Home / Karya Inovatif / News / Pelatihan

Minggu, 20 Februari 2022 - 21:40 WIB

Materi hari kedua Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

Dibaca 7,225 kali

Minggu, 20 februari 2022 telah dilaksanakan pertemuan kedua Diklat 35 JP  Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat. Pelaksanaan hari kedua Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer mengusung judul “Menemukan Ide Menulis dan Cara Mendapat Angka Kredit”. Diklat diselenggarakan Melalui zoom dan youtube.

Pelaksanaan diklat pada hari kedua ini dipandu oleh moderator Eka susiyanti. Dengan menghadirkan Narasumber kegiatan ibu Harna Yulistiyarini, S.Pd., M.Pd. sebagai guru matematika SMP Negeri 1 Tayu kabupaten Pati Jawa Tengah. Beliau memiliki prestasi juara 2 tingkat nasional PKMM PIMNAS DIKTI 2007, finalis PKM Artikel Ilmiah PIMNAS 2008. Sedangkan prestasi sejak menjadi guru sebagai finalis lomba inovasi alat peraga Nasional UNNES 2014, Juara 2 OSN guru matematika tingkat kabupaten 2015, dan sederet prestasi lainnya.

Ibu Harna Yulistiyarini juga berpengalaman sebagai narasumber BIMTEK penguatan PAK 2016, Instruktur Nasional guru pembelajar 2016, dan berbagai pengalaman pula. Dengan segudang pengalaman yang dimiliki Tentunya beliau sangatlah berpengalaman dalam bidang penulisan.

Pertemuan dimulai dengan survey  tentang topik yang akan para peserta tulis dalam artikel populernya dengan media yang interaktif melalui web mentimeter. Ibu Harna menjelaskan mengenai cara menuliskan ide menulis artikel. Ide bisa didapat dimana saja, kapan saja, dari siapa saja, dan apa saja.

Beliau memberikan contoh terkait topik yang pernah ditulis “Menanamkan Karakter peduli lingkungan melalui soal – soal Matematika. Ide tersebut muncul Ketika sekolah dimana ibu harna mengajar mengikuti lomba sekolah adiwiyata tingkat Nasional. Guru dituntut untuk melakukan penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH).

Contoh kedua yang diberikan tentang “Merancang penilaian yang menyenangkan untuk siswa di masa pandemic”. Ide ini didapat Ketika pembelajaran daring siswa merasa jenuh dan bosan dengan pembelajaran. Untuk mengatasinya ibu harna menggunakan media pembelajaran “Quizziz”. Langkah ini dilakukan agar siswa tetap menikmati proses pembelajaran dengan media yang interaktif.

Judul ketiga juga dipaparkan “Menelisik jejak orang Eropa di Kota Lumpia”.  Judul ini terinspirasi dari perjalanan ke kota semarang yang banyak berdiri bangunan Eropa yang menjadi saksi sejarah masa kependudukan bangsa Eropa di Indonesia.

Beliau juga memaparkan beberapa tema lain yang pernah ditulis. Ibu Harna menerangkan bahwa dalam meulis artikel tidak semua judul yang ibu Harna paparkan bisa digunakan untuk kenaikan pangkat. Ibu harna menjelaskan bahwa judul yang dipilih harus relevan dengan tupoksi masing- masing guru, kegiatan pembelajaran dan materi pelajaran.

Seorang guru yang ingin menulis karya untuk kenaikan pangkat perlu memahami buku 4 dan 5 Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Silahkan unduh dengan klik tombol berikut.

UNDUH

Pengertian Artikel Ilmiah Populer

Artikrl ilmiah popular adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau media massa online website resmi bukan blog). Berkaitan dengan upaya pengembangan profesi guru dan lebih banyak mengandung pengetahuan, ide, atau gagasan pengalaman guru yang menyangkut bidang Pendidikan.

Bukti fisik untuk penilaian

Perlu untuk mengumpulkan bukti fisik untuk penilaian kenaikan pangkat. Jika artikel diterbitkan di media cetak anda bisa menyertakan guntingan kliping asli yang memuat karya penulis, nama media massa, dan tanggal terbit. Lalu dilegalisir oleh kepala sekolah. Jika berupa fotokopi maka harus ada surat pernyataan keaslian dari kepala sekolah.

Dijaelaskan pula apabila artikel dimuat di media online anda perlu untuk mencetak website yang memuat karya penulis, nama media, dan tanggal terbit. Lalu disahkan oleh kepala sekolah.

Angka Kredit yang didapat

Alasan penolakan Karya Artikel Ilmiah Populer

  1. Tidak APIK (Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten) karena menjadi syarat agar publikasi ilmiah diterima
  2. Tidak ada pengesahan dan pernyataan keaslian dari kepala sekolah
  3. Tidak disertai guntingan kliping, fotokopi atau printout yang berisi karya, nama media, dan tanggal terbit.
  4. Lingkup penyebaran media massa tidak memenuhi syarat.

Pembahasan ditutup dengan pemaparan contoh pernyataan keaslian TTD Kepala sekolah. Sedikit kutipan disampaikan juga oleh ibu Harna “Tidak ada kiat yang paling jitu dalam menulis, kecuali tulis sekarang juga dan selesaikan tulisan sampai final”.

Materi hari kedua dapat diunduh dengan klik tombol dibawah

UNDUH

Klik untuk menuju artikel materi hari ketiga

 

Penulis : Lawu arunawang 085865988163
Info webinar gratis : linktr.ee/grupinfowebinar

Share :

Baca Juga

News

Apakah Guru Swasta Sertifikasi Terdapat Pemangkasan Gaji Bulanan? Berikut Penjelasannya

News

Pelatihan Bersertifikat 90JP : Implementasi Pembelajaran PAUD yang Berkualitas dengan Kurikulum Merdeka

News

Kelanjutan dari RUU Sisdiknas : Tunjangan Pasti Diupayakan

News

Cek Dari Sekarang, Besaran Tambahan Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2024

Pelatihan

Mengenal Menu Berbagi Bukti Karya di PMM

News

Jokowi Resmi Hapus Pegawai Honorer di 2024

News

Kenali Apa Itu NPSN? Cara Mudah untuk Mengeceknya

Pelatihan

Membuat Animasi Pembelajaran Melalui PowerPoint