Home / News / Pengembangan Guru

Minggu, 9 Juli 2023 - 08:50 WIB

Rilis! Berikut Cara Instal dan Penggunaan Dapodik Versi 2023

Dibaca 475 kali

Awal tahun 2023 lalu pemerintah telah merilis aplikasi Data Pokok Pendidikan alias Dapodik versi terbaru. Hal itu dilakukan pada tanggal 17 Januari 2023 lalu dengan tujuan untuk melakukan pemutakhiran data. Karena adanya aplikasi terbaru, satuan pendidikan dimohon untuk menyimak tata cara instal dan penggunaan Dapodik versi 2023.

Perilisan aplikasi Data Pokok Pendidikan terbaru ini sebagai upaya pemutakhiran data satuan pendidikan. Sebagaimana yang telah tertulis dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud Ristek) No. 79 tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan, dijelaskan bahwa setiap guru atau satuan pendidikan perlu melakukan pemutakhiran data secara berkala, minimal satu kali dalam kurun satu semester.

Sebagai informasi, aplikasi Data Pokok Pendidikan atau Dapodik versi 2023 dirilis agar mempermudah operator satuan pendidikan di semua jenjang baik PAUD, SD, SMP, hingga SMA dalam melakukan proses penginputan data terbaru dan melakukan pemutakhiran. Data sekolah akan tersinkronisasi secara otomatis dengan aplikasi ini.

Aplikasi Dapodik versi terbaru ini dirilis dengan mempertimbangkan para penggunanya sehingga sekalipun tenaga pendidik di satuan pendidikan yang tidak mahir dalam mengoperasikan IT dapat dengan cepat beradaptasi dan memahami semua fitur yang ada di dalamnya.

Karena aplikasi versi sebelumnya telah diperbarui, maka masing – masing satuan pendidikan harus melakukan pembaharuan dengan menginstal aplikasi terbarunya. Berikut ini adalah carai instal Dapodik versi 2023 yang bisa diikuti.

Cara Instal Data Pokok Pendidikan (Dapodik) versi 2023

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi versi terbaru. Operator Satuan Pendidikan dapat mendownloadnya melalui link https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan. Unduh sesuai dengan jenjang satuan pendidikan.

1.Setelah itu instal aplikasi yang telah diunduh. Klik dua kali pada file aplikasi dan lalu ikuti proses penginstalannya. Tunggu sampai aplikasi terinstal sepenuhnya.

2. Lakukan refresh pada browser dengan menekan klik kanan pada pointer lalu pilih Refresh atau dengan menggunakan shortcut CTRL + F5.

3. Jika berhasil nantinya akan muncul halaman Login pada aplikasi Dapodik.  Silahkan masukkan username dan password yang telah terdaftar. Lalu klik login.

Halaman Selanjutnya

Sebelum melanjutkan, pastikan bahwa tampilan aplikasi sudah…

Share :

Baca Juga

photo by kemdikbud.go.id

News

Peraturan Baru,Tenaga Honorer yang Diangkat PPPK Part Time Sudah Tak Pakai PDH dan Kerja di Kantor, Dengan Alasan ini…
perbedaan best practice dengan ptk

News

Kartu Prakerja Buka Pendaftaran Gelombang 46: Yuk Daftar!

News

Kontrak PPPK Guru Akan Diperpanjang Secara Otomatis?

News

Segera Cek, Hasil Administrasi PPG Dalam Jabatan 2023 Telah Diumumkan

News

Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Projek Kurikulum Merdeka

News

250.432 Guru Honorer Diangkat ASN PPPK, Ini Kata Mendikbud

News

TPG Triwulan I Tak Kunjung Cair, Ternyata Ini Penyebabnya

News

Simak! Cara Cek Penerima PIP Kemdikbud 2023 Melalui Handphone