Home / News

Kamis, 28 Juli 2022 - 21:02 WIB

Mengenal ANBK : Pengertian hingga Jadwal Pelaksanaannya

Dibaca 1,089 kali

ANBK – Jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk peserta didik jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK tahun 2022 dimulai pada 1 Agustus 2022. Sebelum pelaksanaannya di mulai, tidak ada salahnya jika kita memahami pengertian dan jadwal pelaksanaannya.

Dilansir dari laman Kemendikbud, Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional berbeda dengan Ujian Nasional. Pada Ujian Nasional, penilaian berfokus pada aspek kognitif peserta didik. Sedangkan pada Asesmen Nasional penilaiannya bersifat menyeluruh baik kognitif maupun non-kognitif. Bahkan penilaian dilakukan hingga ke kualitas lingkungan belajar yang dimiliki oleh setiap sekolah.

Program ANBK dapat dilaksanakan secara online atau semi online. ANBK online dilaksanakan dengan menggunakan akses internet yang stabil menggunakan komputer proctor untuk membuka token. Sedangkan pada ANBK semi online, komputer tidak membutuhkan internet secara langsung, tetapi akan terhubung dengan komputer proctor yang memiliki akses internet.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:
  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) peserta didik.

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

  •  Survei Karakter

Survei karakter digunakan untuk mengukur sikap, keyakinan, kebiasaan, dan nilai yang mencerminkan karakter peserta didik.

Pada tahap survei ini juga untuk mengukur enam karakter profil pelajar pancasila, yaitu:

1) Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia;

2) Berkebhinekaan global;

3) Bergotong royong;

4) Mandiri;

5) Bernalar kritis;

6) Kreatif.

  • Survei Lingkungan Belajar

Survei lingkungan belajar digunakan untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Halaman Berikutnya

Tujuan Asesmen Nasional

Share :

Baca Juga

jenis asesmen kurikulum merdeka

News

Nilai Ambang Batas PPPK Bakal Diubah? Berikut Informasinya

News

Skema Baru PPG Daljab 2024, Manfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM)

News

Mengenal Kurikulum Prototipe sebagai Kurikulum Berbasis Projek

News

Pembaruan Baru Pada Aplikasi Dapodik

News

Terbaru! Tunjangan Khusus Guru Capai Rp 9 Juta
teaching at the right level

Metode Pembelajaran

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka

News

Lulusan PPPK 2023 Harus Lalui Ini Dahulu Untuk Peroleh Tunjangan

News

Daftar Segera Diklat 35 JP “Merancang Media Pembelajaran Terbaik Masa Depan untuk Ciptakan Pembelajaran Kreatif”