Home / News

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:40 WIB

Pemerintah Minta Satuan Pendidikan Lakukan Hal Ini Agar Pencairan TPG Tidak Telat Lagi

Dibaca 76 kali

Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) di tahun 2024 ini pada Triwulan Pertama mengalami keterlambatan sebab beberapa hal. Agar hal tersebut tidak kembali terulang, satuan pendidikan diharapkan memperhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan.

TPG sendiri adalah hak bagi semua guru dari pemerintah yang telah memiliki sertifikat pendidik. Pencairan TPG ini dilakukan beberapa kali dalam satu tahun.

Namun sayangnya, pencairan TPG tersebut tidak selalu tepat waktu. Sehingga banyak guru yang menantikan haknya namun tidak kunjung datang.

Dana TPG bersumber dari kas negara yang kemudian ditransfer ke akun pengelola kas daerah. Diharapkan, setelah ditransfer ke rekening daerah, dana tersebut segera dibagikan ke rekening pribadi guru sesuai peraturan yang berlaku.

Seharusnya, ketika dana dari pemerintah pusat sudah masuk ke daerah, TPG tersebut sudah harus dibagikan selama 14 hari kerja.

Namun demikian, terkadang masih terjadi keterlambatan di dalam pencairan yang membuat para guru yang berhak mendapatkannya tidak sabar untuk menanti.

Ketika terjadi keterlambatan dalam pencairan TPG, biasanya pihak pemerintah yang menjadi “kambing hitam”. Namun sebenarnya, keterlambatan tersebut tidak melulu keteledoran yang dilakukan oleh pihak atas, melainkan satuan pendidikan itu sendiri.

Nah, agar TPG yang sudah ditransfer ke Kas Umum Daerah dan segera bisa dibagikan kepada guru yang berhak menerimanya terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan.

Hal pokok yang perlu dilakukan adalah melakukan pembaruan data guru di Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Pihak sekolah diharapkan untuk selalu memperbarui data tersebut, agar guru yang berhak mendapatkan TPG segera dapat mencairkannya.

Berdasarkan pernyataan dari Kementerian Pendidikan, Nunuk Suryani yang menjabat sebagai Dirjen GTK, meminta agar satuan pendidikan memperhatikan masalah pembaruan data tersebut.

Ia mendorong agar satuan pendidikan selalu memperbarui data di Dapodik agar guru yang berhak mendapatkan TPG bisa mendapatkan tunjangan tersebut tepat waktu tanpa kendala.

Beberapa data yang harus diperbarui di antaranya adalah mengisi data beban kerja guru. Kemudian agar dilakukan verifikasi dan validasi. Setelah itu, jika memenuhi syarat maka nama guru yang bersangkutan pasti akan mendapatkan TPG yang diharapkan tersebut.

Halaman Selanjutnya

“Kami mendorong satuan pendidikan….”

Share :

Baca Juga

News

Salah Isi DRH, Apakah Bisa Batal Dapat NIP? Berikut Penjelasannya
tunjangan profesi guru

News

Hore! Semua Guru Penerima Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3 Patut Berbahagia

Karya Inovatif

Pembelajaran Discovery-Inquiry

Edutainment

Media Podcast Untuk Pendidikan

Edutainment

Memajukan Pendidikan Indonesia

News

Guru Honorer Usia 40 Tahun ke Atas Apakah Bisa Diangkat Jadi PPPK Tanpa Tes? Begini Jawabannya

News

Sekolah di Jawa Tengah Dilarang Gelar “Study Tour”

News

Nasib Guru Honorer, Honorer akan Dihapuskan Tahun 2023