Home / News

Rabu, 22 November 2023 - 12:03 WIB

Penting! Kemdikbud Rilis Pedoman Upacara Hari Guru Nasional 2023

Dibaca 1,161 kali

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah merilis pedoman pelaksanaan Upacara Bendera untuk memperingati Hari Guru Nasional, berikut ini susunan acara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2023.

HGN diperingati setiap tanggal 25 November, sesuai dengan Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994, adapun tema untuk peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 adalah ‘Bergandengan Tangan Merayakan Kebebasan Belajar’.

Sementara itu untuk Logo HGN tahun 2023 menggambarkan ikatan hati yang bersatu antara seorang guru, murid, dan orang tua. Logo ini memiliki tujuan untuk mendorong terciptanya kerjasama yang serasi dan dinamis di antara guru, peserta didik, dan orang tua dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Peringatan Hari Guru Nasional ini secara khusus dipilih pada tanggal 25 November untuk menghormati hari lahir PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Oleh karena itu, keterkaitan antara Hari Guru Nasional dan PGRI sangat erat.

Keputusan Presiden tersebut menjelaskan, “Tanggal 25 November telah dijadikan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia dan sebagai bentuk penghormatan kepada guru, dianggap penting untuk menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Guru Nasional.”

Sebelum berganti nama menjadi PGRI, pada tahun 1912, organisasi ini awalnya dikenal sebagai Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). PGHB dibentuk sebagai tempat berkumpul bagi kepala sekolah, guru desa, guru bantu, dan semua elemen sekolah.

Pada tahun 1932, PGHB mengubah identitasnya menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Waktu itu, Belanda sebagai penjajah menolak penggunaan kata “Indonesia” dalam PGI karena dianggap sebagai ancaman bagi mereka.

Saat masa penjajahan Jepang, PGI dilarang beraktivitas. Tetapi setelah proklamasi kemerdekaan, PGI menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia pertama di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 24-25 November 1945.

Dalam kongres tersebut, diambil keputusan untuk menghapus segala perbedaan suku, ras, agama, politik, dan aspek lainnya guna bersatu menjadi Indonesia di bawah bendera PGRI.

PGRI secara resmi diakui melalui Keputusan Presiden No. 8 Tahun 1994, seiring dengan penetapan Hari Guru Nasional.

Dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional, Kementerian Pendidikan, kantor pusat Kemendibudristek, Kantor Kementerian Agama pusat, instansi dan satuan pendidikan di berbagai daerah, serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri dan satuan pendidikan internasional, mengadakan upacara bendera.

Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera untuk memperingati Hari Guru Nasional 2023 telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), seperti yang dijelaskan dalam surat nomor 36927/MPK.A/TU.02.03/2023.

Upacara bendera dalam peringatan Hari Guru Nasional 2023 akan diadakan pada tanggal 25 November 2023, dimulai pukul 08.00 waktu setempat.

Halaman Selanjutnya

Rangkaian Acara Peringatan Hari Guru Nasional 2023

Share :

Baca Juga

News

Segera Cek, Hasil Administrasi PPG Dalam Jabatan 2023 Telah Diumumkan

News

Simak Kategorinya! Guru Tidak Bisa Ikut Seleksi PPPK 2023/2024, Adakah Kategori Mu Disini?

News

Apakah Gaji PNS Bakal Naik 9 Juta Rupiah?
pembelajaran berdiferensiasi

News

Pembelajaran Berdiferensiasi: Manfaat dan Penerapannya di Kelas

News

Sebanyak 29.069 Peserta Lulus PPPK Kemenag 2022, Berikut Cara Ceknya
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Digelar Mei! Ribuan Kuota Guru Disiapkan untuk Program PPG Madrasah
Kementrian Agama Tanggapi Informasi Jadwal PPPK yang berdear

News

Aturan Resmi Pemutihan TPG 2023 dan Jadwal Pencairan Tunjangan Guru

News

7 Revolusi Pembelajaran yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan di Sekolah