Home / Metode Pembelajaran

Senin, 8 Agustus 2022 - 13:19 WIB

Matematika Menjadi Pelajaran Menyenangkan

Dibaca 280 kali

Ilustrasi guru

Ilustrasi guru

Matematika – Menjadi seorang guru matematika tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Seperti yang telah terjadi di sekolah, bahwa masih banyak siswa yang tidak menyukai hitungan bahkan ada beberapa siswa yang secara terang-terangan menolak adanya pelajaran matematika ini. Meskipun mereka telah menyadari bahwa matematika merupakan pelajaran yang harus siswa pahami, tetap saja mereka tidak menyukainya.

Sebagai guru matematika tentunya ini menjadi tantangan tersendiri karena anda harus menanyakan alasan kepada setiap siswa yang tidak menyukai matematika serta hitungan lainnya. Serta ada harus bisa menumbuhkan minat belajar siswa terhadap matematika dengan mudah dan menyenangkan.

Baca Juga: Guru Pemula Perhatikan Ini Sebelum Mengajar

Tips Menumbuhkan Rasa Suka Siswa dengan Matematika

Setelah anda mengetahui berbagai alasan mengapa siswa tidak menyukai hitungan dan matematika. Tentunya sekarang waktunya anda mengubah cara padang mereka bahwa matematika bukanlah pelajaran yang sulit untuk siswa kerjakan dan pahami. Tapi ini akan menjadi menantang dan menjadi salah satu pelajaran yang menyenangkan.

Jika siswa tidak menyukai mata pelajaran ini bukan berarti mereka sepenuhnya benci pada mata pelajaran tersebut. Cobalah untuk mengajarkan mata pelajaran tersebut dengan metode yang dapat menarik perhatian siswa. Di bawah ini merupakan tips untuk menumbuhkan rasa suka siswa terhadap mata pelajaran matematika :

Metode Mengajar

  • Guru harus tetap bersemangat

Ketika siswa mendapat pelajaran dari guru yang bersemangat, maka itu akan menjadi sebuah asupan energi kepada siswa untuk lebih bersemangat pula. Hal ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan beberapa minat siswa dalam belajar hitungan ini. Karena seperti yang anda tahu bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang siswa takuti oleh setiap siswa karena harus berurusan dengan angka dan rumus.

  • Menemukan metode khusus dalam berhitung

Banyak dari siswa yang tidak menyukai hitungan yakni mereka berfikir bahwa hal tersebut akan sulit siswa pecahkan padahal banyak sekali cara yang bisa siswa lakukan. Cara berhitung tersebut merupakan hal yang sederhana dan tidak akan sulit jika siswa mengetahui metode pengerjaannya. banyak sekali cara berhitung siswa yang dapat memudahkan berhitung dan bisa guru ajarkan, salah satunya yakni dengan penggunaan sempoa.

Baca Juga: Guru Penggerak di Indonesia

  • Main game

Siswa akan sangat menyukai mata pelajaran hitungan ini dan pengerjaannya dengan cara bermain game. Karena umur yang masih dibilang belia tentunya lebih antusias jika menyangkut game. Maka dari itu game akan dibuat semenarik mungkin dan menantang. Game ini akan membuat siswa jadi tidak membosankan.

Nantinya siswa akan dibagi menjadi beberapa grup dan setiap siswa harus menjawab pertanyaan dan mendapat koin. Dengan diberikan imbalan poin dan hadiah, maka game tersebut akan semakin menarik perhatian siswa dan grup akan terus bersaing dalah mengerjakan soal supaya mereka menang dan mendapatkan poin serta hadiah.

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Kompetensi Guru

Merancang Asesmen Rubrik Pencapaian Dalam Projek P5, Disertai Contohnya!
pembelajaran berdiferensiasi

Metode Pembelajaran

Guru Mengajarkan Tentang Kejujuran
teaching at the right level

Metode Pembelajaran

Mengenal Konsep Teaching At The Right Level Secara Lengkap
teaching at the right level

Metode Pembelajaran

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka
tugas kepala sekola

Metode Pembelajaran

Guru Mengajarkan Keterampilan Diluar Pelajaran

Metode Pembelajaran

Urgensi Pembelajaran Mandiri bagi Siswa di Era Digital

Metode Pembelajaran

Menerapkan Konsep SOLE dalam Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Memahami Pembelajaran Eksperiential Learning melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila