Home / News / Opini

Sabtu, 14 Mei 2022 - 11:54 WIB

Kumpulan Soal Pedagogik PPG Lengkap dengan Jawaban

Dibaca 1,320 kali

Kumpulan soal pedagogik tidak ada habisnya untuk dibahas dan dicari serta dipelajari oleh teman-teman guru semua.

Ditahun ini soal pedagogik menjadi salah satu bagian dari rangkaian soal yang ada menyertai seleksi penerimaan PPG Dalam Jabatan.

Kumpulan soal pedagogik menjadi soal yang sebagian guru menilainya tergolong pada soal sulit atau sukar.

Tanpa latihan soal kemungkinan kecil bagi teman-teman guru untuk bisa mengerjakannya dengan tenang dan menjawab dengan yakin.

Berikut ini merupakan kumpulan soal pedadogik sesuai dengan FR tahun-tahun sebelumnya.

Yang harapannya bisa bermanfaat serta membantu teman-teman guru semua dalam mengerjakan soal seleksi penerimaan PPG Dlam Jabatan terutama ditahun 2022.

Kumpulan Soal Pedagogik

1. Seorang anak berminat pada kelompok peminataan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke SMA. Namun orang tuan bersikukuh agar anaknya memilih peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya menjadi dokter agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu biologi, matematika serta fisika, kimia. Sebagai wali kelas apa yang Anda lakukan?

a. Menasehati si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tuan yang berniat menjerumuskan anaknya.

b. Memberikan saran kepada orang tua dan si anak untuk mengenali secara objektif kemampuannya dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidang peminataan yang sesuai.

c. Menyarankan kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokteran.

d. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi dengan agar orang tua memahami potensi anaknya.

e. Bersama guru BK, Anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama – sama dengan menggunakan data- data sebagai dasar keputusan obyektif.

Jawaban: E

2. Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya?

a. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa.

b. Siswa menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topik pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas.

c. Saya bekerja sama dengan orang tua/ wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar.

d. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi.

e. Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya.

Jawaban: A

3. Salah satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang dapat terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kesepakatan. Ketika Anda menjadi guru piket ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambat 30 menit. Sesuai aturan datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba – tiba teman Anda yang terlambat tersebut meminta kepada Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan Anda lakukan?

a. Memenuhi permintaan teman Anda karena alasannnya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus tersebut kepada kepala sekolah.

b. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah.

c. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya meskipun jumlah poin dikurangi.

d. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya sesuai aturan.

e. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas kasus ini.

Jawaban: D

4. Seorang siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. Padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana Anda menganggapi permasalahan tersebut?

a. Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya.

b. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

c. Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita hp untuk sementara waktu.

d. Saya menemui siswa tersebut yang membawa hanphone saat di sekolah maupun di kelas serta memberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut.

e. Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan samapai membawa handphone ke sekolah.

Jawaban: B

5. Anda memiliki tetengga yang anaknya tidak didaftarkan ke sekolah meskipun sudah memasuki usia sekolah, karena anak tersebut adalah anak berkebutuhan khusus (ABK). Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan?

a. Menjelaskan kepada orang tuanya bahwa ABK juga memiliki hak untuk sekolah dan terdapat banyak sekolah yang mau menerima ABK sebagai siswanya.

b. Menyarankan kepada orangtuanya agar menyekolahkan anaknya di sekolah luar biasa (SLB) agar tidak melanggar hak asasi manusia.

c. Meminta aparat desa untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan ananknya yang menyandang ABK.

d. Meminta guru SLB atau guru pendamping khusus untuk mendatangi dan meyakinkan orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya.

e. Meminta aparat dinas pendidikan untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK.

