Pembelajaran Project Based Learning – Selama ini peserta didik bersifat pasif dalam kegiatan pembelajaran dan cenderung mendengarkan, merangkum tugas, dan menghafalkan rumus tanpa mengetahui konsep. Padahal Pengembangan diri, kreativitas dan bakat perlu dikembangkan pada diri peserta didik untuk menjadikan mereka individu yang kreatif melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Model pembelajaran Project Based Learning sangat dianjurkan untuk diterapkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka agar peserta didik memiliki pengalaman yang lebih berharga dan dapat bersifat kritis dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam model pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator dan mengevaluasi hasil produk atau penemuan peserta didik yang ditampilkan melalui proyek yang telah dikerjakan.
Menurut Goodman dan Stivers (2010), Project Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang dibangun untuk memberikan tantangan kepada peserta didik terkait kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara kelompok.
Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dengan menggunakan project sebagai media pembelajarannya. Model pembelajaran berbasis project tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga menekankan pada proses untuk memecahkan masalah dan akhirnya menghasilkan sebuah produk. Penerapan model pembelajaran ini diharapkan mampu membuat peserta didik memiliki pengalaman berharga.
Halaman Berikutnya
Tujuan Pembelajaran Project Based Learning