Home / Kesiswaan

Jumat, 6 Januari 2023 - 15:13 WIB

8 Peran Kepala Sekolah dalam Kurikulum Merdeka

Dibaca 2,189 kali

Implementasi pembelajaran kurikulum merdeka tentunya tidak lepas dari peran kepala sekolah selaku pemimpin dan manajer. Tak hanya guru, kepala sekolah juga dituntut dapat beradaptasi dan berinovasi dalam memberdayakan sekolah. Nah, apa saja peran sekolah dalam kurikulum merdeka? Simak jawabannya berikut ini.

Peran Kepala Sekolah dalam Kurikulum Merdeka

1. Administrator

Peran kepala sekolah sebagai administrator berhubungan dengan kegiatan-kegiatan menyediakan, mengatur, memelihara, melengkapi seluruh fasilitas yang bersifat material dan juga tenaga-tenaga personal sekolah.

2. Supervisor

Kepala sekolah merupakan seorang supervisor untuk terus melakukan perubahan dan inovasi di sekolah. Supervisi dalam pendidikan terbagi menjadi 2 jenis supervisi antara lain; supervisi bidang akademis dan supervisi bidang administrasi. Supervisi administrasi lebih fokus ke performance guru dalam mengajar dan kinerja guru.

3. Leader

Sebagai pemimpin sekolah, kepala sekolah menjadi sosok leader yang menjadi pusat dari segala kegiatan di sekolah. Misal, menginisiasi pembentukan tim proyek kurikulum merdeka dan berpartisipasi di dalamnya,

4. Inovator

Seperti prinsip kurikulum merdeka bahwa penting untuk memastikan pembelajaran di sekolah berjalan secara berkelanjutan Maka dari itu, peran pemimpin sekolah sebagai inovator sangat diperlukan salah satunya dengan cara berkolaborasi dengan semua pihak yang berkepentingan demi kebaikan siswa.

Halaman Berikutnya

5. Motivator

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

3 Tipe Gaya Belajar Siswa yang Guru Harus Tahu

Kesiswaan

Mengenali Akreditasi Perguruan Tinggi dan Tips Menggapai Kampus Impian

Kesiswaan

Asesmen Nasional / Kompetensi Minimal (AKM)

Kesiswaan

Tips Penilaian Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka

Karya Inovatif

Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Kesiswaan

Jadi Mahasiswa Kampus Merdeka, Pahami dulu Konsepnya

Kesiswaan

Yuk Simak! Manfaat dan Tujuan Diselenggarakannya Pendidikan Inklusi

Kesiswaan

Mengetahui Pentingnya Pertemuan Orang Tua Murid ke Sekolah