Home / Kompetensi Guru

Kamis, 5 Januari 2023 - 07:24 WIB

Peran Guru sebagai Motivator Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Dibaca 239 kali

Kualitas pendidikan kerap dikaitkan dengan kualitas guru. Seorang pendidik tak hanya dituntut untuk pandai mengajarkan ilmu pengetahuan saja, tetapi harus bisa memberikan motivasi positif untuk anak didiknya. Maka dari itu, peran guru sebagai motivator sangatlah penting. 

Guru perlu dibekali kemampuan secara profesional dalam melaksanakan tugasnya. Sebagai pendidik, kemampuan guru harus terus ditingkatkan. Salah satu cara yang untuk meningkatkan kompetensi yaitu dengan mengikuti pelatihan lewat e-guru.id, gurujuara.com, atau diklat.co

Pentingnya Motivasi Belajar

Motivasi belajar merupakan daya dorong untuk mencapai hasil yang maksimal. Wujud dari motivasi tersebut dapat berbentuk tingkah laku belajar atau menunjukkan usaha-usaha untuk mencapai tujuan belajar. 

Mengutip dari Ahmad Idzhar dalam jurnalnya yang berjudul Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, motivasi belajar dapat merupakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelanjutan serta menunjukan arah kegiatan belajar, sehingga tujuan dapat tercapai. 

Motivasi belajar sangat diperlukan, aktivitas belajar sangat mungkin dilakukan ketika terdapat motivasi belajar. Sebaliknya, apabila seorang siswa tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. 

Dalam proses pembelajaran, motivasi menjadi aspek dinamis yang sangat penting. Sering terjadi peserta didik yang kurang berprestasi bukan karena kemampuannya yang kurang, melainkan karena tidak adanya motivasi untuk belajar sehingga ia tidak bersemangat untuk mengerahkan usahanya dalam mempelajari suatu materi.

Halaman Berikutnya

Peran Guru sebagai Motivator

Share :

Baca Juga

Kompetensi Guru

PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2023 Resmi Tolak Guru Kategori A, Begini Penjelasan Lengkapnya?

Kompetensi Guru

7 Komponen Penting dalam Pembuatan Modul Pembelajaran

Edutainment

Kumpulan Contoh Soal Pedagogik PPG

Kompetensi Guru

Siap- siap 14 September 2023! Ada Kejutan Besar Untuk Guru SD, SMP, SMA dan SMK, Berikut Informasi Lengkapnya

Kompetensi Guru

Contoh – Contoh Pengembangan Topik Projek P5 Semua Jenjang

Edutainment

Instruksi Nadiem kepada Pemda: Angkat Guru Penggerak Jadi Kepsek & Pengawas

Edutainment

Inovasi Pembelajaran Kontekstual Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Kompetensi Guru

Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Public Speaking untuk Menunjang Pembelajaran di Sekolah