Dalam perancangan rubrik utama projek, rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik dimasukkan ke dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, rumusan fase sebelumnya dimasukkan ke dalam kategori Mulai dan Sedang Berkembang, sementara rumusan fase setelahnya dimasukkan ke dalam kategori sangat berkembang.
Contoh Pertama Rubrik Utama Projek P5
Dimensi : Berkebhinekaan Global (Fase C)
Sub elemen: Mendalami budaya dan identitas budaya
Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:
- Mulai Berkembang
- Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa kelompok di lingkungan sekitarnya
- Sedang Berkembang
- Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai macam kelompok di lingkungan sekitarnya, serta cara orang lain berperilaku dan berkomunikasi dengannya.
- Berkembang Sesuai Harapan
- Mengidentifikasi dan mendeskripsikan keragaman budaya di sekitarnya; serta menjelaskan peran budaya dan Bahasa dalam membentuk identitas dirinya.
- Sangat Berkembang
- Memahami perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala lokal, regional, dan nasional.
- Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa.
Sub elemen: Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:
- Mulai Berkembang
- Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya
- Sedang Berkembang
- Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya dengan orang lain di tempat dan waktu/era yang berbeda
- Berkembang Sesuai Harapan
- Mendeskripsikan dan membandingkan pengetahuan, kepercayaan, dan praktik dari berbagai kelompok budaya.
- Sangat Berkembang
- Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial.
Sub elemen: Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya
Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:
- Mulai Berkembang
- Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama- sama dalam kemajemukan.
- Sedang Berkembang
- Memahami bahwa kemajemukan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.
- Berkembang Sesuai Harapan
- Mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari keragaman budaya di Indonesia.
- Sangat Berkembang
- Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari- hari.
Contoh Kedua Rubrik Utama Projek P5
Dimensi : Bernalar Kritis (Fase D)
Sub elemen: Mengajukan pertanyaan
Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:
- Mulai Berkembang
- Mengajukan pertanyaan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan mengkonfirmasi pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya.
- Sedang Berkembang
- Mengajukan pertanyaan untuk membandingkan berbagai informasi dan untuk menambah pengetahuannya.
- Berkembang Sesuai Harapan
- Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut.
- Sangat Berkembang
- Mengajukan pertanyaan untuk menganalisis secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak.
Sub elemen: Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:
- Mulai Berkembang
- Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan memilih informasi dan gagasan dari berbagai sumber.
- Sedang Berkembang
- Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan, dan memilih informasi dari berbagai sumber, serta memperjelas informasi dengan bimbingan orang dewasa.
- Berkembang Sesuai Harapan
- Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu.
- Sangat Berkembang
- Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber. Memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis.
Halaman Selanjutnya