Jawaban: A

6. Bayangkan suatu ketika Anda sedang berjalan bersama dengan anak Anda. Tiba – tiba ada orang memaki Anda secara tidak sopan, padahal Anda merasa tidak berbuat salah. Apa yang akan Anda lakukan?

a. Membalas makian orang itu agar agar anak melihat Anda bukan orang tua yang lemah dan mengajarkan pertahanan diri.

b. Menarik orang itu sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya membalas perlakuan ornag yang tidak benar.

c. Memberi pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaimana caranya menjaga harga diri.

d. Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari tempat agar anak belajar bagaimana caranya menghindari keributan.

e. Mengajak bicara baik – baik dan tegas agar anak melihat bagaimana caranya berkomunikasi dalam kondisi sengketa.

Jawaban: E

7. Ada siswa yang kurang bergairah belajar di kelas Anda. Terkait dengan hal ini, tindakan yang Anda lakukan sebagai guru adalah

a. Membiarkan saja karena sangat mungkin sesuai tersebut tidak berminat pada mata pelajaran.

b. Mengingatkan namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan fokus pada siswa – siswa lain yang menunjukkan kemajuan.

c. Membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikit.

d. Menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnya.

e. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat belajarnya.

Jawaban: E

8. Suatu ketika Anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. semua warga RT diundang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang datang ke rumah Anda adalah seornag warga paling miskin di RT. apa yang akan Anda lakukan?

a. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk di kursi yang telah disediakan.

b. Membiarkan tamu pertama itu mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga Anda perlakukan seperti itu.

c. Meminta tamu pertama tu duduk di kursi deretan paling depan untuk menghargai tamu yang datang paling awal.

d. Sembari menunggu tamu lainnya Anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang hal – hal ringan.

e. Mengajak tamu tersebut ke belakangdan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman.

Jawaban: A

9. Dalam pelajaran menuju sekolah, pola pemberhentian di perempatan Anda melihat siswa SMA pengendara motor berhenti melewati guru marka jalan. Anda akan melakukan apa?

a. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.

b. Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintas.

c. Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.

d. Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.

e. Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar tidak melakukan hal seperti itu.

Jawaban: C

10. Ketika Anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamannya, maka yang sebaiknya Anda lakukan…

a. Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahan.

b. Memberi nasihat kepada siswa tersebut untuk mrngganti jadwal ritual keagamaannya.

c. Menyerahkan keputusannya kepada siswa.

d. Memberi nasihat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut apakah akan mengikuti atau tidak.

e. Membolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran tambahan dan memberi kesempatan utnuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain.

Jawaban: E

Berikut tadi adalah beberapa soal yang mungkin bisa dijadikan acuan untuk mengerjakan Kumpulan soal pedagogik yang ada pada proses seleksi PPG.

Semoga teman-teman Guru diberi kelancaran dan kemudahan ketika mengerjakan kumpulan soal pedagogik yang sebelumnya sukar bisa dikerjakan dengan mudah.

Serta hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan yang didambakan, lolos dan bisa menjadi guru yang semakin berkompeten dan berintegritas.

Sekian dari penulis besar harapannya atas apa yang sudah ditulis bermanfaat untuk semua pihak.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Terima kasih. Penulis: Galih Pambudi




Share :

Baca Juga

News

Kecerdasan Emosional (EQ), Apakah Penting?

News

Jumlah Tenaga Honorer RI Usai MenPAN-RB Buka Data Baru, Ternyata Jumlahnya Segini

Edutainment

Ingin Menjadi Guru yang Asyik dan Menyenangkan? Simak Tipsnya
Cara daftar Beasiswa Unggulan

News

Cara Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka, Simak Penjelasannya

News

Selamat! PNS Akan Memperoleh 4 Tunjangan Tambahan Di Tahun 2024

News

Penilaian Angka Kredit Guru dan Pengawas Madrasah Makin Ringkas Berkat Aplikasi E-PAK RUPAWAN

News

PPPK Guru 2023 Akan Membuka Sebanyak 600 Ribu Kuota

News

Penting! Link Format SK Kenaikan Pangkat PNS Terbaru