Home / News / PPG

Jumat, 8 April 2022 - 08:47 WIB

Peserta PPG Wajib Tahu! 3 Cara Bergabung Grup Whatsapp Dengan Pengawas Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Dibaca 3,534 kali

Seleksi Akademik PPG – Bagi peserta seleksi akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 yang akan melaksanakan Seleksi Akademik Secara Daring Berbasis Domisili, terdapat arahan untuk bergabung ke grup WhatsApp atau WA agar memperoleh informasi secara berkala.

Oleh sebab itu, para peserta Seleksi Akademik PPG dalam jabatan tahun 2022, harus mengetahui dulu cara bergabung ke grup Whatsapp PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.

3 Cara Bergabung Ke Grup Whatsapp Dengan Pengawas

1. Melalui Pesan Whatsapp dari Pengawas Virtual

Biasanya diberikan pesan WA dari pengawas ruang virtual. Contoh pesannya secara umum, yakni berisi salam pembuka, nama, pengawas ruang berapa, serta permintaan pengawas pada peserta untuk segera bergabung. Pada pesan tersebut biasanya disajikan link yang diberikan.

2. Melalui Kartu Ujian

Dapat juga dilakukan melalui kartu secara langsung. Dengan cara Klik link Whatsapp pada kartu ujian yang telah disediakan. Dapat melalui HP dan laptop. Jika melalui laptop terlebih dahulu memasang Whatsapp Web. Barulah mengklik link di kartu ujian (pdf).

3. Melalui Handphone

Bukalah kartu ujian melalui HP dengan aplikasi wps, pdf, dan sebagainya. Klik link grup Whatsapp yang tertera.

Langkah kedua melalui HP yaitu, salin link yang tersedia, ketik di google, lalu search, kemudian klik ‘gabung’.

Info penting yang harus diperhatikan terkait peserta PPG akan diberikan melalui grup Whatsapp.

Bergabung dengan grup selambat-lambatnya tanggal 7 April 2022, sehari sebelum seleksi akademik yang biasanya dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp.

Cara Mencetak Kartu Ujian Peserta Seleksi Akademik PPG

  1. Masuklah ke situs layanan program GTK Kemendikbud atau ke gtk.belajar.kemdikbud.go.id.
  2. Masuklah pada menu PPG Dalam Jabatan.
  3. Masukkanlah username dan password yang dimiliki.
  4. Pilihlah opsi unduh kartu ujian.
  5. Unduh dan cetaklah kartu ujian.

Tips Menghadapi Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

1. Mahir TIK

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, seorang guru harus mahir dalam penggunaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk lulus Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022, karena nanti dalam pelaksanaan Pretest akan menggunakan komputer sebagai media Pretest, maka guru harus belajar mengoperasikan computer atau laptop

2. Soal UP

Dalam Pretest PPG Dalam Jabatan 2022 terdapat ujian mengenai soal UP (Uji Pengetahuan) yang berbasis domisili. Artinya Kemendikbud Ristek menyediakan sebuah aplikasi yang harus di instal di laptop peserta PPG.

Jika ketentuannya tidak berubah, maka guru arus menyediakan laptop atau komputer dengan performa yang mendukung yaitu dengan RAM minimal 4 dan prosesor Core i3

3. Belajar Sebanyak-banyaknya

Tidak ada hasil yang instan untuk sebuah pencapaian, karena semuanya membutuhkan proses untuk dapat lulus Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Materi-materi yang diujikan yaitu mengenai tes pedagogik, materi esensial profesional, serta tes pengetahuan umum.

Pada saat mengerjakan pretest tersebut anda harus memposisikan diri sebagai guru yang benar-benar memiliki kepribadian yang bijaksana. Selain itu, untuk memperbesar peluang lolos UP, anda juga harus memperbanyak latihan soal-soal dari kisi-kisi yang diberikan.

4. Pusatkan Konsentrasi

Tidak kalah penting dengan tips yang sebelumnya, konsentrasi juga turut menjadi faktor kelulusan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.

Sebab jangan sampai ketika guru sudah belajar tekun dan mempersiapkan segala sesuatu sebaik mungkin. Ketika guru memasuki ruang ujian tidak berkonsentrasi saat ujian berlangsung.

Kenapa konsentrasi pada saat pretest PPG Dalam Jabatan sangat penting, karena pada saat guru sudah diberijan soal-soal ujian tentu akan menguras pikiran dan memerlukan penalaran yang maksimal

5. Persiapan Lebih Awal

Salah satu tips agar pelaksanaan Pretest PPG Dalam Jabatan berjalan maksimal, guru diharapkan melakukan persiapan lebih awal sebab pikiran lebih jernih dan akan memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Demikian artikel mengenai Cara Bergabung Grup Whatsapp Dengan Pengawas Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

(smo)

Dapatkan informasi guru terupdate dengan cara join channel telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Penting! Tidak Semua Peserta Ikut Seleksi Akademik PPG Daljab 2023

News

Terbaru, Aturan Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas di Bawah Naungan Kemenag

News

Terbaru! Berikut 3 Golongan yang Dinonaktifkan BKN

News

Panduan Pengelolaan Kinerja PMM 2024, Berikut Cara Mengisi Perencanaan Kinerja Guru Dalam Sistem PMM

News

Sedih, Guru Honorer Ini Rela Jual Ginjal karena Tidak Bayaran

News

Apakah Sertifikat PMM Bisa Diubah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Karya Inovatif

Materi hari kedua Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

Media Mengajar

Penanaman Pendidikan Karakter di SMP