Home / Kompetensi Guru

Jumat, 19 Agustus 2022 - 11:29 WIB

Microsoft Excel akan Mempermudah Kinerja Guru dalam Penilaian

Dibaca 231 kali

Microsoft Excel – Para pengajar termasuk guru mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Beberapa aplikasi memberikan penawaran untuk mempermudah media pembelajaran juga pengolahan data seperti nilai dan bahan ajar untuk di kelas. Seperti contoh aplikasi Microsoft Excel, aplikasi ini banyak sekali digunakan yang sangat mempermudah setiap individu untuk melakukan kegiatan sehari-hari terutama pengolahan data bagi guru.

Microsoft Excel merupakan solusi yang terbaik untuk mempermudah dan mempercepat pengolahan data dalam setiap kegiatan. Penggunakan Excel pun memudahkan para pegawai untuk mengumpulkan data dan dalam dunia pendidikan yakni digunakan untuk statistik pengolahan data penelitian.

Definisi Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi perangkat lunak yang dapat memproses beberapa kumpulan data secara otomatis dalam berbagai format. Mulai dari rumus, perhitungan, spreadsheet hingga pengolahan data.

Excel ini banyak digunakan dalam keperluan pengolahan data untuk sistem administrasi. Fungsi utama dari perangkat lunak ini adalah mengolah data dan menyortir, memberikan analisa serta dapat juga memanipulasi beberapa data yang nantinya akan di olah.

Kelebihan

Excel merupakan format yang mendasar dan fleksibel. Maka dari itu, banyak sekali kegiatan memasukan data yang memiliki fitur untuk mengkonversi ke format Excel ataupun format yang lain yang dapat di olah oleh Microsoft Excel.

Excel ini memiliki fungsi yang sangat besar dengan jumlah data sebesar 1 juta baris dan 16.000 kolom per lembarnya. Maka dari itu, anda dapat memuat 1 juta responden dengan 16.000 jawaban serta pertanyaan dalam satu lembar.

Excel memiliki program yang sangat lengkap serta rumus yang lengkap. Excel mempernudah proses angka untuk nantinya membuat dokumen yang akan terlihat lebih canggih. Privot Table akan membuat anda bekerja lebih efisien dengan membuiat tabel ringkasan pertama yang akan anda buat meskipun data belum anda masukkan yang nantinya akan diperbarui secara otomatis.

Fitur dan Fungsi

Excel merupakan program spreadsheet yakni terbuka pada platform di ponsel (iOS dan Android) dan juga PC ( Windows dan MacOS). Para pengguna, mengenali Excel karena kemmapuan dalam pemrosesan data numerik dengan fungsi yang lengkap dan sederhana untukm rumus dan fungsi.

Excel memilki fitur yang dapat memudahkan pengguna dengan memproses angka secara cepat dnan efisien serta memberikan fungsi yang optimal. Program Microsoft Excel memiliki beberapa lembar fungsi yang terdiri dari baris dan kolom yang saling berhubungan sehingga membentuk sel.

Kekurangan

Adapun kekurangan dari Microsoft Excel yakni perangkat lunak ini membutuhkan sejumlah besar memori akses acak (RAM) dan juga sejumlah besar prosesor (CPU) . Buat kolom baru dengan klasifikasi kolom atau jawaban untuk pertanyaan atau untuk file responden.

 

Penulis: Vikri Februansyah

 

Share :

Baca Juga

Edutainment

Inovasi Pembelajaran Dengan Teknologi Dalam Merdeka Belajar

Edutainment

Perbedaan Diferensiasi Konten, Proses, dan Produk dalam Pendidikan

Kompetensi Guru

Beasiswa Pelatihan Digital : Baparekraf Digital Telent 2022 Tahap 2

Kompetensi Guru

7 Komponen Penting dalam Pembuatan Modul Pembelajaran

Kesiswaan

Kemenag :Pesantren Penerima Dana PIP Terserap 100%

Kompetensi Guru

Surat Edaran untuk Kepala Sekolah dan Guru Jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK Agar Bulan Depan Bersiap!

Edutainment

Tips Mengajarkan Storytelling Kepada Siswa dengan Baik dan Menarik

Edutainment

Menggunakan Kahoot untuk Penilaian Formatif Siswa, Panduan Lengkap beserta contohnya