Home / Pelatihan

Minggu, 6 Maret 2022 - 21:07 WIB

Pelatihan Gratis Pembuatan Makalah Best Practice Batch 10

Dibaca 503 kali

Pelatihan Gratis Pembuatan Makalah Best Practice Batch 10 – Pelatihan pembuatan makalah best practice batch 10, akan diselenggarakn mulai tanggal 07 Maret 2022 sampai 19 Maret 2022 mendatang. Melalui dua platform media elektronik berupa Zoom Meeting dan Telegram, pelatihan ini menghadirkan Supiani, M.Pd sebagai instruktur yang akan membimbing para guru selama pelatihan ini berlangsung.  

Dengan waktu pembelajaran yang dimulai pada pukul 19.30 WIB, pelatihan ini memberikan beragam fasilitas dan benefit yang menguntungkan peserta. Fasilitas dan benefit tersebut meliputi: 

  1. Materi pelatihan 
  2. E-sertifikat 32JP 
  3. Full support dari tim instruktur 
  4. Laporan pengembangan diri 

Menariknya, pelatihan ini gratis bagi seluruh member e-guru.id, dan untuk yang belum tergabung dalam member e-guru.id akan dikenakan biaya sebesar Rp 97.000. 

Alasan pentingnya mengikuti pelatihan pembuatan makalah best practice ini

Berperan sebagai guru atau tenaga pendidik, merupakan satu profesi yang tidak mudah. Mengingat salah satu perannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, guru tentu harus memiliki kemampuan bukan hanya sebagai pendidik dari sekelompok siswanya. Seorang guru, perlu memiliki kemampuan dalam upaya memecahkan masalah yang terjadi di lingkungan tempat mereka mengajar (sekolah). 

Kemampuan memecahkan masalah dan memberikan solusi tersebut, perlu dilakukan pencatatan atau dituliskan dalam suatu jurnal. Jurnal inilah yang dikenal dengan makalah best practice 

Makna best practice sendiri merupakan suatu  karya tulis yang berisi tentang pengalaman guru atau tenaga pendidik dalam menyelesaikan beragam permasalahan dalam lingkungan tempat ia bekerja. Pengalaman tersebut, dialami oleh mereka atau semua orang yang terdapat dalam lingkungan tersebut, sehingga pemecahan masalah itu dapat memperbaiki mutu pendidikan dan pembelajaran di lingkungannya. 

Best practice akan memberikan manfaat kepada guru dan tenaga pendidik dalam lingkungan pendidikan, berupa catatan atau jurnal pengalaman yang akan menjadikan best practice tersebut sebagai bahan pertimbangan atau evaluasi pelaksanaan pengajaran di lingkungan tersebut. 

Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam satuan pendidikan atau sekolah. Pasalnya, dalam best practice tidak hanya memuat satu solusi besar dalam memecahkan suatu permasalahan, melainkan solusi-solusi kecil untuk beragam permasalahan yang ada. 

Misalnya, tentang pembuatan peraturan kewajiban menjaga kebersihan bagi seluruh warga sekolah, menerapkan budaya malu datang terlambat, peraturan dengan kerudung dengan model yang seragam bagi siswi muslim, dan lainnya. 

Hal-hal demikian, dapat dituangkan dalam best practice ini. Selain dapat memperoleh manfaat diatas, guru dan tenaga pendidik akan memperoleh kesempatan memenangkan dalam ajang perlombaan guru berprestasi bahkan menunjang kenaikan pangkat nantinya. 

Apa yang perlu ada dalam makalah best practice? 

Selain berisi pengalaman guru dan tenaga pendidik dalam lingkungan pendidikan, makalah best practice perlu dibuat dengan baik dan teratur agar kesesuaian isi dapat dengan mudah dipahami. Sama halnya dengan karya tulis pada umumnya, dalam menyusun best practice memiliki kriteria tertentu yang ada dalam isi makalah best practice. Hal tersebut meliputi: 

1.Bab I 

Bab I dalam makalah best practice berisi tentang pendahuluan yang meliputi, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat. 

2.Bab II 

Kemudian, dalam Bab II berisi tentang kajian teoritis yang berisi tentang landasan teori yang digunakan dalam penyusunan makalah. Selain itu, bagian ini juga berisi kajian pustaka yang menjelaskan tentang dasar atau sumber yang digunakan untuk memperkuat data dalam penyusunan makalah. 

3.Bab III 

Dalam Bab III, berisi tentang metode dan pemecahan masalah 

4.Bab IV 

Bagian terakhir dalam Bab IV, berisi kesimpulan dan saran. 

Untuk penjelasan lebih detailnya, daftar sekarang juga Pelatihan Pembuatan Makalah Best Practice Batch 10 yang diselenggarakan oleh e-guru.id. 

Untuk mengikuti pelatihan ini, KLIK DISINI!

Untuk mengikuti pelatihan ini, KLIK DISINI!

 

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Penulis: Frizka Faeni Haryadi

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Ikutilah! Pelatihan 32JP: Membuat Web Pembelajaran Menggunakan WordPress

Pelatihan

Pendukung Pengembangan Proyek Profil Pelajar Pancasila

Pelatihan

Implementasi Artificial Intelligence pada Kegiatan Pembelajaran

Pelatihan

Cara Menyusun Modul Proyek

Pelatihan

Pengelolaan Kinerja Guru dalam Platform Merdeka Mengajar

Pelatihan

Contoh Model Pembelajaran Inkuiri

Pelatihan

Cek Sertifikat dan Fasilitas Workshop 32JP Youtuber Media Pembelajaran

Pelatihan

Manfaat Menguasai Keterampilan Teknologi dalam Kurikulum Merdeka