Home / News

Selasa, 14 Mei 2024 - 14:13 WIB

Penjelasan Guru Honorer yang Tak Ada Peluang Jadi PPPK 2024 Tanpa Tes

Dibaca 50 kali

Mayoritas guru honorer akan diangkat menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja) tahun ini. Namun ada beberapa guru yang tidak punya peluang mendapat kesempatan tersebut, yaitu diangkat menjadi PPPK dengan mudah tanpa penilaian tes.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya bahwa pemerintah memiliki wacana untuk menyelesaikan semua pekerja honorer termasuk guru tahun ini. Di tahun-tahun selanjutnya, tidak akan ada lagi pegawai pemerintah yang berstatus sebagai honorer–kecuali memiliki predikat PPPK atau PNS.

Oleh sebab itu, hal ini merupakan masalah yang ingin diselesaikan oleh pemerintah tahun ini bersamaan dengan dibukanya lowongan atau seleksi CPNS dan PPPK 2024.

Dalam proses penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2024, setidaknya terdapat 2,3 juta formasi dibuka. Di antara kuota tersebut, akan diisi oleh guru honorer yang telah memenuhi syarat.

Kabar baiknya, guru honorer yang masuk dalam formasi tersebut hanya akan mengikuti tes secara formalitas. Selain itu hanya melakukan pendaftaran dan verifikasi data saja. Setelah itu akan mendapatkan NIP (Nomor Induk Pegawai).

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah telah melakukan pendataan untuk guru honorer sejak lama dan telah berakhir pada bulan Oktober 2023 lalu. Nama-nama yang telah masuk dalam pendataan, otomatis akan masuk ke dalam database BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Dan nama-nama yang masuk dalam data tersebut lah yang akan diangkat sebagai pegawai PPPK “tanpa tes” dan hanya menunggu penerbitan SK pengangkatan saja.

Umumnya, guru honorer yang masuk ke dalam pendataan adalah mereka yang telah berusia 46 ke atas atau telah bekerja selama kurang lebih 5 tahun secara berturut-turut.

Memahami hal tersebut, maka guru honorer yang tidak masuk dalam pendataan di database BKN, maka secara otomatis tidak akan diangkat sebagai PPPK tahun ini tanpa tes. Sebab, syarat utama agar diangkat menjadi PPPK, guru honorer yang bersangkutan harus ada di dalam database BKN.

Namun demikian, bukan berarti guru yang tidak masuk dalam pendataan tersebut tidak bisa diangkat PPPK tahun ini. Sebab, meskipun demikian, tetap bisa mengikuti seleksi melalui jalur umum.

Jalur umum yang dimaksud di sini, harus melalui proses pendaftaran dan melakukan seleksi tes beberapa tahapan. Dan tidak menjadi prioritas untuk diangkat. Itu artinya harus bersaing dengan peserta yang lain secara umum.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

 

Share :

Baca Juga

Masalah Guru PPPK

News

Komisi X DPR Minta Masalah Guru PPPK Diselesaikan Lewat Pusat
photo by kemdikbud.go.id

News

Kemdikbud Rilis Kabar Baik Untuk Semua Guru Dan Kepsek Sertifikasi Dan Non Sertifikasi Hari Ini
Nadiem Makarim - Mendikbud

News

3 Poin Penting Usulan Mendikbud Nadiem Di RPP Manajemen ASN

News

Diklat Gratis bersertifikat 40JP : Fleksibilitas Kurikulum Baru, Daftar disini

News

Ternyata Guru Sertifikasi Bisa Dapat Tunjangan, Tapi Dengan Syarat Ini…

News

Mau Lolos CPNS? Berikut 5 Kesalahan Dalam Seleksi Administrasi yang Harus Dihindari

News

Ini Alasannya, Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3 Tahun 2023 Tidak Dibayar Full Pemerintah!
Kementrian Agama Tanggapi Informasi Jadwal PPPK yang berdear

News

Tips Lolos Tes Wawancara PPG Prajabatan 2023