Home / Karya Inovatif

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:49 WIB

Memanfaatkan Virtual Reality dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Dibaca 321 kali

Virtual Reality – Munculnya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 menyebabkan berbagai kegiatan dimanapun terpaksa harus dibatasi serta harus dilakukan dari dalam rumah atau sering dikenal dengan istilah Work Form Home (WFH). Hal ini juga terjadi pada kegiatan (KBM) yang juga terpaksa harus dilakukan dari rumah. dalam belajar mengajar ini tidak bisa dilakukan dalam satu ruangan.

Maka dari itu, harus ada komunikasi yang erat antara guru dan secara langsung melalui ponsel dan juga akan menimbulkan berbagai masalah. Ketika kegiatan virtual reality harus menjadi untuk menyambungkan permasalahan dalam bidang . Sebelum membahas lebih jauh, mari mengenal lebih dalam tentang virtual reality.

Baca Juga: Pahami Formasi CPNS dan PPPK 2022

(VR) adalah kloning dunia nyata dalam ruang maya

Virtual reality atau lebih sering dikenal dengan sebutan VR merupakan sebuah teknologi masa kini yang bertujuan untuk menirukan dunia nyata melalui duia maya. Ini merupakan hal yang menarik, VR ini sangat membantu siswa untuk merangsang otak untuk mengetahui berbagai pengetahuan dunia pendidikan. Melalui VR siswa dapat dengan mudah untuk memperoleh pengetahuan tanpa harus adanya interaksi atau mendatangi sebuah tempat. Dalam VR juga dapat digunakan guna memudahkan atau menghidupkan pendidikan yang mungkin saja dapat membosankan bagi siswa.

VR mempunyai manfaat dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) yang sangat menarik perhatian. Di bawah ini ada beberapa tips untuk memanfaatkan virtual reality dalam kegiatan belajar dan pembelajaran bagi para guru. Simak penjelasan berikut :

Baca Juga:  Media Pembelajaran Berbasis Digital, Jenis dan Contoh

dan perlatan yang dibutuhkan harus disiapkan

Tips utama dalam menerapkan VR dalam KBM yakni dapat menyiapkan berbagai aplikasi serta peralatan yang dibutuhkan. Peralatan tersebut diantaranya adalah :

  • File film 3 dimensi (3D untuk menonotn film gambar yang 3D).
  • Ponsel dengan spesifikasi Dual Core.
  • Aplikasi AAA VR Cinema Cardboard 3D SBS by Candlify Technologies.
  • Google Cardboard.

Menyiapkan ponsel android

Cara memeriksa ponsel yang memiliki virtual reality yakni dengan mengunduh salah satu aplikasi VR dalam Google Cardboard. Jika anda masih bingung, coba untuk memutar dan memiringkan ponsel dalam beberapa arah. Jika layar dapat mengikuti arah gerakan yang dilakukan oleh anda maka ponsel yang anda miliki dapat mendukung VR karena memiliki sensor gyro di dalamnya.

Baca Juga: Jenis Pelamar yang Akan Dipermudah Dalam Seleksi PPPK

Mempersiapkan file 3 dimensi

Sebelum menggunakan virtual reality di KBM, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu bahwa anda memiliki file film 3 dimensi. Dengan adanya file ini, dapat dicari ataupun anda dapat membeli di internet. Jika file 3D akan diputar dan akan terbagi dua bagian yakni kiri kanan, atas dan bawah. Jika anda hanya ingin melihat video biasa, maka anda tidak perlu lagi menyiapkan file 3D.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Pembelajaran Menarik Menggunakan Video Pembelajaran Interaktif

Karya Inovatif

Pembelajaran Berbasis Lingkungan

Karya Inovatif

Free Diklat 40JP : Trik Mudah Menyusun KTI INOBEL

Karya Inovatif

Membuat Best Practice untuk Kenaikan Pangkat

Karya Inovatif

Pelatihan bersertifikat 32JP Membuat Website Personal dengan Canva

Karya Inovatif

Materi Hari Keempat Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka

Edutainment

Inovasi Pembelajaran Dengan Teknologi Dalam Merdeka Belajar

Karya Inovatif

Cara Membuat Video Profil Sekolah yang Menarik Perhatian
Download Sertifikat Pendidikan Gratis