Home / News

Minggu, 14 April 2024 - 09:51 WIB

Penting! Mendikbud Jadikan Mapel Bahasa Inggris Wajib Untuk Siswa SD

Dibaca 2,844 kali

Kurikulum Merdeka telah secara resmi ditetapkan sebagai Kurikulum Nasional. Menurut kurikulum ini, mapel Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan setara dengannya akan menjadi mata pelajaran yang diwajibkan mulai tahun ajaran 2027/2028.

Peraturan ini diatur dalam Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 mengenai Kurikulum untuk PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Dalam peraturan tersebut, Bahasa Inggris di SD, madrasah ibtidaiyah, atau institusi setara lainnya masih bersifat opsional hingga tahun ajaran 2026/2027 berdasarkan kesiapan masing-masing Satuan Pendidikan. Kemudian, mapel Bahasa Inggris akan menjadi mata pelajaran yang wajib mulai tahun ajaran 2027/2028.

Aturan Permendikbudristek menyatakan Kementerian bertanggung jawab dalam memfasilitasi transisi dengan menyediakan pelatihan untuk guru yang akan mengajar mapel Bahasa Inggris di SD, MI, atau institusi setara selama masa peralihan mata pelajaran Bahasa Inggris.

Sementara itu, pemerintah daerah (Pemda) bertanggung jawab dalam mendukung proses transisi dengan menyediakan guru Bahasa Inggris di SD, madrasah ibtidaiyah, atau institusi setara selama masa peralihan mata pelajaran Bahasa Inggris.

Adapun daftar mata pelajaran SD dalam Kurikulum Merdeka yang diatur dalam Permendikbudristek antara lain:

– Pendidikan Agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Khonghucu, dan Budi Pekerti

– Pendidikan Pancasila

– Bahasa Indonesia

– Matematika

– Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

– Seni dan Budaya, termasuk Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari

– Bahasa Inggris

– Muatan Lokal

Berdasarkan Permendikbud Nomor 12 Tahun 2024, muatan pembelajaran untuk penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sesuai ketentuan perundang-undangan tentang layanan pendidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu, muatan lokal berisi tentang potensi atau keunikan lokal dalam seni budaya, keterampilan, penjasorkes, bahasa, dan teknologi.

Muatan lokal bisa menjadi mata pelajaran mandiri atau diintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya, seperti proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).

Untuk siswa yang berpotensi cerdas istimewa, ada layanan percepatan pemenuhan beban belajar atau pendalaman serta pengayaan capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Layanan ini bersifat individual, bukan dalam bentuk kelompok belajar.

Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka, layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di SD/MI setara diselenggarakan sesuai dengan ketentuan hukum tentang BK.

Anindito Aditomo, Kepala Badan Standar Kurikulum Asesmen Pendidikan (BSKAP), menyatakan bahwa dengan diterbitkannya Permendikbudristek ini, Kurikulum Merdeka secara resmi menjadi landasan dan struktur kurikulum untuk semua sekolah di Indonesia.

Halaman Selanjutnya

Menurut Anindito, Kurikulum Merdeka terbukti sangat efektif dalam meningkatkan

Share :

Baca Juga

News

Update Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 4 Tahun 2023 di Bulan Desember 2023

News

Awas! Surat Edaran Palsu Kemendikbudristek

News

Gaji PNS Memicu Inflasi! Berikut Kata Anggota DPR

News

TPG tidak cair padahal persyaratan SKTP sudah lengkap, Berikut Sederet Penyebabnya..

News

Taspen Berikan Asuransi Khusus Pensiunan PNS, Segini Nilainya

News

Cek Sekarang! Berikut Tanggal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Triwulan 4

News

Bersiap Jadwal Pencairan THR PNS Tahun 2024, Beserta Kenaikan Gaji 8% & 12% PNS & Pensiunan Cair Tanggal Ini

News

Simak! Cara Pengajuan dan Aturan Cuti PNS