Home / Edutainment / Kompetensi Guru / Pengembangan Guru

Rabu, 21 September 2022 - 20:55 WIB

Menulis Artikel Ilmiah pada Pembelajaran era Kurikulum Merdeka

Dibaca 3,130 kali

Artikel Ilmiah – Pada penerapan Kurikulum Merdeka, siswa dan guru diminta untuk dapat secara bebas belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan karakter Profil Pelajar Pancasila, terutama dalam melakukan Penelitian demi menerbitkan Artikel Ilmiah berdasarkan apa yang diteliti tersebut.

Sehingga diharapkan Kurikulum ini dapat dilaksanakan secara fully implemented pada tahun 2024, meksipun tentu masih beradaptasi karena Pemerintah masih menjadikannya opsi agar tidak memberatkan sekolah.

Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik dimana diimplementasikan dengan didasarkan pada nilai-nilai keluhuran Pancasila.

Beberapa kegunaan dari Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  • Tujuan dan visi pendidikan dapat dipahami lebih mudah oleh pemangku kebijakan dan kepentingan pendidikan di Indonesia
  • Kompas atau arah tujuan bagi pendidik sekaligus peserta didik
  • Memberikan gambaran berupa tujuan akhir dari pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan yang bersangkutan

Sehingga pemerintah yang dalam hal ini merupakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberikan enam (6) dimensi dan elemen dari Profil Pelajar Pancasila

Keenamnya dikutip melalui situs guru.kemendikbud.go.id, yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan global, Mandiri, Gotong royong, Bernalar kritis, Kreatif.

Keenam dimensi yang dibagi dalam Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan agar pelajar di Indonesia mampu bersaing secara global dan mengedepankan kehidupan yang berwawasan maju secara global.

Di samping itu, Kurikulum Merdeka yang hingga saat ini masih berangsur-angsur diterapkan pada satuan pendidikan di seluruh Indonesia masih dijadikan opsi dan belum diterapkan secara menyeluruh adalah karena:

  1. Sekolah bertanggung jawab penuh pada pengembangan kurikulum termasuk karakter dan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  2. Agar dapat maksimal maka harus dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kesiapan sekolah pada adaptasi pemulihan pembelajaran.

Pembelajaran Kurikulum Merdeka disusun berdasarkan kepentingan siswa untuk mengedepankan pemahaman bermakna namun tetap esensial. Beberapa keunggulan Kurikulum Merdeka dibandingkan Kurikulum lainnya adalah:

Halaman Selanjutnya

Keunggulan Kurikulum Merdeka

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Keunggulan Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka

Edutainment

Cara Mudah Mengisi Rapor Dengan Aplikasi ARASBE Sesuai Dengan Juknis Penilaian Terbaru
Aplikasi Power Point

Edutainment

Ikuti Lomba Potret Cerita Kurikulum Merdeka, Untuk Guru Seluruh Jenjang dan Murid

Pelatihan

Pentingnya Pengelolaan Kelas untuk Pembelajaran yang Efektif
Program Sekolah

Pelatihan

Cara Mengolah Project Profil Pelajar Pancasila

Edutainment

7 Cara Mencapai Kesuksesan Pada Siswa

Edutainment

7 Hal Penting Project Based Learning
PAS

Kompetensi Guru

Cara Menyusun Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila