Home / Kesiswaan

Minggu, 21 Agustus 2022 - 11:41 WIB

Program Sekolah yang Harus Diketahui oleh Orang Tua Murid

Dibaca 351 kali

Program Sekolah – Pertemuan rutin orang tua murid ketika awal tahun pelajaran adalah program sekolah wajib dengan harapan dapat membangun interaksi antara guru dan orang tua murid. Guru-guru di sekolah tidak hanya berkenalan dengan para murid baru agar terlihat nyaman dengan pendekatan. Tetapi, guru juga harus berinteraksi dan berkenalan dengan orangtua murid sehingga dapat berbagi cerita perihal perkembangan anak di sekolah nantinya.

Pada awal tahun pelajaran dimulai, banyak kejadian anak menangis apalagi anak PAUD dan tidak mau ditinggal di kelas sendiri adalah hal yang biasa terjadi ketika awal-awal masuk sekolah sehingga tidak sedikit orang tua yang ikut msuk kedalam kelas dan mememani anaknya yang akan menangis ketika ditinggal.

Hal tersebut merupakan kejadian yang sangat umum terjadi ketika awal Tahun Pelajaran terutama di tingkat PAUD dan SD. Biasanya sekolah tertentu membatasi waktu agar murid dapat mengalami penyesuaian terhitung dari 2 minggu – 1 bulan sampai akhirnya anak dapat terbiasa dan tidak lagi ditemani oleh orangtuanya di dalam kelas.

Program Sekolah Terkait Pertemuan dengan Orang Tua Murid itu Penting

Untuk mengkondisikan agar anak dapat terbiasa belajar sendiri di dalam kelas, dibawah ini ada beberapa trik jitu Program sekolah yang bisa dipelajari oleh orang tua murid dan guru agar peserta didik dapat mengalamai penyesuaian di dalam kelas. Berikut penjelasannya:

  1. Penyebab anak takut sekolah

Mengantar anak ke sekolah bukanlah hal yang mudah, apalagi anak yang baru berusia balita/playgroup atau TK. Sebab, anak harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang tidak semua anak bisa langsung untuk beradaptasi. namun, tidak sedikit pula orang tua yang tidak rela melepaskan anaknya untuk sekolah kena khawatir akan anaknya terjatuh atau ketika bermain didorong oleh temannya.

Namun, jika diteliti dengan baik jika anak menghadapi situasi sulit di sekolah dengan adanya belum bisa berdapatasi jangan jadikan alasan untuk anak tidak pergi bersekolah. Jika anak tidak sekolah dengan alasan bermasalah dengan temannya, guru bisa mencarikan teman yang lebih dekat wataknya dengan anak.

Guru juga bisa mendengarkan keluhan dari anak jika memang terjadinya perkelahian di sekolah dan mencari informasi lain yang menjadi pengukuh pembicaraan jiakalau nanti orang tua menanyai apa yang sdang terjadi pada anaknya.

  1. Saran dan tips untuk orang tua

Sebagai orang tua, tentunya harus bisa mencegah atau membujuk jiga anaknya tidak ingin pergi ke sekolah agar tetap bersekolah seperti biasanya. Yang harus dilakukan oleh orang tua adalah membantu anaknya agar merasa tenang dan aman untuk fase pertama masuk sekolah dengan bekerja bersama-sama dengan guru. Obat yang paling jitu supaya anak merasa senang adalah dengan memberikan pujian kepada anak dan tunujkan rasa bangga terhadapnya apapun yang mereka lakukan di sekolah.

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Sekolah Inklusi, Apa Bedanya dengan SLB?

Kesiswaan

Persiapan MPLS : Berikut Daftar Games MPLS buat Ice Breaking, Seru dan Mudah

Kesiswaan

Tebak Yuk Alasan Guru Selalu Sewot Ketika Muridnya Pakai Jaket di Kelas

Kesiswaan

Bimbingan Rohani pada Anak Sejak Dini

Kesiswaan

4 Hal Penting dalam Membuat Peraturan Kelas

Kesiswaan

Tips Penilaian Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka

Kesiswaan

5 Teknik Belajar Efektif yang Bisa Anda Coba

Edutainment

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas