Home / News

Rabu, 18 Januari 2023 - 16:24 WIB

Nalai-Nilai Karakter yang Ingin Dibangun pada Siswa Melalui Program P5

Dibaca 1,813 kali

Mewujudkan pribadi yang bermartabat dan berperilaku baik tentu tidak hanya sekedar melalui yang ada di dengan segenap mata pelajaran. Sebab pembelajaran akademik terkadang hanya berfokus pada peningkatan sisi intelektualitas semata. Maka dari itu, salah satu keunggulan dari penerapan sebagai pengganti dari Kurikulum 2013 adalah terdapat program P5 atau Penguatan .

Peningkatan karakter tersebut diberikan wadah khusus yakni melalui program Penguatan Karakter. Beberapa karakter diantaranya yakni seperti nilai religius, nasionalis, integritas, kemandirian, serta budaya gotong royong.

Tentu setiap aspek nilai tersebut memiliki cara tersendiri agar dapat tumbuh dan diterapkan oleh para . Lantas, bagaimana dapat mengoptimalkan perannya di untuk menguatkan ?

Ragam Nilai Pendidikan Karakter di Era Merdeka

Adapun beberapa nilai dalam program P5 atau penguatan karakter yakni sebagai berikut :

1.    Mengenal Nilai Religius

Nilai religius merupakan karakter awal yang sudah harus dibangun sejak dini agar siswa memiliki kematangan pada keyakinan yang dianut.

Sebagaimana yang diketahui bersama, mulai banyak bermunculan fenomena dimana siswa mudah goyah dan malah lebih sering meninggalkan nilai religius dalam mengarungi kehidupannya sehari – hari.

Padahal nilai religius tersebut merupakan modal awal bagi siswa sebelum akhirnya terjun ke dunia pendidikan agar mereka bisa menjadikan keyakinan sebagai standar pemikiran.

Baca Juga:  Work From Anywhere (WFA) Apakah Hanya untuk PNS saja?

Selain itu, fenomena bunuh diri dan keputusaasaan yang dialami siswa akan lebih sedikit berkurang bahkan hilang sebab nilai religius akan menjadikan mereka berdaya dan tidak goyah ketika merasakan dilema dalam .

Guru apalagi bertindak sebagai wali kelas dapat memberikan ceramah melalui cerita – cerita menarik agar siswa dapat meresapi dan mengamalkan kisah tersebut.

2.    Mengenal Nilai Nasionalis

Kemudian nilai lainnya yang perlu ditingkatkan yakni kecintaan terhadap bangsa. Rasa cinta bukan berarti melakukan segala cara agar bangsa bangga. Misalnya, dengan menghina prinsip maupun keyakinan yang dipahami oleh lingkungan sekitar. Hal tersebut bukanlah sikap peningkatan nasionalis dalam diri siswa. Seorang guru dapat membantu siswa untuk meningkatkan karakter tersebut melalui pemberian rasa tanggung jawab terhadap apa yang menjadi pilihan siswa. Selain itu, ketika siswa melihat bangsanya sedang merasakan kesulitan, maka alangkah baiknya bila siswa memiliki keinginan serta cita – cita untuk menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik. Bersikap saling mengapresiasi dan menjaga keragaman budaya juga bagian dari cinta nasionalisme.

Halaman Selanjutnya

3.    Mengenal Nilai Integritas….

Share :

Baca Juga

News

Golongan PNS Ini Akan Segera Dipensiunkan Pemerintah

News

Siapa yang Paling Bertanggung Jawab dalam Pelaksanaan Projek Program Profil Pelajar Pancasila?

News

Kebijakan Terbaru! Guru Honorer Tidak Lulus PPPK Guru 2023,  Berkesempatan Menjadi PPPK Guru 2024 Melalui Kebijakan Ini

Edutainment

Word Serba Otomati! Berikut Cara Membuat Sumber Dan Daftar Pustaka Otomatis Pada Pembuatan Dokumen Ilmiah

News

Honorer Kategori Ini Menjadi Prioritas Pengangkatan PPPK 2024 Tanpa Tes

News

Mengejutkan! Gara – Gara Ini, Tukin PNS Daerah Jomplang

News

Student Loan Jadi Ladang Bisnis Pemerintah untuk Mahasiswa yang Gagal Bayar Kuliah

News

Kabar Terbaru Untuk Tenaga Non ASN Dari Menteri PANRB
Download Sertifikat Pendidikan Gratis