Home / Media Mengajar / News

Rabu, 6 April 2022 - 16:18 WIB

Rapor Pendidikan Resmi Diluncurkan Oleh Kemendikbudristek

Dibaca 4,084 kali

Kemendikbudristek meluncurkan Rapor Pendidikan Indonesia, Jumat lalu (1/4). Rapor Pendidikan adalah sebuah platform yang menyajikan hasil Asesmen Nasional dan data lain tentang capaian hasil belajar satuan pendidikan ke dalam suatu tampilan terintegrasi.

Dengan adanya platform Rapor Pendidikan, satuan pendidikan dan pemerintah daerah dapat mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan pendidikan dan menjadikannya bahan untuk refleksi, sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data.

Mendikbudristek @nadiemmakarim mengimbau kepala sekolah dan dinas pendidikan untuk segera mengakses Rapor Pendidikan dengan cara mengaktifkan akun pembelajaran belajar.id untuk masuk ke situs raporpendidikan.kemdikbud.go.id. Sementara untuk publik, dapat langsung mengakses tombol “Lihat Data Publik”.

Platform Rapor Pendidikan Indonesia telah resmi diluncurkan pada awal April 2022 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Platform ini menjadi bagian dari program Merdeka Belajar Episode ke-19.

Mengenal Apa Itu Rapor Pendidikan

Rapor pendidikan merupakan hasil pengolahan data oleh Pusat Statistik Data Kebudayaan. Hal ini membantu layanan pendidikan meningkatkan penjaminan mutu pendidikan. Mulai dari perencanaan pendidikan, pengendalian mutu, dengan baik dan sesuai standar bagi orang lain.

Lembaga yang dikenal dengan rapor Pendidikan atau LPMP, menerbitkannya setiap tahun. Tentu saja, data dikumpulkan secara teratur dan detailnya dikoordinasikan dengan semua otoritas sekolah negeri. Mampu melaporkan secara benar semua data dan aspek mutu pendidikan. Selain itu, data yang dilaporkan dapat dibuat lebih transparan dan dapat diakses oleh masyarakat umum.

Selain LPMP, BSNP berkontribusi setiap lima tahun untuk mengambil kartu laporan. Laporan lima tahun itu jelas menjelaskan kualitas pendidikan dan dapat digunakan dalam proses sertifikasi sekolah.

Pendataan yang transparan tersebut tentunya bisa diketahui oleh semua pihak tanpa ada yang ditutupi. Sehingga proses peningkatan mutu pendidikan di sekolah menjadi lebih baik.

Rapor Mutu Pendidikan Sesuai Standar Pendidikan Nasional

Standar pendidikan nasional diperlukan untuk melihat apakah kualitas pendidikan telah cukup tercapai. Pertama-tama, dengan konten standar termasuk bahan dan tingkat kapasitas untuk mencapai kriteria minimal di setiap tingkat pendidikan. Sedangkan yang kedua adalah pada Standar Proses, yaitu meliputi bagian pelaksanaan proses pembelajaran yang kreatif dan sesuai bakat minat.

Selain itu, standar nasional pendidikan ketiga adalah standar kemampuan lulusan, yang berlaku khusus untuk pendidikan dasar dan menengah. Selanjutnya adalah standar pendidik dan tenaga kependidikan, yang menuntut pendidik memiliki kualifikasi akademik yang sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan nasional itu sendiri.

Poin ke lima yaitu Standar Sarana dan Prasarana yang mewajibkan satuan pendidikan untuk memiliki sarana dan prasarana berupa perabotan, media hingga sumber belajar yang layak.

Ini mendukung proses pembelajaran yang berkelanjutan dan membantu memastikan pendidikan yang berkualitas. Berikut ini adalah standar manajemen yang diterapkan manajemen untuk manajemen sekolah.

Tidak hanya itu, poin ke tujuh dalam standar pendidikan nasional yaitu Standar Pembiayaan yang konsen pada pembiayaan dan biaya operasional setiap satuan pendidikan.

Sama halnya dengan kriteria evaluasi pendidikan yang berkaitan dengan evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan. Oleh karena itu, rapor penjaminan mutu dapat dikatakan baik jika memenuhi standar nasional pendidikan yang ada.

Manfaat Rapor Pendidikan Bagi Sekolah

Rapor pendidikan memiliki efek positif pada sekolah. Basis data tersebut dapat digunakan sebagai sumber daya untuk penyusunan rencana program sekolah selanjutnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang harus Anda ketahui:

  1. Untuk peningkatkan mutu pendidikan

Keunggulan pertama terletak pada aspek pemrograman peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kualitas sekolah sehingga pengembangan di masa depan dapat dilakukan. Diperkuat Juga, dengan adanya budaya yang mengevaluasi institusi dan mempertimbangkan kebijakan dalam standar nasional.

