Home / News

Sabtu, 30 Juli 2022 - 06:37 WIB

Mengenal Model Pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)

Dibaca 4,179 kali

Model Pembelajaran PAIKEM ­– Keberhasilan pembelajaran tidak terlepas dari model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan guru adalah PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

Pembelajaran PAIKEM memungkinkan peserta didik untuk mengerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilannya. Dalam pembelajaran PAIKEM, guru dapat menggunakan berbagai sumber dan alat bantu (termasuk pemanfaatan lingkungan), agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.

Model pembelajaran ini juga fokus memberikan berbagai kegiatan pengembangan karakter dalam bersikap, berpikir, mengasah keterampilan, serta mengajarkan peserta didik untuk bertanggung jawab.

Mengapa Model Pembelajaran PAIKEM Penting?

Terdapat beberapa alasan mengapa pembelajaran PAIKEM perlu diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu sebagai berikut:

– Pembelajaran PAIKEM memungkinkan guru dan peserta didik untuk sama-sama aktif. Guru dapat aktif mengarahkan kemampuannya untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran yang bermakna, sedangkan peserta didik terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan begitu, suasana membosankan untuk mengikuti pembelajaran dapat hilang.

– Pembelajaran dengan menggunakan PAIKEM menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyajikan proses pembelajaran. Dengan begitu, peserta didik akan lebih aktif dan kreatif dalam berinteraksi dengan guru maupun teman sebayanya untuk mengeksplorasi pengetahuan sehingga hasil pembelajaran akan meningkat.

Halaman Berikutnya

Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM

Share :

Baca Juga

Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Bapak/Ibu Guru Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 23 Januari 2024

News

Cuti Hamil dan Cuti Lain, Apakah Tunjangan Sertifikasi Guru Tetap Cair?

News

Terbaru! Tidak Semua Non ASN Diangkat Menjadi PPPK Paruh Waktu
Mendaftar Guru Penggerak

News

Ketahui Syarat Penting Sebelum Mendaftar Guru Penggerak

News

Kebijakan Terbaru Kemdikbud Mempermudah Guru Penggerak Jadi Kepala Sekolah

News

Simak Syarat dan Kriteria agar Sekolah Menerima Bantuan Dana BOS !!!

News

Selamat! Honorer Akan Peroleh Uang Pensiunan, Ini Penjelasan MenPAN-RB
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Kapan Masa Pengisian DRH NI PPPK 2023? Ini Dia Jadwal Terbarunya