Home / News

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:00 WIB

Lulusan PPG Prajabatan Bisa Langsung Jadi ASN PPPK dengan Syarat Ini

Dibaca 124 kali

Para lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan bisa langsung diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun ada beberapa syarat yang harus diikuti untuk itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Direktur PPG Andhika Ganendra saat menggelar Seminar Nasional PPG di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari Rabu, 15 Mei 2024 lalu.

Untuk para peserta seleksi ASN dengan status PPPK, meskipun sudah lulus, terkadang tidak bisa langsung diangkat atau mendapatkan SK pengangkatan. Pasalnya, mereka harus mengantri menunggu posisi kosong di daerah yang dilamar.

Namun para lulusan PPG Prajabatan tahun ini bisa langsung lulus dan segera mendapatkan SK pengangkatan dengan persyaratan tertentu, di antaranya adalah siap untuk ditempatkan di wilayah manapun di Indonesia.

“Sekali lagi saya bisa menjamin, sekali lagi saya bisa menjamin adik-adik langsung lulus jadi ASN tanpa harus mengantri,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi kampus UNY.

“Tapi untuk di Jogja ya sedikit, Jogja sedikit, Surabaya sedikit, yang banyak itu NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara itu banyak,” lanjutnya.

Mendengar pernyataan tersebut, banyak peserta seminar yang umumnya dari wilayah Yogyakarta dan sekitarnya kecewa karena harus siap bertugas di luar daerahnya. Hal tersebut bagi sebagian orang memang tidak mudah karena harus meninggalkan kota asalnya dan merantau ke ‘negeri’ orang.

Dan itu memang salah satu syarat yang harus dipenuhi jika memang ingin langsung diangkat sebagai PPPK tanpa antre seperti yang sering terjadi di pulau Jawa.

Jika tidak berani memenuhi syarat tersebut, para lulusan PPG Prajabatan tersebut harus siap-siap kecewa jika nantinya harus menunggu lama untuk diangkat sebagai PPPK.

Atau jika tidak ingin menjadi PPPK, bisa menjadi guru honorer dengan gaji 300 ribu perbulan.

“Kalau gak mau ya sudah, jadi guru honorer saja 300 ribu per bulan,” guraunya.

Sebagai seorang ASN memang harus siap ditempatkan di manapun. Sebab, pemerintah memang ingin melakukan penyebaran penempatan para pegawai pemerintah tersebut.

Namun jika ingin langsung mendapatkan penempatan dan diangkat langsung menjadi PPPK, jalan paling mudah adalah bersedia ditempatkan di daerah-daerah yang telah disebutkan di atas.

Halaman Selanjutnya

Jika memang mau ditempatkan di lokasi yang….

Share :

Baca Juga

News

Cara Evaluasi dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila

News

Hore! ASN Pindah IKN Akan Terima Tunjangan Khusus dengan Jumlah Menarik

News

Jenis Formasi Guru Yang Tidak Terserap Pada PPPK Guru 2022

News

Resmi, Pemerintah Siapkan Tunjangan Pensiunan Bagi PPPK

Karya Inovatif

Memahami Karakter Peserta Didik

News

Pahami Formasi CPNS dan PPPK 2022

News

Update Terbaru Pencairan Tunjangan Tambahan 1 Bulan dan Tamsil THR 2024

News

Aktivitas Tambahan yang Bisa Ubah Kondisi Guru Honorer