Home / Pengembangan Guru / PNS

Sabtu, 5 November 2022 - 16:35 WIB

Manfaat Menyusun Makalah Best Practice bagi Pendidik

Dibaca 1,372 kali

Menyusun makalah best practice merupakan salah satu proses pembelajaran bagi para pendidik untuk meningkatkan kualitas diri.

Sebab menjadi seorang guru bukanlah akhir dari proses belajar. Bahkan bagi para guru PNS, menyusun makalah best practice merupakan suatu program yang diperlukan untuk menjadi poin dalam peningkatan akumulasi angka kredit.

Bagi para guru non ASN, menyusun makalah best practice bukanlah sebuah kesia – siaan. Meski tidak tercatat dalam penambahan angka kredit, namun hal tersebut akan semakin menjadikan guru berbakat dalam aspek kepenulisan ilmiah selain jurnal.

Selain itu, ada banyak manfaat lain yang akan didapatkan oleh para guru. Lantas, apa manfaat lain yang bisa didapatkan dari penyusunan makalah best practice?

Ragam Manfaat Membuat Makalah Best Practice

Agar anda termotivasi untuk menyusun makalah, berikut beberapa makalah yang bisa anda dapatkan sekaligus :

1.    Meningkatkan Semangat Belajar

Idealnya, seorang individu perlu menjadi seseorang yang senantiasa memiliki semangat belajar. Semangat ini tentu tidak datang dengan sendirinya. Diperlukan adanya pemantik seperti kegiatan belajar, pelatihan, seminar serta hal lainnya.

Penyusunan makalah juga menjadi salah satu hal yang efektif untuk meningkatkan semangat belajar dalam diri. Pada awalnya, memang sedikit sulit. Sebab makalah berkaitan dengan penyusunan dalam bentuk karya ilmiah.

Sebagaimana para pelajar, menulis merupakan suatu aktivitas yang cukup meresahkan dan tak banyak yang menyenangi. Apalagi bila karya tulisnya harus merupakan karya tulis ilmiah. Wah, tentu membutuhkan riset yang lebih optimal serta data yang valid.

2.    Meningkatkan Prestasi

Selain itu, anda juga dapat meningkatkan prestasi serta nilai diri. Prestasi merupakan suatu hal yang membanggakan bagi para guru.

Apalagi di era Kurikulum Merdeka, anda perlu untuk senantiasa mengatur banyak strategi agar prestasi mudah diraih.

Di masa pandemi, ada berbagai pelatihan untuk meningkatkan prestasi. Salah satunya yakni terkait pertemuan bersama mengenai “penyusunan makalah best practice”. Misal, ada juga berbagai komunitas yang mendukung adanya pembuatan makalah best practice.

Halaman Selanjutnya

3.   Memperluas Koneksi…

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Keunggulan Penyusunan Perangkat Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

News

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) Penting Bagi Karir Guru

Pelatihan

Jenis Model Pembelajaran Interaktif bagi Peserta Didik
Ilustrasi Panduan Meneributkan Buku ber ISBN

Pelatihan

Keunggulan Menu Berbagi Bukti Karya di PMM

Pelatihan

Pengertian Animasi Pembelajaran dengan Plotagon

Pelatihan

Keunggulan Mengemas Media Pembelajaran yang Inovatif

Pelatihan

Pentingnya Mengelola Project Profil Pelajar Pancasila

Pelatihan

Cara Mengolah Project Profil Pelajar Pancasila