Home / Metode Pembelajaran

Kamis, 20 Oktober 2022 - 15:58 WIB

Mengenal Teknik Hypnoteaching untuk Pendalaman Materi Ajar

Dibaca 298 kali

Teknik hypnoteaching untuk pendalaman materi ajar sangat penting diketahui. Sebab, pembelajaran yang ideal tentu akan menjadikan para siswa lebih mudah dalam mencapai target ketercapaian. Namun, adakalanya ketercapaian tersebut tak berjalan secara maksimal.

Hal tersebut tentu saja terjadi karena beberapa faktor misalnya dari segi penerimaan pembelajar yakni adanya perbedaan penyerapan pengetahuan, kemampuan literasi maupun motivasi siswa.

Di sisi para pengajar, beban administrasi dan pembelajaran yang diberikan lembaga terkait terkadang juga bisa menjadi faktor terhambatnya ketercapaian target siswa.

Jika dibiarkan, maka para siswa tidak dapat mengikuti ketercapaian target. Memang, pada Kurikulum Merdeka, siswa tidak boleh dipaksakan untuk meraih target jika tidak sesuai dengan kemampuannya.

Bahkan terkesan siswa harus didukung dan melanjutkan perkembangannya. Hanya saja, proses pembiaran tersebut tentu bukanlah hal yang baik.

Sebab alih – alih membuat siswa berkembang, malah menjadikan mereka statis. Agar siswa tetap dapat mencapai target pembelajaran, maka ada beberapa strategi yang bisa diperlakukan. Salah satunya yakni dengan menggunakan teknik hypnoteaching. Lantas, seperti apa teknik tersebut?

Definisi Teknik Hypnoteaching

Sederhananya, hypnoteaching merupakan suatu inovasi pada metode pembelajaran yang mengimplementasikan pemberian sugesti positif. pemberian sugesti tersebut ditujukan agar dapat menjangkau alam bawah sadar siswa.

Metode tersebut merupakan perpaduan dari teknik hipnosis, psikologi, teknik pengajaran maupun komunikasi yang terjadi di lingkungan pembelajaran.

Prosedur penjelasan yang biasa dilakukan yakni dengan memberikan penjelasan maupun arahan melalui pelafalan bahasa bawah sadar alias persuasif. Tentu saja, bahasa tersebut akan memberikan ketertarikan tersendiri bagi siswa.

Hypnoteaching berasal dari dua kata yakni kata teaching dan hipnosis. Kedua kata tersebut merupakan ilmu berkomunikasi dalam proses belajar mengajar dimana para guru dapat mengeksplorasi alam bawah sadar sehingga siswa bisa lebih relaks dan fokus untuk bisa menyerap materi pembelajaran yang ada.

Halaman Selanjutnya

Manfaat Menggunakan Hypnoteaching…

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

3 Metode Mengajar yang Wajib Dicoba di Era Kurikulum Merdeka

Edutainment

Program Gratis Bersertifikat 4JP Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Metode Pembelajaran

5 Fakta Menarik Metode Pembelajaran MIKIR yang Efektif Bangkitkan Semangat Belajar Anak

Metode Pembelajaran

Guru Perlu Memahami Beberapa Karakter Siswa

Media Mengajar

Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

Memahami Pembelajaran Eksperiential Learning melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Metode Pembelajaran

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

Mengenal Jenis Model Pembelajaran