Home / Metode Pembelajaran

Jumat, 5 Agustus 2022 - 13:05 WIB

Komunikasi Guru dalam Kelas

Dibaca 175 kali

Guru – Bagi semua guru memiliki keterampilan untuk membuka serta menutup pembelajaran menjadi sebuah dasar yang sangat penting harus dimiliki oleh pengajar untuk mencapai pembelajaran yang optimal, efektif dan efisien. Ini terlihat seperti hal yang sangat mudah, namun semua guru harus bisa membuat proses pembelajaran dengan sangat baik. Ini merupakan sebuah hal yang dapat mencapai keberhasilan serta semangat dan minat siswa dalam belajar.

Ketika kegiatan belajar dan pembelajaran akan berlangsung, tidak semua siswa memiliki mental dan sikap yang kuat dalam memberikan ketertarikan dalam mengikuti proses pembelajaran. Guru harus memiliki peran penting dalam memberikan semangat supaya siswa dapat mencapai pembelajaran sehinga berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga: Tenaga Honorer Berpeluang Menjadi PNS Sebelum 2023, Berikut Syaratnya! 

Cara Guru Membuka Pelajaran yang Baik

Cara membuka pelajaran yang baik dan menarik bukan hanya sekedar salam dan perkenalan diri saja. Namun juga anda harus mengetahui berbagai gestur yang tepat untuk nantinya menyampaikan beberapa kata pembukaan yang dapat membangkitkan semangat pada siswa. Di bawah ini merupakan beberapa cara untuk membuka pelajaran di dalam kelas yang yang bisa guru lakukan. Diantaranya adalah :

  • Menyapa siswa dengan penuh semangat

Ketika pembelajaran di dalam kelas akan berlangsung, anda terlebih dahulu harus menyapa siswanya dengan penuh semangat supaya siswa dapat menyerap semangat yang sama . Jika anda tidak menyapa siswa dengan semangat maka akan merasakan energi tersebut sehingga tidak adanya semangat.

  • Menarik perhatian

Apabila anda menyampaikan pembelajaran dengan menarik, maka siswa akan antusias dan mendengarkan dengan baik. Kondisi KBM akan menjadi optimal dan maksimal. Kekreativitasan anda dalam mengajar memegang peranan penting dalam KBM.

  • Memberi dukungan penuh pada siswa

Setiap perkataan yang keluar dari anda kepada siswa harus memberikan motivasi serta dukungan penuh agar membangun percaya diri pada siswa. Siswa akan menjadi lebih giat untuk belajar jika guru memberikan dukungan penuh pada mereka. Ini sangat bagus anda lakukan untuk nantinya anda saat pelajaran akan dimulai.

Cara Menutup Pelajaran yang Baik

Selain pembukaan anda lakukan, lalu penutupan pun juga hal yang tidak kalah pentingnya yang harus anda perhatikan. Tidak semua guru dapat memahami serta menyerap berbagai materi pembelajaran dengan baik sampai akhir pelajaran. Di bawah ini merupakan cara menutup pelajaran yang harus anda lakukan.

Yakni meneliti kembali materi pada saat pertemuan guru harus memberikan kesimpulan serta akhir dari pelajaran apa yang telah siswa pelajari selama proses pembelajaran berlangsung. Guru bisa dan memberikan berbagai rangkuman beberapa poin penting mengenai materi yang telah siswa pelajari pada pertemuan tersebut. Jika siswa belum mengerti maka tugas guru harus menjelaskan secara perlahan supaya siswa dapat mengerti.

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Efektivitas Penggunaan Teknologi Internet sebagai Media Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Mengenal 2 Model Pembelajaran Aktif di Era Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

Mudah Membuat Media Pembelajaran Inovatif

Metode Pembelajaran

3 Tips Gaya Pembelajaran Era Digital

Metode Pembelajaran

Strategi Guru dalam Mengajar yang Tersusun Rapi dan Menyenangkan Bagi Murid

Metode Pembelajaran

Inilah Alasan Guru Harus Terus Belajar Walau Sedang Mengajar

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran Production Based Training untuk SMK

Metode Pembelajaran

Perbedaan antara Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran