Standar Penilaian Kurikulum Merdeka menekankan pendekatan yang holistik dan berbasis kompetensi. Kurikulum Merdeka mengenai penilaian pendidikan memiliki beberapa prinsip yang perlu dipahami oleh para guru.
Asesmen sebagai Bagian Terpadu dari Pembelajaran
Hasil asesmen perlu disajikan secara jelas dan informatif.
Asesmen sebagai Bahan Refleksi:
Hasil asesmen digunakan untuk refleksi dan perbaikan proses pembelajaran.
Bentuk standar penilaian kurikulum merdeka dari hasil pembelajaran peserta didik yaitu berupa penilaian formatif dan penilaian sumatif.
Asesmen Formatif adalah penilaian yang dilakukan untuk memberikan informasi atau umpan balik kepada guru maupun siswa agar dapat memperbaiki proses belajar.
Guru menggunakan asesmen formatif untuk:
- Mengidentifikasi kebutuhan belajar murid.
- Menyesuaikan rencana pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan murid.
- Memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka.
Jadi, asesmen formatif merupakan bagian integral dari proses pembelajaran yang membantu siswa dan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Asesmen sumatif adalah bentuk evaluasi yang dilakukan di akhir suatu periode pembelajaran atau rangkaian materi. Ini memberikan gambaran menyeluruh tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Asesmen ini dilaksanakan pada akhir suatu periode pembelajaran, yang dapat berupa semester, tahun ajaran, atau unit pembelajaran tertentu. Jadwal penilaian sumatif ditentukan oleh kebijakan sekolah atau sistem pendidikan yang berlaku.
Penting bagi para guru untukmemegang rubrik penilaian sebagai dasar penilaian pada siswa.