Home / News

Kamis, 29 September 2022 - 23:04 WIB

PGRI Mendesak Pemerintah Tuntaskan TPG 1,6 Juta Guru

Dibaca 1,075 kali

PGRI Mendesak Pemerintah – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mendesak Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk segerea menuntaskan 1,6 juta guru yang belum menerima Tunjangan Pofesi Guru (TPG).

Desakan ini disampaikan oleh Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pengurus Besar PGRI, Sumardiansyah Perdana Kusuma.

Beliau mendalilkan, bahwa berdasarkan Undang-undang Guru dan Dosesn tahun 2005, Kementrian Pendidikan memiliki tenggat waktu 10 tahun untuk menuntaskan permasalahan Terkait Tunjangan Setfikasi Guru dalam jabatan.

Sebelumnya Kemendikbudristek telah menyebutkan, hari ini masih ada 1,6 juta guru yang masih belum mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan. Hal Ini bukan tanpa alasan sebab masih banyak guru yang berada pada proses antrean.

Mengutip dari berbagi sumber, Sumardiansyah mengatakan PB PGRI mendesak pemerintah menuntaskan persoalan PPG dalam jabatan. Sesuai dengan ketentuan pasal 82 UU Guru dan Dosen, hal tersebut adalah tanggung jawab pemerintah.

Pemerintah harus menjalankan ketentuan tersebut dengan menyelesaikan persoalan TPG selama 10 tahun pasca aturan diundangkan, agar semua guru dalam jabatan sudah tersertifikasi. Namun sejak 2005 hingga 2022, masih tercatat sebanyak 1,6 juta guru dalam jabatan belum tersertifikasi.

Baca Juga:  Sudah Tahu? Simak Ketentuan Akreditasi BANSM Terbaru!

Fakta ini mengindikasi bahwa sudah tujuh tahun pasca UU Guru dan Dosen diundangkan, persoalan sertifikasi guru belum pemerintah tuntaskan.

Kenyataan yang demikian memantik PGRI untuk senantasa memperjuangkan kesejahteraan guru dalam jabatan. PGRI mendesak pemerintah agar segera menuntaskan PPG permasalahan PPG dalam jabatan.

PB PGRI lewat Sumardiyansyah meminta pemerintah membuat skema pelaksanaan PPG dengan lebih sederhan khusus untuk guru dalam jabatan.

Terkait hal ini, PGRI mengingatkan pemerintah untuk jangan melakukan pemutihan PPG terhadap 1,6 juta guru dalam jabatan. PGRI meminta pemerintah keberpihakan politik dari pemerintah dalam rangka menyelesaikan masalah 1,6 juta guru melalui PPG.

Halaman Selanjutnya

PGRI tuntut Keberpihakan Politik Pemerintah

Share :

Baca Juga

News

Kategori Peserta Yang Diuntungkan Dalam Pengadaan PPPK Guru Tahun 2023, Simak Selengkapnya!

News

Capaian Pembelajaran dan Beban Belajar Mahasiswa PPG Daljab Tahun 2022

News

Besaran Kenaikan Gaji PNS Jika Terapkan Skema Single Salary

News

Terbaru, Aturan Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas di Bawah Naungan Kemenag
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Pernyataan Resmi Sri Mulyani 100% Final Kenaikan Gaji 8% Dan 12% Dibayar 12 Bulan Lengkap

News

Info Terupdate! Tanggal Seleksi Akademik Berubah Jadi tanggal Segini, Berikut Informasinya

News

Honorer Diangkat ASN? 15 Tahun Kedepan Tidak Ada Seleksi PNS

News

THR PNS 2023 Dipastikan Dipangkas, Ini Alasan Sri Mulyani!
Download Sertifikat Pendidikan Gratis