Home / News

Jumat, 1 April 2022 - 16:59 WIB

Panduan Cara Menautkan Akun Sim PKB dengan Akun Belajar untuk PPG 2022

Dibaca 601 kali

Cara Menautkan Akun Sim PKB dengan Akun Belajar – Berikut langkah singkat menautkan akun pembelajaran (https://belajar.id/) di SIMPKB:

  1. Pastikan Anda berada pada lamanhttps://akun.simpkb.id/.
  2. Pilih / klik tombol Selengkapnya pada kolom Integrasi Layanan.
  3. Pada laman Kelola data Integrasi layanan SIMPKB, klik tombol TAUTKAN.
  4. Sistem akan mengarahkan pada laman login akun pembelajaran Anda. Masukan email akun pembelajaran Anda pada form yang diberikan.
  5. Masukkan kata sandi akun pembelajar Anda pada tahap selanjutnya.
  6. Akun pembelajar Anda berhasil ditautkan.
  7. Klik tombol Hapus jika ingin melepas tautan tersebut.

Selain diimbau untuk menautkan ke akun Belajar.id, seluruh guru dan tenaga kependidikan dapat mengelola data personal SIMPKB meliputi foto profil, nomor telepon, dan lainnya. Berikut ini caranya kelola data personal SIMPKB.

Masuk ke laman akun.simpkb.id Log in menggunakan No UKG dan kata sandi SIMPKB pada menu “Data Personal” klik “Selengkapnya” Halaman akan menampilkan data personal Anda yang bersumber dari data Dapodik Selanjutnya sesuaikan data sesuai kebutuhan dengan klik tombol “Ubah” pada masing-masing data

Adapun untuk guru atau tenaga kependidikan yang masih belum memiliki akun Belajar.id diharapkan untuk segera menghubungi operator sekolah masing-masing.

Hal ini berdasarkan Surat Edaran Dirjen GTK No.0697/B.B5/GT.01.15/2022 seluruh guru dan tenaga kependidikan yang telah terdaftar pada platform SIMPKB agar menautkan akun Belajar.id miliknya pada data personal pengguna di platform SIMPKB paling lambat 12 Maret 2022. SIMPKB sendiri merupakan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan. SIMPKB ini berguna untuk meningkatkan kualitas guru dengan mengkuti berbagai sistem kompetensi. Tujuan menautkan SIMPKB ke akun Belajar.id adalah agar seluruh guru dan tenaga kependidikan dapat memanfaatkan berbagai layanan akun Belajar.id untuk menunjang pembelajaran daring yang diselenggrakan sekolah.

Menghubungkan SIMPKB ke akun Belajar.id juga diwajibkan bagi guru dan tenaga pendidik yang lolos seleksi adminitrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2022. Berdasarkan pengumuman di situs resmi ppg.kemendikbud.go.id, guru dan tenaga kependidikan yang dinyatakan lolos seleksi, diwajibkan untuk melakukan pemutakhiran nomor telepon seluler (WhatsApp), pas foto, dan tautan Belajar.id di profil SIMPKB masing-masing.

Lantas, bagaimana cara menautkan akun belajar ?
Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Akun ini dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. Detail tentang hal tersebut dapat disimak di web resminya, belajar.id.

Peluncuran Akun Pembelajaran ini secara resmi dilaksanakan, Jumat (11/12) oleh Kemendikbud bersama dengan Kominfo dan Kemenag.

  1. Dapatkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah Anda. Jika OPS belum tahu, informasikan SE (Surat Edaran) Sesjen Nomor 37 Tahun 2020 atau arahkan untuk membuka web belajar.id.
  2. Buka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Anda dapatkan
  3. Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran lalu mengganti akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran Anda. Jangan lupa ingat baik-baik password tersebut, bila perlu CATAT.
  4. Selamat! Anda sudah dapat menggunakan Akun Pembelajaran baru Anda

Seperti itulah cara mengaktivasi akun pembelajaran @belajar.id dari Kemendikbud

Dapatkan informasi guru terupdate dengan Join channel telegram: https://t.me/wartagurudotid

Penulis : Wahyuni Debora Sianturi

 

Share :

Baca Juga

Seleks CPNS 2023

News

Kategori Guru Honorer yang Tidak Perlu Tes CAT PPPK Guru 2023
pembelajaran berdiferensiasi

News

Dirombak! Batas Usia PNS Tak Lagi Sampai 56 atau 60 tahun, Tapi Segini
peran guru dalam pembelajaran

News

Ide Tema Projek dalam Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila

News

Ketentuan Jaminan Hari Tua PPPK Dalam Draf RUU ASN

News

Hore! Tahun Depan Tunjangan Guru dan Bansos Naik

News

Gunakan Skema Single Salary, Gaji PNS Capai 76 Juta

News

Wajib Tau! Berikut Alur dan Syarat Penyetaraan Ijazah Untuk Mendaftar CPNS 2023 Formasi CASN
photo by kemdikbud.go.id

News

Kabar Gembira Untuk TK, SD,SMP, SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi, Anggaran Kemdikbud Ristek Tahun 2024 Naik