Home / News

Kamis, 30 Mei 2024 - 12:03 WIB

Panduan Kemendikbud untuk Sekolah yang Akan Menerapkan Kurikulum Merdeka

Dibaca 16 kali

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong semua sekolah di Indonesia untuk segera mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Untuk mendukung hal ini, Kemendikbudristek memberikan sejumlah arahan penting.

Anindito Aditomo, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), menekankan pentingnya peran pemerintah daerah (Pemda) dalam mendukung sekolah-sekolah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Pemda bertindak sebagai penyelenggara sekaligus pembina dalam pelaksanaan kurikulum ini. Oleh karena itu, Pemda perlu memahami filosofi kurikulum baru ini secara menyeluruh.

“Filosofi ini penting untuk dipahami bersama karena peran Pemda dalam implementasi Kurikulum Merdeka sangat krusial dan esensial,” ujar Anindito dalam rilis resmi Kemendikbudristek.

Kemendikbudristek memberikan kebebasan kepada sekolah untuk mengkontekstualisasikan kurikulum secara lebih luas. Sekolah diberi otonomi dalam penerapan Kurikulum Merdeka, yang didasarkan pada prinsip kebebasan dan kemerdekaan dengan acuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kemendikbudristek memberi kebebasan dan membuka ruang bagi sekolah untuk mengkontekstualisasikan kurikulum secara lebih luas,” jelas Anindito dalam acara Lokakarya Peningkatan Kapasitas Pengembang Kurikulum Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota tahap pertama.

Disadari bahwa setiap sekolah memiliki karakteristik unik, sehingga materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter sekolah masing-masing. Oleh karena itu, kurikulum harus dirancang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Kemendikbudristek tidak mengatur secara rinci isi kurikulum, melainkan memberikan kewenangan kepada sekolah untuk menyusun dan mengesahkan kurikulum yang akan digunakan di tingkat satuan pendidikannya.

“Pemda dan sekolah diberi kewenangan penuh untuk menyusun dan mengesahkan kurikulum di tingkat satuan pendidikannya,” tambah Anindito.

Begitu pula dengan materi muatan lokal, yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lokal. Sekolah yang baru akan menerapkan Kurikulum Merdeka dapat mempelajari cara penerapannya melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM), yang dapat diakses oleh seluruh guru.

Halaman Berikutnya

Di dalam PMM, guru dapat mengikuti berbagai pelatihan….

Share :

Baca Juga

Edutainment

Guru Wajib Tahu Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

News

Kapan SK PPPK Keluar? Berikut Jadwal Penyerahan SK PPPK dan Menerima Gaji Pertama PPPK

News

Syarat dan Lama Mengajar Untuk Mendapatkan NUPTK Guru

News

4C: Keterampilan Yang Harus Dimiliki Siswa Di Abad 21

News

Menteri Pendidikan Wajibkan Pelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa SD

News

Selamat! Awal Bulan Mei Pensiunan PNS Terima 3 Tunjangan Ini

News

Selamat! PNS Akan Memperoleh 4 Tunjangan Tambahan Di Tahun 2024

Kompetensi Guru

Skema Penempatan PPPK Guru Swasta Prioritas 1, Yuk Dicatat!