Home / News

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 19:00 WIB

Manfaat dari Adanya Pemberian Kartu Kredit Bagi PNS

Dibaca 422 kali

PNS – Dalam acara Pengarahan , Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dengan tegas meminta untuk menggunakan Kartu Kredit Domestik (KKP). Rencana ini harus direalisasikan pada tahun 2023. Alasannya diberi sebuah kartu kredit bagi para ini karena sebagai dari strategi mendorong belanja pemerintah dalam negeri.

“Kementerian Lembaga dan BUMN agar menggunakan kartu kredit pemerintah domestik pada Januari tahun 2023,” Ucap Luhut dalam acara Pengarahan Presiden RI kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda dan Kajati di Jakarta Convention Center, Kamis (29/9/2022).

Pemberian kartu kredit ini menjadi salah satu bagian dari enam terobosan pemerintah untuk mendorong belanja dalam negeri. Lima program terobosan lainnya dari pemerintah yaitu pertama, mengenai digitalisasi sistem belanja pemerintah. Kedua, penandatanganan pengadaan laptop buatan dalam negeri untuk pemerintah.

Ketiga, menyusun strategi internal masing-masing Kementrian dan Lembaga, , dan BUMN untuk mengurangi adanya impor. Keempat, pembekuan produk impor yang sudah bisa dibuat di dalam negeri. Serta yang terakhir yaitu kelima, pemebentukan platform pengadaan nasional terintegrasi.

Baca juga : Manfaat Dari Adanya Pemberian Kartu Kredit Bagi PNS

Kartu kredit domestik ini di inisiasikan oleh Kemenko Marves, Bank Indonesia dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).  Dalam penerbitan tahap awal yang dilakukan oleh bank Himbara yaitu terdiri dari (BNI, BRI, Bank Mandiri) dan direncanakan akan diperluas hingga ke Bank Pembangunan Daerah dengan dilakukan secara bertahap.

Berdasarkan kutipan langsung dari Bank Indonesia pada agustus yang lalu, KKP Domestik ini akan dijadikan sebagai sumber dana bagi satuan kerja untuk kebutuhan belanja operasiona maupun .  Sumber dana tersebut dapat digunakan baik secara di pusat dan di daerah. Skema pembayaran kartu kredit dari pemerintah ini pemrosesannya dilakukan secara domestik.

Baca Juga:  Informasi Terbaru Tunjangan dan Gaji PPPK Guru 2023

Pada tahap awal pengimplementasiannya KKP Dometik ini dilakukan melalui interkoneksi QRIS yang sudah didukung oleh 85 penyelenggara dan 20,3 juta merchant sehingga bisa langsung dilakukan. Adanya peraturan in merupakan bagian dari respon pada perintah Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia.

Artikel terkait : Apakah Gaji PNS Akan Naik 9 Juta Rupiah/

Pasalnya KKP Domestik ini sudah efektif untuk diimplementasikan sejak  1 September 2022. Menurut penuturan Direktur Eksekutif Deoartemen Komunikasi BI Erwin Haryono bahwa diterbitkannya KKP Domestik pada tahap awal ini berbasisis dana sumber dana kredit sehingga seluruh transaksi diproses dalam negeri.

Erwin juga mengatakan bahwa KKP Domestik dapat memfasilitasi belanja pengadaan Pemerintah melalui platform yang telah disediakan secara terpusat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKKP) pada Toko Daring. Adanya KKP Domestik ini menjadi ide yang sangat brillian dari pemerintah guna mesejahterakan PNS.

“KKP Domestik ini juga dapat meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, meminimalisasi uang tuan, mengurangi fraud dari transaksi tunai serta mengurangi idle cash, “ Ungkap Erwin dalam siaran pers (29/8/2022).

Himbara akan terus berkomitmen mendukung pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah supaya dapat meningkatkan efisiensi pemanfaatam APN/APBD dalam mendorong pertumbuhan serta kesejahteraan di sleuruh lapisan masyarakat.

Baca juga : Program Pendataan Guru Non-ASN Berakhir 30 September 2022

Secara teknis, KKP Domestik ini akan menjadi sumber dana bagi satuan kerja saat akan melakukan belanja barang/jasa produk dalam negeri dengan QRIS pada mobile banking seperti tiga bank Himbara yaitu BRImo, BNI Mobile Banking, dan Livin' by Mandiri.

Dirut Bank BRI sendiri yaitu Sunarso sekaligus Ketua Himbara mengatakan penerbitan KKP Domestik ini menjadi suatu bentuk dukungan bank-bank Himbara terhadap objektif Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Share :

Baca Juga

Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Selamat Bagi Para Tenaga Pendidik Atas Pencairan 2 Jenis Tunjangan Guru Hari Ini, Auto Full Senyum

News

Berikut Panduan Penilaian Kesesuaian Seleksi Guru PPPK 2022

News

Semua Guru Sertifikasi Dan Non Sertifikasi Wajib Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Tanggal 31 Januari 2024

News

Cara Mengoptimalkan Teknologi dalam Pembelajaran Era Kurikulum Merdeka

News

Gratis!!! Seminar Nasional Peran Guru Penggerak dalam Eksistensi Kurikulum Merdeka

News

Apakah PMM Wajib Untuk Guru Non ASN? Simak Disini

News

Guru Honorer Diangkat PPPK Pada Bulan November

News

Yuk Simak Perbedaan Metode dan Model Pembelajaran
Download Sertifikat Pendidikan Gratis