Pendidikan untuk Indonesia emas merupakan salah satu poros pendukung dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.
Pendidikan untuk Indonesia emas mewujudkan visi dan misi Indonesia emas melalui jalur atau ranah pendidikan.
Dimana pada ranah pendidikan lebih mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas serta kapabilitasnya dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.
Pendidikan untuk Indonesia emas memerlukan peran penting dari seorang guru sebagai figure yang baik untuk digugu dan ditiru.
Lalu bagaimana peran penting guru dalam mewujudkan pendidikan untuk Indonesia emas.
Sebelum lebih lanjut alangkah baiknya memahami terkait Indonesia emas 2045.
Indonesia Emas 2045
Indonesia Emas 2045 merupakan visi pemerintah untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur.
Berbekal Sumber Daya Manusia yang unggul dan menguasai pengetahuan serta teknologi, Indonesia akan dikenal sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia.
Tepat di usia Republik Indonesia ke-100, Indonesia diharapkan telah memiliki ketahanan nasional serta kepemerintahan yang tangguh dan berwibawa.
Namun masih sangatlah di sayangkan visi yang sangat baik ini masih berbentuk opini yang dimana belum terdapat kerja atau karya nyata untuk membuktikan akan adanya Indonesia emas pada tahun 2045 nanti.
Pada hakekanya yang menjadi PR besar dalam mewujudkan impian ini adalah pemuda, sebagai generasi dan penerus bangsa.
Kondisi masa kinipun sangatlah mengkhawatirkan, dimana pemuda sebagian besar hanya sibuk dengan urusan smartphonenya masing-masing dan terjebak dalam sifat individualisnya yang telah tertanam kuat pada pikiran mereka.
Generasi masa depan Indonesia atau generasi emas 2045 adalah fondasi utama untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat, maju, jaya, dan bermartabat.
Mereka yang memiliki karakter dan integritas yang baik sebagi bangsa Indonesia dan berkompeten di bidang, mereka yang mudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan serta mampu menggunakan kemajuan teknologi digital itulah generasi emas 2045.
Maka dari itu pendidikan berperan penting dalam menyelamatkan serta mempersiapkan generasi penerus bangsa yang nantinya akan meneruskan tonggak kepemimpinan Indonesia.
Selanjutnya merupakan peran pendidikan untuk Indonesia emas 2045.
Pendidikan untuk Indonesia Emas 2045
Dalam mewujudkan hal ini erat kaitannya dengan guru atau pendidik. Karena bahwasannya, guru memiliki peran penting dalam membangun sekelompok manusia.
Sehingga perlu adanya guru penggerak. Yaitu guru yang mentransformasikan misi pendidikan dalam tindakan pembelajaran kehidupan anak didik.
Cara berpikir yang dibawakan guru, the ways of thinking, inovatif, kritis, dan kurikulum perlu mengakomodasi keragaman kebutuhan pelajar dari berbagai sumber.
Salah satu hal yang perlu ditanamkan guru yakni dengan memberikan Penguatan Pendidikan Karakter pada dunia pendidikan.
Yang diharapkan bisa terjadi peningkatan atau perubahan mutu pendidikan di Indonesia khususnya pada generasi masa depan Indonesia.
Dengan Gerakan penguatan pendidikan karakter diharapkan menjadi fondasi dan ruh utama pendidikan, pendidikan karakter diharapkan mampu membangun manusia yang cakap dalam akhlak, cerdas dalam berpikir dan terampil.
Sebagaimana tercantum dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Yakni gerakan pendidikan di sekolah di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi) dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).
Halaman Selanjutnya
Selanjutnya yang perlu teman-teman guru pahami…