Salah satu profil guru efektif abad 21 yaitu mampu bekerja secara kolaboratif dan bisa membimbing siswa untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.
Kolaborasi adalah salah satu keterampilan yang cukup penting pada era ini. Keterampilan ini bisa meningkatkan efektivitas suatu kegiatan.
Salah satu peran guru dalam pembelajaran abad 21 adalah sebagai mentor peserta didik.
Tugas mereka tidak sekedar menyampaikan pelajaran, tapi juga mengarahkan. Maka dari itu, guru abad 21 harus memiliki visi. Bisa memandang ke masa depan. Dengan demikian, mereka bisa mengarahkan siswa ke arah yang tepat ke depannya.
Contohnya, guru bisa menyadari potensi siswanya, kemudian mengarahkan masa depan mereka menuju peluang karir yang sesuai.
Seorang guru tidak hanya berperan sebagai pendidik. Guru juga berperan sebagai seorang advokat. Advokat untuk profesi mereka dan siswa yang mereka didik.
Guru harus kritis terhadap berbagai kebijakan di sektor pendidikan. Memperhatikan berbagai isu yang berkembang dan siap mengambil sikap untuk kepentingan profesi.
Guru juga harus bisa mengadvokasi siswa. Saat ini, ruang kelas begitu penuh dengan masalah kompleks. Ada banyak anak yang mengalami mental breakdown.
Anak-anak ini sangat butuh seseorang yang bisa jadi pendengar yang baik, penjaga, pemberi nasehat, dan juga pemberi dorongan saat anak-anak ini terpuruk.
Selain itu, guru juga harus bisa jadi teladan bagi siswa-siswanya.
Karakteristik seperti di atas tidak serta merta dimiliki oleh seorang guru. Karakteristik tersebut dimiliki berkat sejumlah usaha dan dedikasi para guru agar bisa menjadi guru idaman dan panutan untuk para siswanya.
Tentunya guru idaman juga tak lepas dari peran sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, dari guru yang biasa-biasa saja menjadi guru idaman dan panutan para siswanya dengan pribadi menyenangkan, memberikan rasa aman, dan nyaman sehingga siswa betah mengikuti pembelajaran.
Bagaimana peran sekolah dalam mewujudkannya, berikut penjelasannya:
Untuk memiliki karakteristik dan kompetensi yang dibutuhkan di abad 21,para guru sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.
Sehingga guru bisa menjadi guru idaman dan panutan bagi para siswanya baik di kelas maupun secara utuh di sekolah.
Halaman Selanjutnya