Baca Juga:  Diperbaharui! Inilah Jumlah Siswa dan Nominal PIP
  1. Menunjang program BOS

Tidak hanya akan membantu Anda merencanakan program sekolah Anda, tetapi sertifikat jaminan mutu dapat mendukung program BOS Anda. Tentunya sangat baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan melahirkan generasi terbaik.

  1. Membantu sekolah dalam menghadapi persiapan akreditasi

Penjaminan mutu pendidikan ini juga akan berdampak positif untuk mempersiapkan akreditasi sekolah. Tentunya dengan rapor mutu untuk pendidikan yang bagus, maka proses akreditasi pun jauh lebih lancar dan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan pula.

  1. Sebagai laporan formal sekolah

Selain untuk persiapan sertifikasi sekolah, juga dapat digunakan sebagai rapor sekolah formal. Hal ini perlu diberikan kepada pemangku kepentingan, sekaligus meningkatkan akuntabilitas sekolah dari sebelumnya.

  1. Menjamin peningkatan sarana dan prasarana

Pemanfaatan rapor ini juga bisa untuk meningkatkan adanya sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Dengan rapor untuk menjamin kualitas pelatihan Anda, Anda dapat merencanakan sarana dan prasarana secara bertahap. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu sesuai dengan standar nasional.

Tidak hanya sekolah, tetapi juga negara mendapat manfaat dari ini. Beberapa keunggulannya adalah, pertama, kemampuan menyediakan data dan informasi penting untuk rencana pendidikan ke depan.

Selanjutnya, yaitu menyediakan data yang akurat untuk pencapaian 8 Standar Nasional Pendidikan dan mengidentifikasi jenis dukungan yang dibutuhkannya.

Selain itu, kesaksian digunakan sebagai dasar refleksi dalam merencanakan dan menganalisis kebutuhan sekolah dan kebutuhan program pendidikan. Mungkin juga berguna untuk menggunakan data lapangan untuk memberikan gambaran umum tentang kualitas sekolah.

Cara Akses raporpendidikan.kemendikbud.go.id

Sementara ini, platform Rapor Pendidikan Indonesia hanya dapat oleh diakses kepala dan operator satuan pendidikan serta pejabat dinas yang ditunjuk. Namun, tenaga pendidik juga akan diberikan akses ke platform ini pada masa mendatang.

Selain itu, satuan pendidikan dan kantor wilayah di bawah Kemenag RI, Satuan Pendidikan Satu Atap (SLB Satu Atap dan PKBM Satu Atap) juga belum dapat mengakses Rapor Pendidikan. Meski begitu, semua pihak itu akan mendapatkan akses ke platform baru tersebut.

Cara mengakses platform Rapor Pendidikan Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id
  2. Klik tombol “Masuk sebagai Satuan/Dinas Pendidikan”
  3. Pilih akun Google dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.jenjang.belajar.id
  4. Jika setelah itu muncul halaman “eror 403:org_internal,” hal itu berarti:
  • Pengakses bukan kepala sekolah atau dinas pendidikan daerah,\
  • Saat ini, baru kepala sekolah dan dinas pendidikan daerah yang bisa mengakses website Rapor Pendidikan.
  • Pengunjung menggunakan akun email pribadi.
  • Pengakses belum memiliki Akun Pembelajaran (belajar.id).
  • Pengakses belum mengaktifkan akun belajar.id
  1. Terdapat 2 jenis Akun Pembelajaran (belajar.id), yaitu milik satuan pendidikan (kepala sekolah) dan dinas pendidikan daerah.
  2. Cara mengaktifkan Akun Pembelajaran (belajar.id) adalah sebagai berikut:
  • Buka laman https://mail.google.com/
  • Login pakai nama akun (User ID) dan kata sandi (password) sendiri
  • Setujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajara
  • Lakukan penggantian kata sandi (password) Akun Pembelajaran
  1. Untuk reset password akun belajar.id hubungi helpdesk Rapor Pendidikan.

Dengan adanya Rapor Pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pendidik dalam menyediakan data dan informasi penting untuk rencana pendidikan ke depan.

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

 

Penulis : Andika Putra

Share :

Baca Juga

News

Kurikulum Merdeka: Mengenal Profil Pelajar Pancasila

News

Ternyata Guru Sertifikasi Bisa Dapat Tunjangan, Tapi Dengan Syarat Ini…

News

Resmi Rilis, Hasil Pengumuman Kelulusan PPPK 2023, Yuk Langsung Cek Nama Dan Kode Kelulusannya Sekarang

News

Ada Informasi Penting Untuk Guru dan Kepsek Dari Kemdikbud

News

Format Pengisian Pemberkasan DRH NI PPPK 2023, Silahkan Unduh Disini

News

250.432 Guru Honorer Diangkat ASN PPPK, Ini Kata Mendikbud

News

Cek Sekarang! Pengumuman PEMDA tentang lokasi Penempatan PPPK Guru 2023
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

2 Golongan Pensiunan Ini Tak Perlu Lakukan Otentikasi Setiap Bulan
Download Sertifikat Pendidikan Gratis