Home / Kompetensi Guru / Metode Pembelajaran

Rabu, 12 April 2023 - 21:39 WIB

Merancang Asesmen Rubrik Pencapaian Dalam Projek P5, Disertai Contohnya!

Dibaca 11,572 kali

Dalam perancangan utama projek, rumusan yang sesuai dengan fase dimasukkan ke dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, rumusan fase sebelumnya dimasukkan ke dalam kategori Mulai dan Sedang Berkembang, sementara rumusan fase setelahnya dimasukkan ke dalam kategori sangat berkembang.

Contoh Pertama Rubrik Utama Projek

Dimensi : Berkebhinekaan Global (Fase C)

Sub elemen: Mendalami budaya dan identitas budaya

Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:

  • Mulai Berkembang
    • Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa kelompok di lingkungan sekitarnya
  • Sedang Berkembang
    • Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai macam kelompok di lingkungan sekitarnya, serta cara orang lain berperilaku dan berkomunikasi dengannya.
  • Berkembang Sesuai Harapan
    • Mengidentifikasi dan mendeskripsikan keragaman budaya di sekitarnya; serta menjelaskan peran budaya dan Bahasa dalam membentuk identitas dirinya.
  • Sangat Berkembang
    • Memahami perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala lokal, regional, dan nasional.
    • Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa.

Sub elemen: Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:

  • Mulai Berkembang
    • Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya
  • Sedang Berkembang
    • Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya dengan orang lain di tempat dan waktu/era yang berbeda
  • Berkembang Sesuai Harapan
    • Mendeskripsikan dan membandingkan pengetahuan, kepercayaan, dan praktik dari berbagai kelompok budaya.
  • Sangat Berkembang
    • Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial.

Sub elemen: Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya

Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:

  • Mulai Berkembang
    • Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama- sama dalam kemajemukan.
  • Sedang Berkembang
    • Memahami bahwa kemajemukan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.
  • Berkembang Sesuai Harapan
    • Mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari keragaman budaya di Indonesia.
  • Sangat Berkembang
    • Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari- hari.

Contoh Kedua Rubrik Utama Projek P5

Dimensi : Bernalar Kritis (Fase D)

Sub elemen: Mengajukan pertanyaan

Baca Juga:  Contoh - Contoh Pengembangan Topik Projek P5 Semua Jenjang

Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:

  • Mulai Berkembang
    • Mengajukan pertanyaan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan mengkonfirmasi pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya.
  • Sedang Berkembang
    • Mengajukan pertanyaan untuk membandingkan berbagai informasi dan untuk menambah pengetahuannya.
  • Berkembang Sesuai Harapan
    • Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan dari informasi tersebut.
  • Sangat Berkembang
    • Mengajukan pertanyaan untuk menganalisis secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak.

Sub elemen: Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

Dengan Indikator Rubrik sebagai berikut:

  • Mulai Berkembang
    • Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan memilih informasi dan gagasan dari berbagai sumber.
  • Sedang Berkembang
    • Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan, dan memilih informasi dari berbagai sumber, serta memperjelas informasi dengan bimbingan orang dewasa.
  • Berkembang Sesuai Harapan
    • Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu.
  • Sangat Berkembang
    • Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber. Memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis.

Halaman Selanjutnya

Sub elemen: Menganalisis dan…

Share :

Baca Juga

Kompetensi Guru

Semua Guru Wajib Ikut! Pendaftaran Terakhir Tanggal 16 September 2023

Metode Pembelajaran

Tujuan Model Pembelajaran Saintifik dalam Mendidik Siswa 

Metode Pembelajaran

4 Cara Mengajari Siswa Agar Mudah Menghafal Pelajaran secara Efektif

Metode Pembelajaran

Ide Menciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman untuk Siswa SMA: Membuka Ruang Kritik yang Membangun
metode pembelajaran siswa

Metode Pembelajaran

Menyingkap Rahasia Penilaian Siswa: Memahami Metodenya

Media Mengajar

Mengenal Model Pembelajaran Problem Solving

Metode Pembelajaran

Mengenal Konsep Teaching At The Right Level Secara Lengkap

Metode Pembelajaran

4 Tips Mengajar Pelajaran Sastra Berdasarkan Kurikulum Merdeka
Download Sertifikat Pendidikan Gratis