanakan dan menggabungkan sistem sehingga setiap sekolah memiliki arah yang unik dan perbedaan utama antar sekolah di seluruh Indonesia.

Dasar Pengembangan NPSN

Permendikbud Nomor 99 Tahun 2013 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan Menteri Pendidikan Nasional.

Selain itu, NPSN juga merujuk pada Surat Keputusan Kalitbang Diknas Nomor 3574/G.G4/KL/2009 tanggal 22 Oktober 2009 Tentang Nomor Pokok Sekolah Nasional Sebagai Nomor Unik Satuan Pendidikan.

Cara Cek Online NPSN

Cara cek dan lihat NPSN (Nomor Induk Sekolah Nasional) dapat diakses secara online melalui website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud) kemudian pilih Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan tempat sekolah berada. Berikut cara cek NPSN :

  1. Masuk/login dengan mengklik http://reference.data.kemdikbud.go.id/index.php
  2. KLIK menu yang bertuliskan DATA MASTER PENDIDIKAN
  3. Pilih submenu satuan pendidikan yang ingin dicari, maka akan muncul beberapa pilihan jenjang pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah, Pendidikan Masyarakat, dan Pendidikan Luar Biasa. Klik salah satu level sesuai dengan kebutuhan Anda!
  4. Setelah itu akan muncul nama provinsi, pilih provinsi sesuai sekolah Anda.
  5. Setelah itu akan muncul nama kabupaten, pilih kabupaten sesuai sekolah Anda
  6. Setelah itu akan muncul nama kecamatan, pilih kecamatan sesuai sekolah Anda
  7. Pilih distrik, Kemudian nama distrik akan muncul
  8. Setelah memilih nama kelurahan maka akan muncul daftar sekolah di kelurahan beserta NPSN sekolahnya atau jika anda ingin cepat mencari nama sekolah anda silahkan gunakan fasilitas SEARCH seperti gambar dibawah ini.

Perbedaan NPSN dan NISN

NPSN berbeda dengan NISN. Perbedaannya terletak pada jenis dan fungsinya, namun keduanya dapat digunakan secara bersamaan.

NPSN adalah singkatan dari Nomor Kepala Sekolah Nasional, yang merupakan kode standar untuk mengidentifikasi satuan pendidikan (Sekolah) yang unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Kode NPSN Indonesia terdiri dari 8 digit.

Sedangkan NISN adalah singkatan dari Nomor Registrasi Siswa Nasional, yang merupakan bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengidentifikasi setiap individu siswa atau siswa di seluruh sekolah di seluruh Indonesia secara standar, konsisten dan berkelanjutan.

Setiap peserta didik yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberikan kode identitas peserta didik yang unik, standar dan berjangka waktu lama yang membedakan peserta didik satu dengan peserta didik lainnya di seluruh sekolah Indonesia.

Demikian informasi mengenai NPSN dan cara cek NPSN secara online dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Share :

Baca Juga

News

Sudah Bisa Akses Info GTK 2024, Sertifikasi Segera Cair

News

Tambahan 50 Persen Tunjangan Profesi Guru Akan Segera Dicairkan

Kompetensi Guru

Semua Guru Wajib Ikut! Pendaftaran Terakhir Tanggal 16 September 2023

News

Otentikasi Taspen Gagal? Inilah Beberapa Hal yang Harus Dihindari Pensiunan PNS Agar Proses Otentikasi Berhasil

News

Tunjangan Guru Honorer Non-ASN Akan Dihentikan untuk Kategori Ini
Inovasi Pendidikan Terkini melalui Program Double Action di SMA Negeri 11 Garut

News

Berapa Lama Mengajar Agar Terpanggil PPG? Berikut Penjelasannya

News

Wajib Tau! Berikut Nominal Potongan Wajib Tiap Pencairan Sertifikat Guru

News

Surat yang Wajib Dimiliki Guru Honorer Agar Diangkat Jadi PPPK Tanpa Tes