Home / Karya Inovatif / Pelatihan

Rabu, 23 Februari 2022 - 21:28 WIB

Materi Hari Kelima Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

Dibaca 2,065 kali

Pertemuan terakhir Diklat 35JP : menulis artikel populer. Setelah empat hari dilaksanakan kegiatan diklat, tidak mengurangi antusias peserta untuk belajar bersama. Peserta mengikuti melalui zoom dan youtube.

Diklat dipandu oleh Maman Firmansyah sebagai moderator. Dengan narasumber yang sama dengan hari peratam dana keempat bapak Haris Suhud. Pembahasan terakhir mengangkat topik Publikasi karya artikel populer. Tiga topic utama yang dibahas pada pertemuan terakhir yaitu tips menulis, cek kualitas tulisan dan publikasi

 Tips menulis

  1. Gunakan kalimat pendek

Dalam menulis artikel populer usahakan menggunakan kalimat yang pendek atau ringkas. Karena ketika tulisan dibaca perlu menggunakan nafas, jadi kalimat yang ditulis perlu jeda dengan titik atau koma. Dengan jeda tersebut akan membuat pembaca lebih nyaman membaca tulisan yang kita tulis.

Selain itu paragraph juga bisa dibuat lebih pendek. Penulisan per paragraph bisa diisi dengan dua samapi tiga kalimat dalam satu paragraph. Lalu bisa dilanjutkan ke paragraph selanjutnya. Ini juga menjadi perhatian apabila karya yang kita buat akan dimuat dalam media online.

Karena suasana ketika membaca dalam media digital dengan buku akan berbeda. Apabila tulisan dengan kalimat yang menumpuk akan membuat tampilan kurang begitu nyaman. Juga akan memengaruhi psikologi pembaca dengan anggapan terlalu berat untuk dipahami.

  1. Menulislah sesuai gaya bertutur

Ketika menulis dengan karakter yang kita miliki, akan membuat apa yang ingin kita sampaikan akan lebih mudah tersampaikan oleh pembaca. Namun dalam menentukan karakter ini akan sulit dilakukan ketika sedang belaajr menulis.

Akan tetapi dengan berjalannya waktu kita perlu memiliki karakter tersendiri dalam menulis. Jadi upayakan didalam menulis smaakan dengan gaya kita dalam bertutur.

  1. Gunakan kamus besar abhasa Indonesia (KBBI)

Di era digital seperti ini kita tidak perlu membuka kamus KBBI. KBBI berfungsi ketika kita meragukan beberapa kata atau kalimat tertentu. Kita bisa mengakses KBBI secara online.

  1. Hindari kesalahan umum

Dalam menghindari kesalahan umum dalam menulis, erat kaitannya dengan penggunaan KBBI. Sering kali kata yang kita tidak sadari ternyata salah. Untuk menghindari kesalahan tersebut kita dapat mengecek melalui KBBI.

Anda bisa mengecek kata yang menurut anda ragu di KBBI yang telah disediakan oleh KEMENDIKBUD. Apabila anda memasukkan kata kedalam web tersebut dalan muncul kalimat “entry tidak ditemukan” maka kata yang anda masukkan tidak sesuai dengan KBBI.

Penggunaan kata hubung seperti Di- juga banyak ditemukan kesalahan dalam penulisan. Di- dapat digunakan untuk menunjukkan kata tempat dan juga digunakan untuk kata pasif. Untuk kata pasif penggunaan kata Di- perlu disambung. Sedangkan untuk kata tempat, penggunaan kata Di- perlu diberi jarak.

Kesalahan kecil tersebut perlu dihindari apabila anda ingin menjadi penulis professional. Untuk menjaga reputasi anda sebagai penulis.

Cek Kualitas Tulisan

  1. Cek Ejaan via Google Doc. Dapat digunakan untuk memeriksa ejaaan yang salah dan memberikan masukan kata. Selain itu juga bisa digunakan penyimpanan online sehingga naskah mudah diakses
  2. Cek Skor Plagiasi. Penting dilakukan sebelum publikasi untuk mengecek originalitas karya tulis. Alat yang bisa digunakan di antaranya : duplichecker.com, smallseotool.com.

Publikasi

Setelah kita membuat tulisan dan selesai mengecek kualitas tulisan, kita bisa melakukan publikasi. Cara untuk menghubungi media massa adalah sebagai berikut :

  1. Cari kontak media massa yang akan dituju sebagai media publikasi artikel ilmiah populer
  2. Sesuaikan kecenderungan media massa dengan artikel yang dikirim.

Pembahasan ditutup dengan tanya jawab bersama peserta Diklat.

 

 

Penulis : Lawu arunawang 085865988163
Info webinar gratis : linktr.ee/grupinfowebinar

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Cara Membuat Presentasi yang Lebih Interaktif dengan PowerPoint

Pelatihan

Mengintegrasikan Artificial Intelligence dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran

News

Segera Daftar Pelatihan Gratis Bersertifikat 32JP : Peningkatan Kompetensi Pendidik Untuk Menyambut Tahun Pelajaran Baru

Pelatihan

5 Teknik Desain Slide untuk Membuat Presentasi yang Lebih Menarik dengan PowerPoint

Pelatihan

Keuntungan Upload Praktik Baik Aksi Nyata PMM

Pelatihan

Mendesain Kelas Interaktif dengan Metode Gamifikasi

News

Segera Daftar Webinar Gratis “Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru”

Karya Inovatif

Besaran Angka Kredit Karya Inovatif