Home / Kompetensi Guru

Rabu, 24 Agustus 2022 - 11:19 WIB

Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Public Speaking untuk Menunjang Pembelajaran di Sekolah

Dibaca 227 kali

Kemampuan GuruKemampuan guru untuk berbicara di depan umum adalah kemampuan yang umum dan mendasar bagi pengajar. Maka dari itu memiliki pengetahuan dalam disiplin ilmunya saja itu tidak cukup. Di sisi lain kemampuan guru dalam public speaking yang bagus untuk komunikasi pada muridnya maksimal.

Kemampuan Guru dalam Suara Ketika Berbicara

Suara itu dikeluarkan oleh mulut anda ketika berbicara. Hal ini juga berarti hampir setiap suara yang di keluarkan dari mulut kita mempunyai aspek dan arti yang sangat mudah untuk dibentuk dan disesuaikan. Setelah itu juga bisa anda kembangkan seperti adanya intonasi dan penekanan.

Seorang guru harus mengolah voice (suara) mereka untuk kepentingan pembelajaran agar suara terdengar jelas dan lantang. Selain itu juga suara yang lantang dan jelas ini akan nyaman di telinga peserta didik. Tujuannya supaya mudah untuk memahami pelajaran yang sedang disampaikan.

Jadi suara yang dikeluarkan itu tidak asal keras dan lantang saja. Namun harus dibatasi dengan melihat ruangan kelas, banyaknya murid dan juga topik yang sedang dibicarakan. Aspke lainnya dalam suara ini yang harus diperhatikan itu juga adalah kejelasan, penekanan, dan juga bahasa yang tepat.

Selanjutnya, kecepatan berbicara bagi seorang guru sebaiknya antara 100-150 kata per menit. Artinya, jika guru berbicara kurang dari 100 kata per menit, maka guru tersebut termasuk kedalam golongan pembaca yang lambat. Namun, jika jumlah kata yang guru ucapkan 100-150 kata per menit maka guru tersebut termasuk kedalam pembaca yang baik sehingga dapat menguasai kelas.

Gestur Tubuh untuk Mendukung Public Speaking

Potensi diri kedua yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah gestur tubuh. Seorang pendidik (guru) yang hanya berdiam diri atau mematung didepan kelas akan terlihat kaku dan akan membuat peserta didik yang duduk dibagian sudut belakang akan kurang memperhatikan dan terperhatikan. Dengan gestur tubuh dan gerakan yang berpindah-pindah yang dilakukan oleh guru merupakan salah satu strategi untuk memastikan bahwa setiap semua peserta didik tetap dalam kendali seorang guru.

Maka, seharusnya seorang guru selalu berpindah posisi selama proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan juga ada kalanya sesekali guru berdiri didepan kelas jika perlu menjelaskan sesuatu yang ada pada media mengajar ataupun meulis dipapan tulis.

Sebaiknya, jika menjelaskan pelajaran guru harus aktif berpindah dari sisi satu ke sisi lainnya. Seperti contoh, guru sesekali berjalan dari arah kiri sudut depan kelas lalu sudut kanan depan kelas ataupun sebaliknya. Lalu, sesekali juga guru masuk ke celah-celah tengah untuk mengamati aktivitas belajar jika ada pelajaran yang mengharuskan peserta didik berkelompok dan berdirilah di belakang kelas untuk melihat peserta didik ketika menjelaskan sesuatu didepan kelas.

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Kompetensi Guru

Contoh – Contoh Pengembangan Topik Projek P5 Semua Jenjang

Kompetensi Guru

Beasiswa Pelatihan Digital : Baparekraf Digital Telent 2022 Tahap 2

Edutainment

Cara Mengisi Form Observasi Guru untuk Penilaian Disertai Contoh Isian yang Bisa Didownload pada PMM

Kompetensi Guru

Animasi Pembelajaran dengan PowerPoint

Kompetensi Guru

7 Komponen Penting dalam Pembuatan Modul Pembelajaran

Kompetensi Guru

Syarat Masuk Dapodik Sekolah Negeri Untuk Guru SD, SMP, SMA

Edutainment

Cara Membuat Materi Ajar Otomatis menggunakan Google Bard AI

Kompetensi Guru

GRATIS Bersertifikat 32 JP! Diklat Strategi Penerapan Model Pembelajaran Kurikulum Merdeka