Home / News

Rabu, 8 Maret 2023 - 15:24 WIB

Program Guru Penggerak Dalam Sorotan

Dibaca 191 kali

Berbicara tentang Guru, maka ia akan menjadi topik yang tiada habis untuk dibahas. Kenapa ? Karena yang namanya “Guru” sebagai profesi dan pribadi sangat melekat di hati semua orang di negeri ini. Bila ditanya satu persatu tentang guru yang pernah ditemui saat belajar dan apa saja kesannya, jelas dan pasti akan kita dapatkan gambaran yang berbeda.

Ada apa di balik profesi guru sebenarnya? Gaji,Fasilitas,atau Karir menjanjikan ? Tidak ! Anda pasti salah besar ! Akhir-akhir ini ketiga komponen ini mencuat di permukaan sebagai bahan “gunjingan” kelompok tertentu.

Pelan tapi pasti,dengan kecanggihan teknologi saat ini seperti medsos telah membantu kita untuk memotret sekejap betapa sang guru mendapatkan perlakuan yang belum menjanjikan atas pengabdiannya mulai dari penerimaan gaji yang molor tiap bulan, pembayaran uang sertifikasi yang tersendat bahkan ada yang dihilangkan,pengurusan pangkat yang susah,bahkan administrasi yang berbelit menjadi menu sepanjang hayat yang dialami sang guru.

Selanjutnya,bagaimana pula guru swasta ? Sambil menghela nafas dalam-dalam dan berpikir ternyata kita dapatkan fakta bahwa pada umumnya mereka memperoleh besaran gaji bervariasi mulai Rp.50.000,- per bulan hingga standar ala pemerintah. Koq bisa ya ? Dengan gaji sebesar itu “Sang Guru” masih cinta pada profesinya dan tetap bertahan mendidik anak-anak bangsa.

Dari segi pengelolaan pendidikan? Ya, harus diakui bahwa ada Yayasan Pendidikan yang membayar honor guru dengan upah standar, tapi tidak jarang para guru mendapatkan intimidasi yang tidak bersahabat.Begitupun sang “sang guru” tidak banyak menuntut dan happy always dengan apa yang dialaminya, tak tahu kepada siapa harus mengadu.

Guru adalah jabatan profesional yang harus mempunyai beberapa keahlian khusus. Sebagai suatu profesi, maka kriteria profesionalisme yang harus dipenuhi yaitu:1.Fisik, yaitu sehat jasmani dan rohani,2.Mental/ kepribadian, yaitu berkepribadian/berjiwa Pancasila,3.Keilmiahan/pengetahuan, yaitu memahami ilmu yang dapat melandasi pembentukan pribadi,4.Keterampilan, mampu memecahkan dan melaksanakan teknik-teknik mengajar yang baik dalam mencapai tujuan pendidikan, memahami dan mampu melaksanakan kegiatan dan pendidikan luar sekolah.

Menyahuti pentingnya profesionalitas guru tersebut, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada 15 Oktober 2020 telah meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kelima: Guru Penggerak pada Juli 2020. Sebanyak 147 orang dari 785 fasilitator/instruktur, 614 orang dari 45.575 pendamping, serta 2.800 orang dari 19.218 guru; telah lulus seleksi Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan I.
Program ini adalah untuk menyatukan pemahaman, visi dan misi pendidikan, memotivasi, dan menguatkan para peserta, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kemendikbud menyelenggarakan Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP).

Harapan untuk menjadikan para guru menjadi professional telah dibentangkan dan dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimana hingga hari ini (2023) telah sampai pada Angkatan 9 dan 10.Segala persoalan yang menyertai guru bertahun-tahun mulai dari beban administrasi,kesejahteraan, dan pembelajaran hingga kreativitas serta inovasi sang guru diharapkan dapat terselesaikan melalui program guru penggerak ini.

Program Guru Penggerak (PGP) sebagai sebuah terobosan baru dari pemerintah adalah salah satu penakar efektivitas manajemen pendidikan yang diterapkan.Jangan sampai ada yang beranggapan bahwa PGP ini satu-satunya persyaratan untuk menjadi Kepala Sekolah.

 




Share :

Baca Juga

News

Resmi Dari Presiden! 19 Perubahan Peraturan Gaji PNS dan PPPK
Cara daftar Beasiswa Unggulan

News

Belum Bisa Login SSCASN? Ini Solusinya…

News

Cek Rekening Yuk! Penerima PIP Untuk BLT Pendidikan 2023
Mengikuti Guru Penggerak

Edutainment

Tips Efektif untuk Memahami dan Menerapkan Hukum Newton
Kesejahteraan Guru Madrasah

News

Kemenag Upayakan Kompetensi Digital dan Kesejahteraan Guru Madrasah
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Hore! Semua Guru Sertifikasi Bisa Mendapat Bonus dan Tunjangan Dari Pemerintah Daerah
perbedaan best practice dengan ptk

News

Format Pengisian Pemberkasan DRH NI PPPK 2023, Silahkan Unduh Disini

News

5 Alat AI yang Bisa Digunakan untuk Membuat Bahan Ajar