Home / News

Rabu, 1 Mei 2024 - 05:38 WIB

Rezeki Bulan Mei, Guru PNS Akan Terima 5 Jenis Tunjangan Ini

Dibaca 10,320 kali

Pada bulan Mei tahun 2024, pemerintah sekali lagi akan menyalurkan lima tunjangan guru untuk para guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tentu saja kabar ini menjadi kabar yang menggemberikan untuk para guru, lalu apa saja lima jenis tunjangan tersebut?

Guru memiliki peran penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, dan mereka tidak hanya menerima gaji pokok bulanan, tetapi juga berbagai tunjangan.

Kelima tunjangan untuk para PNS telah diatur oleh pemerintah melalui beberapa peraturan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan stabilitas keuangan mereka.

Pembayaran tunjangan untuk Guru PNS ini dilakukan oleh pemerintah setiap bulan atau ada juga yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali, dan langsung ditransfer ke rekening penerima.

Ingin tahu lebih lanjut tentang lima tunjangan guru PNS yang akan cair pada bulan Mei tahun 2024? Berikut daftar lengkapnya beserta besaran tunjangannya:

  1. Tunjangan anak

Para PNS yang diangkat secara tetap oleh pemerintah dan memiliki tugas penuh berhak menerima tunjangan anak. Besaran tunjangan anak Guru PNS ditetapkan sebesar 2 persen dari gaji pokok mereka melalui Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 1992.

  1. Tunjangan suami/istri

Setiap bulannya, para pendidik berstatus PNS juga menerima tunjangan suami/istri, yang disalurkan oleh pemerintah di luar gaji pokok mereka. Besaran tunjangan suami/istri ditetapkan sebesar 10 persen dari gaji pokok melalui kebijakan pemerintah.

  1. Tunjangan sertifikasi

Guru PNS yang telah memperoleh sertifikat pendidik berhak menerima tunjangan sertifikasi. Tunjangan sertifikasi Guru PNS disalurkan setiap tiga bulan sekali sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui Peraturan Menteri No. 45 tahun 2023.

Besaran tunjangan sertifikasi setara dengan satu kali gaji pokok sesuai dengan golongan dan masa kerja.

Bagi Guru PNS yang belum menerima Tunjangan Sertifikasi pada bulan April seperti yang telah ditetapkan, dapat dipastikan akan menerima tunjangan tersebut pada bulan Mei tahun 2024.

  1. Tunjangan Spesial

Bagi Guru ASN yang ditempatkan di daerah-daerah tertentu berhak menerima Tunjangan Spesial. Perlu ditekankan bahwa Tunjangan Spesial hanya diberikan kepada Guru ASN yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana yang diatur dalam Permendikbud No. 45 tahun 2023.

Tunjangan ini juga diberikan setiap tiga bulan dengan besaran satu kali gaji pokok. Bagi Guru ASN yang belum menerima Tunjangan Spesial pada bulan April sesuai ketentuan, pasti akan diterima pada bulan Mei tahun 2024.

Halaman Selanjutnya

5. Penghasilan Tambahan

Share :

Baca Juga

News

Dicairkan Mulai Maret? Simak Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru 2024 Guru Kemdikbud dan Kemenag

News

Cek Jadwal dan Syarat Program Pertukaran Mahasiswa tahun 2022

Karya Inovatif

Website Sekolah Gratis, Cara Membuat Web Sederhana

News

Kaitan Pengangkatan Honorer Dengan Pendataan Non ASN

News

Ini Perbedaan PNS dengan PPPK, Lebih Enak Mana?

News

Berikut Kabar Mengenani Tunjangan Profesi Akan Dihapus
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Terakhir 4 Agustus, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Diminta Daftar Ini

News

Sri Mulyani Tetapkan Uang Perjalanan Dinas, Biaya Perjalanan Dinas Bervariasi Per Provinsi, yuk intip besarannya