Home / Media Mengajar

Kamis, 7 Juli 2022 - 07:50 WIB

Mengenal Media Podcast untuk Pembelajaran

Dibaca 542 kali

Media Podcast merupakan media yang sekarang sedang trend di kalangan generasi. Biasanya Podcast bisa diakses melalui beragam aplikasi seperti Instagram, Youtube maupun aplikasi Spotify.

Hadirnya Podcast dalam kehidupan sejatinya sudah menciptakan adanya kehidupan baru pada ranah komunikasi.

Perlu diketahui, bahwa Podcast merupakan suatu rangkaian dari kumpulan audio maupun suara yang sifatnya digital dan dapat didownload kapan saja oleh semua kalangan pengguna. Bahkan juga bisa didengarkan dimanapun dan kapanpun.

Dalam pendidikan, media podcast dapat difungsikan sebagai media untuk bisa mengumpulkan beragam konten audio yang menarik. Konten ini nantinya bisa diberikan kepada para peserta didik sebagai bekal pengetahuan atau menjadi media yang bisa dijadikan sumber tambahan belajar.

Peserta didik nantinya dapat memutar ulang konten materi tersebut. Dengan adanya konten podcast seperti demikian, maka akan lebih banyak membantu mereka untuk paham definisi musik sesungguhnya.

Selain itu, kehadiran media podcast juga bisa meningkatkan beragam kemampuan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasar penelitian, podcast sendiri secara tidak langsung akan meningkatkan aspek pengetahuan, cara berbicara, bahasa, tata bahasa, maupun kepercayaan diri pada penggunaan kosakata baik bersifat akademis maupun semi – akademis.

Bahkan peserta didik juga dapat menjadi narasumber dalam podcast yang akan dibuat oleh para guru untuk meningkatkan daya tarik.

Manfaat Menggunakan Media Podcast

Ada beragam manfaat yang bisa peserta didik dapatkan pada saat mereka menggunakan media podcast.

Perlu diketahui, bahwa dengan menggunakan podcast, maka peserta didik dapat mengakses konten tanpa anda batasan waktu tertentu.

Bahkan podcast bisa anda unduh kedalam ponsel dan membukanya ketika butuh untuk

mempelajarinya lebih dalam. Sebagai guru, jika konten tersebut berisikan pribadi dan hanya diperuntukkan bagi peserta didik saja, maka konten bisa diprivat dan dikhusukan anak sekolah. Podcast juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan ujian baik ujian harian maupun secara nasional.

Dengan memasukkan konten materi pada akun podcast, maka secara tidak langsung peserta didik dapat menentukan kecepatan belajar mereka secara individu. Sebab biasanya materi yang baru pertama kali tersampaikan di kelas tidak akan bisa langsung diterima oleh peserta didik.

Pendidikan merupakan suatu hal yang senantiasa mengalami perubahan. Salah satu faktor yang menjadikan perubahan tersebut ada yakni kehadiran teknologi yang semakin hari bertambah canggih.

Kecanggihan tersebut jika tidak dimaksimalkan, rasanya sayang sekali. Apalagi jika teknologi dikombinasikan dengan pendidikan, maka akan menjadi suatu kolaborasi yang bisa menggebrak kehidupan.

Salah satu teknologi yang bisa digunakan yakni media podcast. Podcast dapat digunakan sebagai media pembelajaran dimana aksesnya hanya bermodalkan kuota internet dan pemahaman saja.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Macam-macam Sumber Belajar untuk Siswa

Media Mengajar

Mengenal Learning Loss dan Cara Mengatasinya

Edutainment

Metode Resitasi. Pengertian, Tujuan, Jenis dan Langkah

Media Mengajar

Strategi Pembelajaran E-Learning di Era Digital
Tunjangan Pegawai Pemerintah

Media Mengajar

Computational Thinking dan Kaitannya dengan Pendidikan

Media Mengajar

Macam-macam Administrasi Guru yang Harus Disiapkan oleh Guru di Sekolah

Kesiswaan

Penanaman Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar

Kesiswaan

Cara Mengatasi Siswa yang Tertinggal Materi Selama PJJ