Home / Karya Inovatif / News / Pelatihan

Minggu, 20 Februari 2022 - 09:05 WIB

Materi hari pertama Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

Dibaca 21,016 kali

Pada malam Sabtu, 19 februari 2022 telah dimulai hari pertama Diklat 35 JP  Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat. Diklat ini diselenggarakan oleh naikpangkat.com dan didukung oleh eGuru.id.

Pertemuan hari pertama dibawakan oleh moderator maman firmansyah. Dengan menghadirkan narasumber Moh. Haris suhud sebagai pimpinan redaksi naikpangkat.com. Pembahasan dengan tema “Menulis artikel popular untuk kenaikan pangkat”.

Tujuan dari diklat ini dipaparkan dengan harapan peserta mampu menulis artikel popular, peserta memahami jenis publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat, dan peserta mampu memahami mekanisme pengajuan artikel popular untuk mendapatkan angka kredit.

Pembahasan ditekankan tentang seberapa pentingnya kemampuan menulis artikel popular untuk seluruh pendiidk di Indonesia. Kita dapat mampu menuangkan gagasan, ide, opini terkait apa saja dalam bentuk tulisan yang enak dibaca.

Keunikan artikel popular sendiri juga menjadi ciri yang membedakan dengan jenis tulisan lainnya. Tulisan yang digunakan menggunakan tulisan POP sehinagga tulisan akan lebih mudah dipahami oleh pembaca kalangan umum.

Selain itu, artikel popular juga berguna sebagai guru yang bisa diajukan untuk kenaikan pangkat dengan angka kredit senilai 1,5. Dengan kemampuan menulis juga berguna bagi guru untuk menulis berbagai karya ilmiah seperti best practice dan Penelitian Tindakan kelas (PTK).

Bapak hari suhud juga mengutip kutipan dari Pramoedya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Kutipan ini diharapkan sebagai pemicu semangat bagi peserta Diklat untuk mulai menulis.

Pembahasan dimulai dengan penjelasan mengenai Jenis karya tulis yang dibedakan menjadi 3 kategori yaitu:

  1. Karya tulis Fiksi (puisi, novel, cerpen, dan komik)
  2. Karya tulis Ilmiah (jurnal, skripsi, tesis, dan laporan penelitian)
  3. Karya tulis popular (opini, feature, dan berita)

Sedangkan perbedaan dari ketiga kategori diatas sebagai berikut:

  1. Karya tulis Fiksi (imaginative, Bahasa kiasan, dan gaya penuliasan bebas)
  2. Karya tulis Ilmiah (objektif, bahasa formal, struktur baku, gaya penulisan terstandar, banyak istilah teknis)
  3. Karya tulis popular (subjektif/objektif, Bahasa fleksibel, Struktur piramida terbalik, Standar penulisan bebas, Kosakata popular)

Materi dilanjut dengan pengertian dari artikel. Berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artikel berarti Karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, media online dan sebagainya. Populer memiliki arti Dikenal dan disukai orang banyak (umum), Sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya; mudah dipahami orang banyak, disukai dan dikagumi orang banyak. Sehingga ditarik kesimpulan artikel popular berarti sebuah tulisan lengkap yang mudah disukai, dipahami dan dibutuhkan oleh masyarakat umum.

Pembahasan dilanjut dengan Struktur dari artikel populer. Struktur artikel popular menggunakan struktur piramida terbalik. Dengan posisi paling atas ada “headline” yang mewakili seluruh tulisan dengan kalimat menarik. Dibawah ada “Lead” (teras judul), Alenia pertama yang menggugah minat membaca. Sesuatu yang penting: fakta, kontroversial, pertanyaan, sesuatu yang baru. Selanjutnya “Body” yang membahas detail pembahasan sesuai lead. Dan yang terakhir “Leg” berisi penutup, rekomendasi, dll.

Selanjutnya bapak Haris Suhud memberikan contoh tulisan dari Harna Yulistiyarini, S.Pd.,M.Pd. seorang Guru SMP N 1 Tayu dengan judul “Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Soal-Soal Matematika”. Tulisan ini diunggah di web naikpangkat.com. bapak haris suhud memberikan komentar terkait artikel “judul ini pendek, menarik dan saya rasa  dapat menarik minat pembaca untuk membaca lebih lengkap artikel ini.” Dilanjut dengan pembahasan keseluruhan artikel.

Pertemuan ditutup dengan tanya jawab dengan peserta diklat. Diklat akan dilanjutkan di hari berikutnya tanggal 20 februari 2022.

Terimakasih atas antusiasme peserta yang telah mengikuti kegiatan diklat di hari pertama. Silahkan downloah materi pertam dengan klik tombol unduh.

Unduh

Sampai jumpa lagi di pertemuan selanjutnya. “Guru Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar”.

Klik untuk menuju artikel materi hari kedua

 

Penulis : Lawu arunawang 085865988163
Info webinar gratis : linktr.ee/grupinfowebinar

Share :

Baca Juga

News

2 Masalah Pendidikan Paling Fundamental Saat Ini

News

Inilah Waktu Pengangkatan Honorer Jadi ASN, Setelah RUU ASN Disahkan

News

PNS dan PPPK full Senyum dibulan APRIL Banyak Tunjangan yang Akan Cair

News

Dupak Guru

Karya Inovatif

Pembelajaran Berbasis Lingkungan

News

3 Jenis Asesmen yang Wajib Dipahami Guru

News

Siap – Siap Ada Tunjangan Khusus Guru Sebesar Rp1,5 Juta dari Pemerintah

News

Apakah PPPK Bisa Mutasi? Berikut Syarat dan Aturannya