Home / Kesiswaan

Jumat, 12 Agustus 2022 - 08:13 WIB

Keterampilan yang Penting Dimiliki

Dibaca 158 kali

Keterampilan – Mempunyai keterampilan merupakan hal yang dimiliki oleh setiap manusia di dunia. Sikap terampil ini bisa juga digunakan di lingkungan sekolah. Keterampilan ini ditekankan pada cara atau sikap seseorang dalam menyelesaikan berbagai masalah untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditargetkan.

Untuk menjadi manusia yang terampil, anda tentunya memerlukan latihan untuk nantinya jadi sebuah kebiasaan yang akan terus terjadi serta di dukung penuh dengan proses belajar baik secara langsung maupun tidak langsung.

Di bawah ini ada beberapa keterampilan jadul atau jaman dahulu yang harus dicontoh oleh anak jaman sekarang agar mereka dapat menjalani kehidupan dengan percaya diri dan mandiri.

Keterampilan Korespondensi

Zaman dahulu mungkin tida asing dengan seseorang yang memiliki sahabat pena yang berbeda kota bahkan negara. Ini tentunya menjadi peristiwa yang istimewa karena mereka dapat bertukar cerita tentang berbagai hal melalui tulisan.

Bahkan tulisan yang didapat juga bisa dipahami oleh teman serta mengungkapkan perasaan yang dapat menggambarkan ekspresi dan juga keterampilan yang mumpuni sampai sekarang. Ini merupakan bagian dari keterampilan literasi dasar. Karena dalam menulis surat menyurat termasuk dalam kategori menulis dan membaca.

Hormat kepada Orang yang Lebih Tua

Sejak dini kita selalu diajarkan oleh orang tua untuk menghormati orang yang lebih tua dari kita. Cara berbicara dan bersikap dengan orang yang lebih tua pun merupakan salah satu etika yang sederhana dan mendasar.

Hal ini merupakan sebuah skill yang harus tetap diterapkan dalam kehidupan yang akan datang sehingga nantinya kita dapat terbiasa akan hal ini. Secara naluri, orang yang lebih tua akan merasa senang jika kita menghormatinya baik sikap, perilaku dan juga gaya bicara.

Memiliki Kesabaran

Zaman sekrang tentunya untuk mendapatkan segala informasi semakin mudah di dapat karena segala sesuatunya pun serba instan. Misalnya skill dalam memiliki kesabaran. Misalnya anda akan menebus resep obat di sebuah apotek, maka yang harus anda lakukan yakni dengan mengantri sesuai dengan nomor antrian yang telah didapatkan.

Disitulah kesabaran anda harus dilatih, karena apa yang anda harapkan harus melalui tahapan yang sesuai dengan prosedur yang telah diberlakukan. Buah dari adanya kesabaran yakni dapat menumbuhkan sikap pantang menyerah bagi siapapun.

Menjahit

Ketrampilan yang terakhir yakni keterampilan menjahit. Selain mencuci dan menyetrika menjahit merupakan salah satu keterampilan yang harus diketahui. keterampilan menjahit ini membuat anda harus bisa bagaimana menggunakan jarum serta memasukan benang, memisahkan kancing baju sampai caramenambal kantong baju yang robek.

Ini merupakan hal yang sederhana jika kita terbiasa melakukannya sendiri. Keterampilan menjahit ini akan semakin berguna ketika kita mulai belajar untuk hidup mandiri apalagi untuk seorang siswa yang merantau jauh dari orang tua.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Bimbingan Rohani pada Anak Sejak Dini

Kesiswaan

3 Tipe Gaya Belajar Siswa yang Guru Harus Tahu

Kesiswaan

Tata Cara Membuat Profil Sekolah yang Menarik

Kesiswaan

Cara Mengatasi Siswa yang Tertinggal Materi Selama PJJ

Kesiswaan

Komponen Karakter Siswa yang Perlu Dicapai dalam Pendidikan Karakter

Kesiswaan

Begini Mekanisme Penyelenggaraan Sekolah Inklusi di Indonesia

Kesiswaan

Kasus Bullying di Sekolah: Lebih Berpengaruh ke Mental

Kesiswaan

Mengenal Sistem Pendidikan Terbuka