Home / News

Sabtu, 21 Januari 2023 - 15:12 WIB

Prinsip yang Harus Dipegang Guru Idola Agar Dicintai Siswa

Dibaca 508 kali

Menjadi seorang guru idola yang dicinta tentu menjadi dambaan. Selain nyaman bekerja, predikat guru idaman akan membuat anda semakin dicinta siswa. Hanya saja, tak mudah menjadi guru idola semacam itu.

Apalagi terkadang gap usia antara siswa dan guru menjadikan kedua pihak tersebut tak bisa akrab sebab merasa segan. Maka dari itu, segala upaya dilakukan oleh para guru untuk bisa dicintai siswanya. Lantas, apa saja prinsip yang perlu diterapkan oleh para guru? Simak ulasan di bawah ini.

Prinsip Menjadi Idaman Siswa

Adapun beberapa prinsip yang dapat dipahami oleh para guru yakni sebagai berikut:

1.    Prinsip Adaptif

Prinsip pertama yang perlu diketahui yakni menjadi seorang guru yang adaptif. Di era abad 21 sekarang, manusia wajib untuk bisa beradaptasi dengan segala perubahan dan perkembangan.

Bukan berarti anda menjadi seorang guru yang bebas, namun adaptif dalam artian wacana dan informasi yang anda miliki sangatlah luas.

Beberapa teknologi yang bisa digunakan diantaranya seperti smartboard. Smartboard merupakan teknologi pengganti papan tulis.

Baca Juga:  P5 dalam Kurikulum Merdeka, Guru Harus Paham

Sehingga tak perlu risau menggunakan marker apalagi kapur. Semakin baik penyesuaian guru, maka akan semakin banyak kemudahan yang didapatkan. Dengan demikian, siswa akan tambah senang dengan pelajaran anda bukan?

2.    Menjadi Seorang Long-life Learner

Tipikal lainnya yakni anda berusaha untuk menjadi seorang long-life learner. Pembelajar sejati bukanlah kewajiban seorang siswa saja. Namun bagi guru pun demikian.

Informasi dan wacana sangat banyak dan mudah diakses. Sayang sekali bila seorang guru abad ke-21 hanya berjibaku dengan segala rutinitas administrasi sekolah.

3.    Dekat Dengan Teknologi

Kedekatan guru dengan teknologi juga menjadi salah satu prinsip yang tak boleh dilupakan. Berbgai teknologi sebisa mungkin dapat dimanfaatkan oleh guru agar tidak sampai mengalami ketertinggalan. Hal ini relevan dengan profil guru abad 21 yang wajib melek teknologi.

Kendati tidak memiliki pengalaman yang cukup detail dalam penggunaan teknis teknologi, setidaknya sudah ada beberapa hal basic yang anda kuasai. Misalnya, penggunakan website pendidikan premium maupun gratis dan penggunaan edugame.

Halaman Selanjutnya

4.    Memahami Cara Berkolaborasi dengan Baik….

Share :

Baca Juga

Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Cek Sekarang, Pemerintah Sahkan Tambahan Tunjangan Untuk Semua Guru ASN Sertifikasi dan Non Sertifikasi
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Kabar Baik Untuk Guru Honorer P1, Menjelang PPPK 2023

News

Ikuti Pelatihan Gratis Penyusunan Laporan PKG 

News

Informasi Terbaru Tunjangan dan Gaji PPPK Guru 2023

News

7 Jenis Tunjangan Sertifikasi Guru yang Resmi Dinaikkan 2 Kali Lipat 2023/2024

News

Bukan Lagi 6 Tahun, Berikut Usia Minimal Calon Peserta Didik Baru Tingkat SD Terbaru

News

Resmi! MenPAN-RB Tetapkan Kenaikan Gaji Berkala PPPK, Begini Menghitungnya

News

Kriteria Honorer Tetap Bisa Daftar PPPK 2024 Meskipun PEMDA Tidak Membuka Formasi PPPK 2024
Download Sertifikat Pendidikan Gratis