Home / News

Selasa, 27 September 2022 - 20:22 WIB

Perspektif Masyarakat Pada Profesi Guru PNS

Dibaca 419 kali

Guru PNS dan besaran gaji pokok serta tunjangannyaGuru menjadi salah satu alasan banyaknya masyarakat mendambakan profesi tersebut. Bahkan profesi sebagai Guru PNS ini seolah-olah membius berbagai kalangan baik orang tua maupun anak-anak.

Apa itu profesi sebagai guru PNS?

Guru PNS bukanlah suatu profesi yang asing untuk dibicarakan, Guru PNS sudah pasti termasuk dalam salah satu bagian (ASN). Profesi menjadi guru PNS jika pada masyarakat desa memiliki kedudukan dan peran sosial yang cukup tinggi.

Sangat familiarnya profesi ini apabila terdapat fresh graduate dengan latar belakang prodi dan mulai mengajar, baik keluarga maupun para tetangga akan bertanya mengenai statusnya apakah menjadi guru PNS atau menjadi guru saja. Kira-kira apa yang menjadi alasan PNS menjadi salah satu profesi yang terlihat memiliki status dan kedudukan yang penting dalam struktur masyarakat?

Penghasilan yang tetap dari guru PNS ini menjadi alasan yang cukup kuat bagi masyarakat. PNS memiliki kestabilan dalam keuangan sehingga hal itulah yang menyebabkan profesi ini lebih unggul.

PNS selain memperoleh gaji pokok dan penghasilan yang tetap juga mendapatkan berbagai macam bahkan hingga . Ibarat kata PNS merupakan sebuah profesi yang menjajikan sekaligus jawaban dari jaminan di masa tua. Penawaran dan jaminan masa tua tampak begitu sangat menggiurkan apabila menjadi seorang PNS.

Guru PNS tidak harus bekerja lembur sepanjang hari seperti pekerja karyawan di pabrik.  Dalam hal ini Guru PNS memiliki jam kerja yang santai dan juga dapat memanfaatkan fasilitas seperti rumah dinas yang telah disediakan oleh . Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut terkait tunjangan pokok Guru PNS klik disini

Baca Juga:  Program Guru Penggerak Dalam Sorotan

Tahapan sebelum menjadi PNS

Apakah guru PNS memiliki persyaratan khusus yang harus dimiliki atau dikuasai untuk lolos dalam seleksi?

untuk guru PNS tidak ada diskriminasi secara khusus, semua Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan mempunyai peluang yang sama untuk mendaftar. Namun, bukan berarti untuk masuk dan menjadi salah satu bagian dari guru PNS atau ialah hal yang mudah. Setiap tahunnya akan ada banyak sekali pesaing dari berbagai penjuru pelosok di Indonesia, yang turut berpartisipasi dalam mendaftar untuk menjadi PNS.

Berikut ini tahapan seleksi secara ringkas sebelum menjadi guru PNS

  • Seleksi administrasi
  • Seleksi kemampuan dasar (SKD)
  • Seleksi kompetensi bidang (SKB), dan
  • Tahapan akhirnya ialah integrasi nilai
  • Publikasi pengumuman

Setelah pengumuman di publikasikan barulah CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) wajib untuk melengkapi pemberkasan untuk melanjutkan tahapan berikutnya.

Lalu apasih pekerjaan dari CPNS itu sendiri? Apakah CPNS setelah tes hanya bersantai dan menunggu pengumuman menjadi PNS? Atau apakah CPNS sudah harus bekerja, lalu bekerja di bidang tersebut?

Ternyata, setelah lulus dalam tahapan seleksi CPNS ini sudah harus bekerja. Kunci penting sebelum menjadi seorang guru PNS ialah harus menjadi CPNS terlebih dahulu. Para CPNS memiliki SK, yang berisikan kewajibannya dalam melaksanakan tugas kurang lebih selama setahun.

Lulus menjadi CPNS tidak menjamin akan tetap lolos menjadi PNS. Penyebabnya ialah ketika CPNS dalam masa percobaannya dinilai kurang baik dan layak, maka secara otomatis akan dinyatakan tidak lulus.

Ternyata pepatah mengenai berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian pantas untuk menggambarkan hal ini. Pasalnya, ketika sudah dipastikan lolos maka akan banyak keuntungan yang bagus loh.

Share :

Baca Juga

News

Gawat! Tunjangan PNS Akan Dihapus, Berikut Daftarnya

News

Kabar Baik Dari Kemdikbud Untuk Guru Penerima Tunjangan Sertifikasi 2024

News

Anda telah Menyelesaikan Resume Pendaftaran PPPK Guru 2023? Ini 7 Langkah Selanjutnya Agar Bisa Penempatan

Karya Inovatif

Media Pembelajaran Berbasis Digital, Jenis dan Contoh

News

Hak-Hak PNS dan PPPK Semakin Banyak, Usai Peresmian UU ASN

News

PPPK Mundur Usai Lolos Seleksi, Disanksi Tak Bisa Daftar Lagi
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Kini Usul Kenaikan Pangkat Guru ASN Tidak Memerlukan Dupak dan PTK

News

Cara Daftar Program Inpassing Untuk Guru GBPNS
Download Sertifikat Pendidikan Gratis