Home / News

Selasa, 19 Juli 2022 - 19:44 WIB

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka, Penting untuk Dipahami

Dibaca 3,281 kali

Perangkat ajar kurikulum merdeka merupakan bagian terpenting dalam implementasi kurikulum merdeka.

Perangkat ajar kurikulum merdeka menjadi poros utama acuan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di sekolah.

Layaknya perangkat pembelajaran, perangkat ajar kurikulum merdeka juga merupakan komponen yang tidak jauh beda dengan istilah pada kurikulum K13 sebelumnya.

Hanya saja istilah pada kurikulum k13 diubah istilah dan beberapa konsep pada isi di dalamnya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan penjelasan terkait perangkat ajar kurikulum merdeka yang penting bagi guru pahami.

Jenis Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka

Buku Peks

Buku teks adalah jenis perangkat ajar berupa buku pelajaran pada bidang mata pelajaran tertentu.

Selain itu, buku teks ini juga merupakan buku standar yang berisi sumber informasi dan disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.

Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan buku teks pelajaran yang bermutu, murah, dan merata tanpa diskriminasi. Buku teks terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping.

Buku teks utama merupakan buku pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku dan disediakan oleh Pemerintah tanpa dipungut biaya.

Dalam konteks pembelajaran, buku teks pelajaran terdiri atas buku teks peserta didik dan buku panduan guru sebagai pendidik.

Buku peserta didik merupakan buku pegangan bagi peserta didik, sedangkan Buku Panduan pendidik merupakan panduan atau acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan buku peserta didik tersebut.

Buku teks utama yang fleksibel dan kontekstual dapat berbentuk cetak dan digital serta dapat disajikan dalam bentuk modular.

Dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu, secara berkelanjutan buku teks akan dievaluasi secara berkala.

 

Modul Ajar

Modul ajar adalah salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan oleh pendidik untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP).

Dalam hal ini modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik.

Mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dan berbasis perkembangan jangka panjang. Guru dalam hal ini memiliki kemerdekaan untuk:

  1. memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan Pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau
  2. menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Dalam pengembangan modul ajar sebagai perangkat ajar, pendidik dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai strategi selama modul ajar yang dihasilkan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dan aktivitas pembelajaran dalam modul ajar sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen.

 

Modul Projek

Modul projek adalah perangkat ajar yang dikembangkan untuk memandu warga sekolah melaksanakan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Dalam hal ini modul projek mengambarkan perencanaan pembelajaran dengan konsep pembelajaran berbasis projek (project based learning).

Modul projek sebagai salah satu perangkat ajar harus disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan tema serta topik projek, dan berbasis perkembangan jangka panjang.

Bagian penting dari modul projek ini adalah dikembangkan berdasarkan dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila.

Satuan pendidikan dan pendidik memiliki kemerdekaan untuk:

  1. memilih atau memodifikasi modul projek yang sudah disediakan Pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau
  2. menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Dalam pengembangan modul projek sebagai suatu perangkat ajar di Kurikulum Merdeka, pendidik dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai strategi selama modul projek yang dihasilkan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dan aktivitas dalam modul projek sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen.

 

untuk menyusun perangkat ajar, guru juga harus memahami bagian-bagian dari perangkat ajar tersebut.

Bagian Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase.

CP terdiri dari 6 fase (A-F)  yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA).

Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 – 2), Fase B (kelas 3 – 4), Fase C (kelas 5- 6), Fase D (kelas 7- 9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kelas 11 – 12).

Capaian pembelajaran (CP) ditetapkan oleh pemerintah, sehingga seperti yang dikletahui bahwa capaian pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran.

Baik pada jenjang paud, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Capaian pembelajaran merdeka memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Capaian pembelajaran kurikulum merdeka menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik sehingga pemetaannya dibagi dalam fase usia.

 

Halaman Selanjutnya

Alur Tujuan Pembelajaran…

Share :

Baca Juga

Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Ini Alasan Pemerintah Putuskan Tunda Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 4
tunjangan profesi guru

News

Terbaru! Peserta Guru Penggerak Bisa Dapatkan Tunjangan Sertifikasi Apabila Ikut Ujian Ini
Keterampilan

News

2 Hal Penting Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMA

News

8 Hal Yang Harus Dicek Agar Tunjangan Profesi Guru Cair

News

Sah! Presiden Teken UU ASN, PPPK Peroleh Jaminan Pensiun

News

Apakah PMM Wajib Untuk Guru Non ASN? Simak Disini

News

Jadwal Seleksi Guru PPPK Tahun 2023
mendikbud Himbau Pemda Agkat Guru Penggerak Menjadi Kepsek

News

Kemendikbudristek Resmi Buka Pendaftaran Apresiasi Guru 2022